Oleh. Muhammad Eko Purwanto
Sekolah-sekolah Islam Al Azhar memiliki reputasi yang kuat dalam menyediakan pendidikan berkualitas bagi peserta didik di seluruh Indonesia. Sekolah-sekolah tersebut tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga memperhatikan pengembangan Iman dan Taqwa siswa. Di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama, dan Grand Wisata, 10 (sepuluh) Sekolah-sekolah Islam Al Azhar, mulai dari KB-TK sampai dengan SMA, dikenal dengan keunggulannya dalam mensinergikan pembelajaran Iman dan Taqwa (Imtaq) dengan IImu Pengetahuan Teknologi (Iptek).
Keberhasilan sekolah-sekolah ini dalam memadukan Imtaq dan Iptek tidak lepas dari peran serta siswa, guru, dan kurikulum yang mendukung. Siswa-siswa di sekolah-sekolah Islam Al Azhar di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata tidak hanya belajar secara akademik, seperti: matematika, sains, dan bahasa, tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang Islam. Mereka diajarkan etika dan nilai-nilai Islam yang harus dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran Iman dan Taqwa menjadi langkah awal dalam membentuk karakter yang baik pada siswa.
Guru-guru di sekolah-sekolah Islam Al Azhar di Jakapermai, Kemang Pratama, dan Grand Wisata memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan program ini. Mereka memiliki keahlian dan pengetahuan yang mendalam dalam berbagai disiplin ilmu, serta pemahaman yang kuat tentang Islam. Dalam pengajaran mereka, guru-guru ini tidak hanya fokus pada pembelajaran secara akademik, tetapi juga memberikan pengarahan dan bimbingan dalam pengembangan kepribadian dan akhlak siswa. Para guru menjadi panutan bagi siswa dalam memperkuat pembelajaran tentang Iman dan Taqwa.
Selain itu, kurikulum yang diterapkan di sekolah-sekolah Islam Al Azhar di wilahyah Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata, juga didesain dengan hati-hati untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran 'Imtaq' dan 'Iptek.' Kurikulum tersebut mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu, dilengkapi dengan materi pendidikan agama, serta memadukan kegiatan praktikum dan eksperimen. Dalam setiap mata pelajaran, peserta didik diajak untuk melihat hubungan antara ilmu pengetahuan dan ajaran Islam. Hal ini bertujuan untuk membentuk siswa yang bukan hanya memiliki pengetahuan teknologi, tetapi juga memiliki moral dan etika yang baik.
Dalam konteks Iptek, sekolah-sekolah Islam Al Azhar di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata, juga memberikan perhatian khusus pada pembelajaran yang terkait dengan teknologi. Peserta didik melaksanakan pembelajaran dengan Laptop dan Ipad, dengan mengakses ebook dari server sekolah. Mereka juga diberikan kesempatan untuk menggunakan peralatan modern dalam pembelajaran, seperti: Smartboard, perpustakaan digital, dan Digital Smart Classroom. Dengan demikian, para siswa memiliki kemampuan yang baik dalam menghadapi perkembangan teknologi di masa depan.
Selain pembelajaran akademik, sekolah-sekolah ini juga memperhatikan pengembangan ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan kualitas diri siswa. Aktivitas seperti kepemimpinan, kerohanian, seni, dan olahraga menjadi bagian integral dari proses pendidikan di sekolah-sekolah ini. Dalam kegiatan ekstrakurikuler ini, siswa diberikan kesempatan untuk melatih keterampilan sosial, bakat mereka, serta membangun karakter yang kuat.