Mahasiswa KKN Pulkam UM Berkreasi Ciptakan Media Pembelajaran Untuk Adik-adik KB di Dusun Blentreng Desa Ngembat Gondang Mojokerto
Â
Mahasiswa KKN Pulkam dari Universitas Negeri Malang lagi-lagi berkreasi di masa pandemic, Mereka membuat beberapa media pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik adik-adik yang sedang mengenyam pendidikan di Kelompok Bermain, Kegiatan ini diawali dengan mengumpulkan alat dan bahan seperti bola, kardus, lem tembak, gelas plastik, spidol, kuas, cat air dan masih banyak lagi. Setelah seluruh alat dan bahan terkumpul mereka membuat media pembelajarannya.Â
Â
Media pembelajaran yang pertama adalah papan berhitung. Media ini dimainkan oleh dua anak, cara bermainnya adalah melemparkan dadu secara bergantian. Setiap anak akan diberikan kesempatan untuk melemparkan dadu kemudian angka yang muncul akan ditunjukkan dalam bola-bola yang ada di papan.Â
Sebagai contoh ketika anak 1 melemparkan dadu lalu muncul angka 3, maka anak tersebut harus menunjuk angka yang sama dalam bola-bola yang telah ditempel di papan berhitung. Media ini bermanfaat untuk menumbuhkan semangat anak-anak dalam belajar berhitung dengan permainan yang menarik.
Media pembelajaran yang kedua adalah rumah edukasi. Dalam permainan rumah edukasi ini ada beberapa permainan yang dapat dilakukan antara lain mengenal buah-buahan dan sayur-sayuran, mengenal angka, mengenal huruf dan mengenal bangun datar. Rumah edukasi ini dapat dimainkan lebih dari 2 anak karena media yang cukup besar serta terdapat permainan yang cukup banyak.Â
Cara bermainnya yaitu dalam mengenal buah-buahan dan sayur-sayuran, anak-anak diberikan pilihan beberapa gambar yang telah ditempelkan di halaman rumahnya lalu ada beberapa stik yang telah diberikan tulisan nama dari sayur dan buah sehingga anak-anak akan menancapkan stik yang telah tertulis nama sayur dan buahnya ke sebelah gambar dengan tepat.Â
Kemudian untuk permainan mengenal angka, huruf dan bangun datar, cara bermainnya cukup mudah yaitu dengan menempelkan pasangan yang sama disetiap sisi bangunan rumah.Â
Namun untuk permainan mengenal huruf memiliki dua macam yaitu dengan menempelkan pasangan yg sama dan juga dipagarnya telah diberikan beberapa stik yg ditempel keterangan huruf A-Z. Manfaat dari media ini adalah untuk memberikan pembelajaran menarik dalam mengenal sayuran, buah-buahan, huruf, angka dan bangun datar dengan metode belajar sambil bermain.
Seperti yang kita ketahui bersama, dunia anak-anak adalah dunia bermain, tetapi alangkah baiknya jika mereka bisa bermain sambal belajar. Oleh karena itu kami berharap melalui media pembelajaran yang telah kami buat ini adik-adik dapat belajar sambal bermain dengan suasana yang menyenangkan' Tutur Ina Kurnia selaku Penanggung Jawab program kerja media pembelajaran. Selain itu Isnia  Nur mahasiswa KKN dari Jurusan PGSD menyampaikan bahwa dengan bermain dan belajar melalui media yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir, kreatifitas, memperbaiki mood  dan juga dapat melatih psikomotorik anak.
 Usai membuat, media pembelajaran tersebut diserahkan kepada guru KB di Dusun Blentreng Desa Ngembat agar dapat digunakan untuk proses belajar mengajar di KB seterusnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H