Mohon tunggu...
Yuyun Srimulyati
Yuyun Srimulyati Mohon Tunggu... Guru - Guru, Pelatih Daerah/trainer PPKB Kemenag RI bidang profesional 2 (Publikasi Ilmiyah), pegiat literasi, public relation

Hobi yang baru saja menggeliat dan menantangku yaitu MENULIS karena terinspirasi para kompasianer, kumainkan jemari di pojok kompasiana, terjebak di ruang kolaborasi komunitas KAUSAKu4NKRI, berawal dari kepenasaran maka akhirnya Practice Makes Perfect basmalah ikuti langkah Kuntowijoyo menulis, menulis dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Sekolah Ramah Anak di Era Digital, Peran Guru dalam Menciptakan Konten Edukasi yang Positif

15 November 2024   20:01 Diperbarui: 15 November 2024   20:24 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendahuluan

Regulasi sekolah ramah anak merupakan fondasi penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung tumbuh kembang anak secara holistik. Regulasi ini tidak hanya menjadi pedoman bagi sekolah, tetapi juga melibatkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk guru, orang tua, dan masyarakat. Dengan adanya regulasi yang jelas, diharapkan setiap anak dapat bersekolah dengan tanpa rasa takut, terbebas dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi, serta memiliki kesempatan yang sama untuk meraih potensi terbaiknya. 

Perkembangan teknologi digital telah mengubah lanskap pendidikan. Guru, sebagai ujung tombak pendidikan, tak luput dari pengaruh ini. Banyak guru yang kini bertransformasi menjadi kreator konten, memanfaatkan platform digital untuk menyampaikan materi pelajaran, menginspirasi siswa, dan membangun komunitas belajar. Namun, dalam menciptakan konten yang melibatkan siswa, guru perlu memperhatikan etika dan menjaga keseimbangan antara kreativitas dengan keamanan dan privasi siswa. Dengan adanya kasus hukum yang melibatkan guru terkait komplain orang tua terhadap konten yang diunggah di media sosial, maka kita, kompasianer pendidik sebagai insan akademika perlu mengingat kembali etika agar bisa membuat konten dan mengunggahnya untuk dipublikasikan dengan bijak sehingga tidak melakukan cyber bullying. 

Guru kini tak hanya berdiri di depan kelas. Mereka menjelma menjadi kreator konten yang menginspirasi. Namun, seiring dengan kreativitas yang meluap, muncul pertanyaan: Bagaimana peran guru dalam menciptakan konten edukasi yang positif? Mari bedah bersama!

Pentingnya Etika Guru sebagai Kreator Konten

Sebagai sosok yang dipercaya oleh siswa dan orang tua, guru memiliki tanggung jawab moral yang besar. Ketika melibatkan siswa dalam pembuatan konten, guru harus:

1. Menjaga Privasi Siswa

Selalu meminta izin tertulis dari orang tua atau wali siswa sebelum memublikasikan konten yang menampilkan wajah atau identitas siswa. Jika perlu menampilkan siswa dalam konten, pastikan wajah atau identitas yang bersifat pribadi diblur atau dimozaik. Tidak mengungkapkan informasi pribadi siswa seperti alamat rumah, nomor telepon, atau nama lengkap tanpa izin.

2. Memastikan Keamanan Siswa

 Pastikan konten yang dibuat bersifat positif, inspiratif, dan mendukung perkembangan siswa. Hindari konten yang berpotensi merugikan atau membahayakan siswa. Selalu awasi proses pembuatan konten dan pastikan siswa merasa aman dan nyaman.

3. Menghormati Hak Cipta

Gunakan sumber-sumber yang sah dan berikan kredit kepada pemilik asli jika menggunakan karya orang lain. Tidak melakukan plagiarisme atau menjiplak karya orang lain.

4. Menjaga Profesionalisme

Gunakan bahasa yang sopan dan santun dalam berkomunikasi dengan siswa dan orang tua. Jadilah contoh yang baik bagi siswa dalam penggunaan media sosial dan teknologi digital.

Mengapa Privasi Anak Penting dalam Konten?

 Untuk menciptakan kondisi sekolah ramah anak privasi anak dalam konten bisa mencegah anak-anak dari eksploitasi atau penyalahgunaan gambar atau video mereka, juga membangun kepercayaan antara guru dan siswa, serta stigmatisasi atau diskriminasi akibat informasi pribadi yang diungkapkan secara sembarangan. Banyak negara memiliki undang-undang yang melindungi privasi anak.

Aspek-aspek Etika Guru Terkait Privasi Anak dalam Konten

1. Persetujuan Orang Tua

2. Anonimitas, jika memungkinkan gunakan nama samaran atau avatar untuk melindungi identitas siswa. Blur atau mosaic wajah siswa dalam video atau foto. Hindari mengungkapkan informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, atau nomor telepon.

3. Pastikan konten yang dibuat sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Hindari konten yang bersifat pribadi, sensitif, atau dapat menimbulkan rasa malu.

4. Simpan data siswa dengan aman dan hanya akses oleh orang yang berwenang. Gunakan platform yang memiliki fitur keamanan yang kuat untuk menyimpan dan berbagi konten.

Pendidikan tentang Privasi perlu juga diajarkan kepada peserta didik  tentang pentingnya menjaga privasi diri dan orang lain. Berikan pemahaman tentang risiko berbagi informasi pribadi di dunia maya.

Contoh Pelanggaran Kode Etik:

  • Memublikasikan foto siswa tanpa izin orang tua.
  • Menggunakan gambar siswa untuk tujuan komersial.
  • Membagikan informasi pribadi siswa di media sosial.
  • Membuat konten yang merendahkan atau menghina siswa.

Implikasi Pelanggaran:

  •  Pelanggaran terhadap privasi anak dapat berujung pada tindakan hukum.
  • Guru dan sekolah dapat kehilangan kepercayaan masyarakat sehingga reputasinya rusak
  • Siswa yang menjadi korban pelanggaran privasi dapat mengalami trauma psikologis.

Memahami dan menerapkan kode etik guru terkait privasi anak dalam konten sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi siswa. Dengan menjaga privasi siswa, guru tidak hanya melindungi hak-hak mereka, tetapi juga membangun hubungan yang positif dan saling percaya.

Tips Membuat Konten yang Aman dan Menarik

  •  Ajak siswa untuk berpartisipasi dalam merencanakan, membuat, dan mengevaluasi konten.
  •  Sesuaikan bahasa yang digunakan dengan usia dan tingkat pemahaman siswa.
  • Buat konten yang beragam, seperti video, infografis, podcast, atau game edukasi.
  •  Gunakan berbagai aplikasi dan tools yang dapat memperkaya konten Anda.
  • Sebarkan konten Anda melalui berbagai platform media sosial dan komunitas belajar.

Kesimpulan

Guru sebagai kreator konten memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menginspirasi siswa. Namun, hal ini harus dilakukan dengan bijak dan bertanggung jawab. Dengan memperhatikan etika dan keamanan siswa, guru dapat menciptakan konten yang bermanfaat dan menghibur tanpa menimbulkan kekhawatiran dari orang tua.Memahami dan menerapkan kode etik guru terkait privasi anak dalam konten sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi siswa. Dengan menjaga privasi siswa, guru tidak hanya melindungi hak-hak mereka, tetapi juga membangun hubungan yang positif dan saling percaya.

Saran

Sekolah sebaiknya membuat pedoman atau kebijakan khusus terkait pembuatan konten oleh guru dan siswa. Pedoman ini dapat menjadi acuan bagi seluruh civitas akademika dalam menciptakan konten yang sesuai dengan nilai-nilai pendidikan. Selain itu, perlu diadakan pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam membuat konten yang kreatif dan menarik.

Salam literasi digital!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun