Oleh. Muhammad Eko Purwanto
Tidak lama lagi, Sekolah-sekolah Islam Al Azhar di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata, akan melaksanakan proses penerimaan murid baru (PMB) untuk TP. 2024-2025. Hal ini dilakukan jauh-jauh hari sebagai upaya memberi ruang berfikir dan pengambilan keputusan bagi orang tua murid, agar kelak mereka tidak salah pilih dan menyesal dikemudian hari, serta mempersiapkan diri agar calon-calon siswa yang berminat belajar di Sekolah-sekolah Islam Al Azhar mempersiapkan diri, baik secara mental maupun akademis. Oleh karena itu, pihak Humas YW Al Muhajirien Jakapermai sejak dini mempersiapkan berbagai instrumen pemasarannya agar pada saatnya nanti, dapat memenuhi target murid yang direncanakan.
Instrumen pemasaran yang digunakan antara lain melalui media sosial, seperti: Instagram, Facebook, Tiktok, Website, WhatsApp, dan lain-lain. Sementara content yang dibuat, berupa Video, Flyer, publikasi foto-foto kegiatan dan lain-lain. Semua media dan content ini ditujukan untuk menyebarkan informasi bahwa di Sekolah-sekolah Islam Al Azhar di wilayah Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata siap melaksanakan proses penerimaan murid baru (PMB) TP. 2024-2025.
Sarana Komunikasi dan Informasi
Sebagai sarana komunikasi antar humas sekolah dan YW Al Muhajirien Jakapermai, dalam mempersiapkan segala sesuatunya dalam mempublikasikan Sekolah-sekolah Islam Al Azhar di kompleks Jakapermai, Kemang Pratama dan Grand Wisata, pihak sekretariat yayasan telah memfungsikan Microsof TEAMSÂ sebagai sarana interaksi antar unit sekolah di YW Al Muhajirien Jakapermai. Aplikasi ini dimanfaatkan sebagai ikhtiar untuk mempermudah melakukan koordinasi antar unit kerja, sekaligus sebagai alat untuk saling berkoordinasi. Manfaat lainnya dari Microsoft Teams antara lain, sebagai berikut:
- Kolaborasi antar Humas. Microsoft Teams memungkinkan setiap Humas di seluruh unit kerja, untuk dapat bekerjasama dengan pihak kesekretariatan secara efektif, dengan memungkinkan seluruh unit kerja berbagi file, berinteraksi dalam tugas, dan mengadakan pertemuan secara virtual, setiap saat.
- Komunikasi yang Terpadu. Seluruh unit kerja di YW Al Muhajirien Jakapermai dapat mengirim pesan instan, melakukan panggilan suara atau video call, dan mengadakan pertemuan langsung dengan tim humas masing-masing sekolah, dalam satu platform yang terintegrasi.
- Manajemen Proyek yang Terpusat. Microsoft Teams menyediakan berbagai alat manajemen proyek yang memungkinkan, setiap unit kerja dapat merencanakan, mengorganisasikan, mengatur, melacak tugas-tugas dan deadline proyek, membuat jadwal, dan mengelola proyek secara efektif dan efisien.
- Integrasi dengan Aplikasi dan Layanan Lain. Teams terintegrasi dengan berbagai aplikasi Microsoft, seperti: Word, Excel, dan PowerPoint, serta dengan layanan lain seperti: SharePoint dan OneDrive, sehingga memudahkan akses dan berbagi informasi antar aplikasi.
- Penyimpanan Data Aman. Microsoft Teams telah dirancang dengan fitur keamanan tinggi, termasuk enkripsi data dan kontrol akses yang kuat, sehingga seluruh data dari unit-unit kerja dapat dipastikan dalam kondisi aman.
- Peningkatan Produktivitas. Melalui fitur-fitur seperti pemberitahuan real-time, peringatan tugas, dan kemampuan untuk mengakses informasi secara cepat, Microsoft Teams dapat membantu meningkatkan produktivitas dari seluruh unit kerja di YW Al Muhajirien Jakapermai.
- Pengelolaan Pertemuan yang Mudah. Dalam aplikasi microsoft Teams juga menawarkan pengaturan pertemuan yang mudah, termasuk kemampuan mengatur jadwal pertemuan, mengundang peserta, dan berbagi presentasi atau file selama pertemuan.
- Akses dari Mana Saja. Microsoft Teams dapat diakses dari berbagai perangkat, termasuk desktop, laptop, tablet, dan ponsel, sehingga aktivitas unit-unit kerja di bawah pengelolaan YW Al Muhajirien Jakapermai dapat tetap terhubung dan produktif di mana saja.
Mengelola Pasar Sasaran
Dalam dunia pemasaran, komunikasi memainkan peran penting dalam mempengaruhi pemikiran dan perilaku konsumen. Salah satu aspek yang sangat penting dalam komunikasi pemasaran adalah kejelasan dan kemampuan untuk mengartikulasikan dan menulis pesan yang efektif. Oleh karena itu, kemampuan tim Humas yayasan untuk mengartikulasikan (articulatable) dan menulis (writable) menjadi sangat urgent untuk dipahami.
Articulatability, atau kemampuan untuk mengartikulasikan, merupakan kemampuan individual atau organisasi untuk menyampaikan ide atau pesan dengan jelas dan efektif. Dalam konteks pemasaran, hal ini berarti memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan pemasaran kepada target audiens, dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Pesan yang dapat diartikulasikan dengan baik, akan lebih mudah dipahami oleh konsumen potensial, dan akan lebih mungkin dapat mempengaruhi pemikiran dan perilaku mereka.