Oleh. Muhammad Eko Purwanto
Menyambung tulisan saya yang berjudul, Mengemas 'Target Market' Melalui 'Brand Personality' ?! beberapa waktu lalu, saya mengatakan bahwa hakekat dari kepribadian pada merek (brand personality) merupakan identitas dan karakteristik yang membedakan lembaga Sekolah-sekolah Islam Al Azhar dengan yang lainnya. Brand Personality  mencerminkan nilai-nilai inti, visi, dan nuansa yang ingin disampaikan dari Sekolah-sekolah Islam Al Azhar di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata. Kepribadian Merek (Brand Personality) menjadi pondasi yang kuat untuk membangun citra dan kesan positif dalam benak orang tua siswa maupun masyarakat pada umumnya.
Kita menyadari, bahwa pemasaran jasa pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap sekolah, termasuk Sekolah Islam Al Azhar di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama, dan Grand Wisata. Kemampuan sekolah untuk memposisikan dirinya di benak siswa dan orang tua siswa sangatlah penting dalam meraih kesuksesan dalam dunia pendidikan.
Perlu diktahui bahwa YW Al Muhajirien Jakapermai mengelola 10 (sepuluh) sekolah Islam Al Azhar, yakni: KB-TKIA 8 Jakapermai, KB-TKIA 11 Kemang Pratama, SDIA 6 Jakapermai, SDIA 9 Kemang Pratama, SMPIA 6 Jakapermai, SMPIA dan 9 Kemang Pratama, SMPIA 44 Grand Wisata, SMAIA 4 Kemang Pratama dan SMAIA 18 Kemang Pratama. Semua sekolah tersebut berstatus sekolah-sekolah Islam Al Azhar unggulan dan berstatus Internasional.
Sekolah Islam Al Azhar memiliki misi untuk memberikan pendidikan Islam yang berkualitas dan berorientasi pada karakteristik, serta kebutuhan siswa. Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk memposisikan dirinya sebagai pilihan yang terbaik bagi siswa dan orang tua siswa di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama, dan Grand Wisata.
Upaya untuk memposisikan sekolah, YW Al Muhajirien Jakapermai selaku Pengelola Sekolah-sekolah Islam Al Azhar di Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata, memiliki beberapa strategi yang bisa dilakukan. Pertama, setiap sekolah yang berada di bawah pengelolaah YW Al Muhajirien Jakapermai wajib memiliki kualitas pendidikan yang unggul. Selain memiliki program akademik yang kuat, sekolah juga harus mampu memberikan pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Hal ini akan menarik minat siswa dan orang tua siswa untuk memilih Sekolah Islam Al Azhar sebagai tempat pendidikan.
Kedua, sekolah juga perlu menciptakan citra positif di masyarakat. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti: lomba/kompetisi antar siswa, seminar, dan kegiatan sosial lainnya. Sekolah bisa juga mengadakan kegiatan yang melibatkan siswa dan orang tua murid, serta mengundang masyarakat di wilayahnya untuk ikut berpartisipasi. Dengan begitu, sekolah-sekolah Islam Al Azhar di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama akan dikenal sebagai sekolah yang peduli terhadap perkembangan siswa dan masyarakat sekitar.
Ketiga, sekolah juga perlu menjalin kerjasama dengan 10 (sepuluh) sekolah Islam Al Azhar dibawah pengelolaan YW Al Muhajirien Jakapermai, untuk menyelenggarakan kegiatan bersama seperti : pameran pendidikan bersama dan lainnya. Kerjasama seperti ini akan membantu sekolah memperluas jangkauan dan memperkuat citra positif masing-masing sekolah.