Oleh. Muhammad Eko Purwanto
Prestasi SMP Islam Al Azhar 8 Kemang Pratama sebagai juara umum Olimpiade Sains telah menghebohkan Sekolah-sekolah Islam Al Azhar se-Indonesia. Tidak hanya siswa dan guru di dalam sekolah, namun juga masyarakat luas yang melihat betapa luar biasanya pencapaian ini. Keberhasilan SMP Islam Al Azhar 8 Kemang Pratama dalam memenangkan OSA (Olimpiade Sains Al Azhar) ke XVI tahun 2024 tersebut, tidak hanya sekadar menambah piala di lemari prestasi sekolah, tetapi lebih dari itu, hal ini juga mampu membangkitkan kepercayaan diri generasi SMPIA 8 Kemang Pratama untuk terus menjadi juara !?
SMP Islam Al Azhar 8 Kemang Pratama merupakan salah satu sekolah yang dikelola oleh YW Al Muhajirien Jakapermai, dan memiliki tradisi kuat dalam menghadapi kompetisi Olimpiade Sains di Indonesia. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, sekolah ini telah berhasil meraih gelar juara umum terbanyak di Indonesia. Keberhasilan ini bukanlah sebuah keberuntungan semata, melainkan hasil dari kerja keras, dedikasi, dan persiapan yang matang.
SMP Islam Al Azhar 8 Kemang Pratama meraih prestasi gemilang dalam Olimpiade Sains Al Azhar (OSA) Ke XVI tahun 2024. Acara tersebut berakhir pada 13 Januari 2024 malam, di Aula Buya Hamka, Kebayoran Baru, Jakarta. Sekolah ini berhasil memperoleh 3 Medali Emas, 2 Medali Perak, 6 Medali Perunggu, dan 2 Honorable Mention. Abdul Aziz Iskandar, Altaf Ibtisam Baihaqi, dan Irsyad Radinka Guswarman adalah penerima Medali Emas dalam cabang Matematika, IPA, dan IPS.
Medali Perak berhasil diraih oleh Muhammad Khayran Feranda Hardian dan Wirasena Ganendra dalam kategori Matematika dan IPS. Sementara itu, Medali Perunggu diberikan kepada Cresnaydin Eshanasfa Ranuwiehan, Nafiz Kautsar Anindito, Muhammad Ammar Musthofa, Fairy Al Faritsi Zulkarnain, Dara Zhivana Adhyaguno, dan Fathian Danish. Sedangkan, M. Zhafran Pradana dan Anindya Parramatta Devaluyanto menerima Honorable Mention dalam Matematika dan IPS.
Prestasi SMP Islam Al Azhar 8 Kemang Pratama tersebut tidak lepas dari peran penting para guru, siswa dan orang tua siswa, dalam mempersiapkan diri secara maksimal. Guru-guru di sekolah ini tidak hanya memberikan pembelajaran rutin, tetapi juga mampu memotivasi dan mendukung siswa dalam mengembangkan potensi mereka. Dengan dukungan yang diberikan oleh para guru, siswa-siswa di SMP Islam Al Azhar 8 Kemang Pratama dapat belajar dengan efektif dan efisien.
Selain itu, SMP Islam Al Azhar 8 Kemang Pratama juga menawarkan beragam fasilitas dan program ekstrakurikuler yang mendukung proses pembelajaran. Dalam upaya mengasah keterampilan siswa secara holistik, sekolah ini menyediakan fasilitas Digital Smart Classroom; laboratorium sains yang lengkap; perpustakaan offline dan online, yang kaya akan referensi; serta program bimbingan dan konseling yang membantu para siswa dalam mengeksplorasi minat dan bakat mereka.
Keberhasilan SMP Islam Al Azhar 8 Kemang Pratama dalam Olimpiade Sains juga memberikan inspirasi bagi generasi penerus untuk bangkit dan menggali potensi, serta kepercayaan diri mereka. Melihat semangat dan dedikasi para siswa dan guru di sekolah tersebut, generasi sekolah-sekolah Islam Al Azhar yang dikelola YW Al Muhajirien Jakapermai, di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama, dan Grand Wisata, menjadi termotivasi untuk terus belajar lebih giat, berani menghadapi tantangan, serta meraih prestasi yang luar biasa.
Penting untuk disadari, bahwa menjadi juara bukanlah hanya soal memenangkan sebuah kompetisi. Melalui perjalanan menuju kejayaan, para siswa di SMP Islam Al Azhar 8 Kemang Pratamajuga belajar tentang kerja tim, kepemimpinan, pikiran yang kritis, kreatif, dan rasa pantang menyerah. Mereka mampu mengatasi kegagalan dan terus berusaha untuk meraih kesuksesan. Sikap seperti ini tentunya sangat diperlukan dalam menghadapi berbagai tantangan dan persaingan di dunia nyata.
SMP Islam Al Azhar 8 Kemang Pratama tentu saja tidak ingin berhenti pada satu prestasi gemilang ini. Pimpinan sekolah ersama-sama dengan seluruh karyawan dan pengajar (guru) memiliki tekad yang sama, untuk terus melahirkan generasi sekolah juara. Mereka akan terus memotivasi dan mengajarkan pada peserta didiknya untuk memiliki keberanian dan rasa percaya diri yang kuat. Para guru akan terus menginspirasi dan memberikan pengembangan diri yang terbaik, agar seluruh peserta didik, tidak hanya menjadi juara dalam bidang sains, tetapi juga di bidang lainnya.
Sebagai generasi sekolah juara, kita harus ingat bahwa keberhasilan tidak datang dengan mudah. Dibutuhkan kerja keras, dedikasi, dan konsistensi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sama seperti SMP Islam Al Azhar 8 Kemang Pratama, beberapa sekolah yang dikembangkan YW Al Muhajirien Jakapermai lainnya, seperti: SMP Islam Al Azhar 6 Jakapermai, SMP Islam 9 Kemang Pratama dan SMP Islam Al Azhar 44 Kemang Pratama, juga dapat mencapai kesuksesan, dengan mempersiapkan diri secara matang, berani mengambil peluang, dan tidak takut menghadapi kegagalan.
Olimpiade Sains Al Azhar (OSA) adalah salah satu wadah prestasi yang dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dan memotivasi mereka untuk meraih pencapaian yang gemilang. Oleh karena itu, penting bagi sekolah dan pendidik (guru) untuk terus mendorong dan mendukung peserta didiknya, agar berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Melalui olimpiade ini, siswa akan belajar tentang sesuatu yang lebih dari sekadar nilai dan prestasi, seluruh sivitas akademika akan belajar tentang proses dan pengalaman yang berharga. Keberhasilan SMP Islam Al Azhar 8 Kemang Pratama dalam Olimpiade Sains Al Azhar (OSA) ke XVI tahun 2024 pada tanggal 6-13 Januari 2024, yang penutupannya dilaksanakan di AULA Buya Hamka, Al Azhar, Jakarta, SMP Islam Al Azhar 8 membuktikan diri, bahwa setiap generasi sekolah memiliki potensi masing-masing, yang luar biasa !!?
Menjadikan Sekolah Para Juara
Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Melalui pendidikan, kita dapat meningkatkan kualitas hidup kita, mengembangkan potensi diri, dan mencapai kesuksesan. Oleh karena itu, peran sekolah sangatlah penting dalam membentuk generasi yang unggul dan siap menghadapi dunia yang semakin kompleks dan kompetitif. Karena itu, beberapa metode yang dapat menjadikan sekolah, sebagai tempat pembelajaran yang menghasilkan generasi para juara, antara lain:
Pertama, salah satu metode yang efektif adalah mengadopsi pendekatan holistik dalam pendidikan. Terlalu sering kita melihat pendidikan hanya berfokus pada aspek akademik semata, seperti: mencetak siswa dengan nilai yang tinggi. Hal ini menyebabkan meningkatnya tekanan pada siswa untuk mencapai prestasi yang tinggi, tetapi dampaknya seringkali merugikan peserta didik dari sisi emosional dan sosial. Oleh karena itu, sekolah harus melibatkan pendekatan yang lebih luas, mengintegrasikan aspek sosial, emosional, dan fisik ke dalam kurikulumnya. Membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial, rasa percaya diri, dan kebiasaan hidup sehat, akan membantu peserta didik menjadi generasi yang seimbang dan siap menghadapi tantangan kehidupan.
Kedua, sekolah juga perlu mengembangkan program pembelajaran yang berpusat pada siswa. Terlalu sering, pendekatan tradisional dalam pembelajaran hanya memberikan siswa dengan informasi yang harus mereka serap. Namun, dalam dunia yang terus berubah dengan cepat ini, siswa perlu memiliki kemampuan untuk berpikir kritis, berkomunikasi dengan baik, dan bekerja secara kolaboratif. Oleh karena itu, sekolah harus mampu memastikan, bahwa pihak sekolah mendesain kurikulum yang memungkinkan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, membangun keterampilan tersebut. Metode seperti pemecahan masalah, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran melalui pengalaman nyata. akan membantu siswa mengembangkan keterampilan ini dengan lebih efektif.
Ketiga, sekolah juga harus melibatkan teknologi dalam kegiatan pembelajarannya. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah para guru menyampaikan dan mengakses informasi. Oleh karena itu, sekolah harus memanfaatkan teknologi digital ini sebagai alat pembelajaran yang efektif. Dengan menggunakan perangkat lunak pembelajaran yang interaktif, multimedia, dan sumber daya online, siswa akan bisa mengakses berbagai informasi dengan lebih mudah, memperluas wawasan mereka, dan meningkatkan minat peserta didik dalam belajar. Selain itu, teknologi juga memungkinkan penerapan pembelajaran jarak jauh, yang saat ini menjadi semakin penting dalam situasi pandemi seperti sekarang ini.
Keempat, tidak kalah pentingnya, sekolah juga perlu melakukan pendekatan yang inklusif dan mengakomodasi perbedaan individu siswa. Setiap siswa memiliki keunikan dan potensi yang berbeda. Oleh karena itu, sekolah harus mampu mengidentifikasi dan menghormati kebutuhan dan bakat setiap siswa. Memiliki program pendidikan inklusif yang melibatkan siswa dengan kebutuhan khusus, memberikan dukungan dan bimbingan yang sesuai untuk siswa berprestasi, serta menawarkan program kegiatan ekstrakurikuler yang beragam untuk siswa dengan minat khusus. Hal ini akan membantu memaksimalkan potensi setiap siswa dan menciptakan generasi yang berprestasi dalam berbagai bidang.
Kelima, tidak hanya melibatkan siswa, namun melibatkan orang tua dan Jam'iyyah juga merupakan faktor penting dalam metode untuk menjadikan sekolah sebagai tempat pembelajaran yang menghasilkan generasi para juara. Semakin kuat kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan komunitas, semakin besar peluang keberhasilan siswa. Sekolah harus menjalin hubungan yang erat dengan orang tua, melibatkan mereka dalam proses pembelajaran siswa, dan mengadakan pertemuan rutin untuk berkomunikasi mengenai perkembangan siswa.
Jadi pada akhirnya, metode untuk menjadikan sekolah sebagai tempat pembelajaran, yang menghasilkan generasi para juara, ternyata memerlukan pendekatan holistik, pembelajaran berpusat pada siswa, pemanfaatan teknologi digital, inklusifitas, dan kolaborasi dengan orang tua dan Pengurus Jam'iyyah sekolah. Menerapkan metode-metode di atas akan membantu menciptakan sekolah, yang menciptakan peserta didiknya siap menghadapi dunia, yang semakin kompleks dan kompetitif. Tentu, harapannya adalah dengan memahami metode ini, maka setiap siswa Sekolah-sekolah Islam Al Azhar yang di kelola YW Al Muhajirien Jakapermai, Â di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata, dapat mengembangkan potensi peserta didiknya dengan baik, mencapai prestasi yang baik, dan menjadi generasi yang sukses di masa depan !!? Wallahu A'lamu Bishshawwab.
Bekasi, 14 Januari 2024.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H