Latar Belakang
Pemimpin yang bijak ialah pemimpin yang mampu mengolah organisasi dengan benar dan mampu menjalin hubungan kerja sama (Mardin et al., 2016). Manfaat dari pemimpin dalam organisasi ialah guna menetapkan dan memantapkan peningkatan tujuan dan nilai kelompok (Juliani, 2016). Dan juga dapat membantu anggota yang kesusahan untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan penyesuaian diri dengan realitas eksternal dan berhubungan dengan kebutuhan operasiona.
Sebagai pemimpin kita harus menjaga komunikasi dengan karyawan, alasanya yaitu untuk menyangkut pelayanan (Pramono et al., 2013). Komunikasi juga harus dilakukan melalui pertemuan dengan karyawan baik diluar jam kerja maupun disaat jam kerja. Dengan menjalin pertemuan bersama karyawan akan menimbulkan terjalin hubungan yang baik. Sehingga para karyawan dapat memberi masukan atau pendapat.
Pembahasan
Memberi pengarahan dan bimbingan dengan cara yang baik terhadap karyawan dapat memberikan umpan balik yang baik (Pramono et al., 2013). Hal ini dikarenakan karyawan dapat bekerja dengan baik dan lebih mengerti untuk bekerja sehingga perusahaan dapat cepat mencapai tujuan. Karyawan yang paham akan tugasnya dapat meningkatkan kinerja perusahan menjadi lebih baik lagi.
Selain itu pemimpin juga harus memberi motivasi kepada karyawan. Motivasi yang diberikan akan menambah semangat dan kinerja karyawan terhadap pekerjaannya. Sebelum memberi motivasi pemimpin harus tau gimana caranya bisa didengar oleh karyawan seperti harus mengenali karyawannya (Pramono et al., 2013). Dengan menganalisa karyawan dapat membantu pemimpin dalam memberikan bentuk motivasi yang tepat
Kesimpulan
Pemimpin yang bijak harus mengelola karyawan dan menjalin hubungan yang baik antara karyawan satundengan lainnya. Selain itu, pemimpin juga dapat memberikan motivasi kepada karyawan guna untuk meningkatkan semangat dan kinerja. Dengan demikian, perusahaan akan mencapai tujuannya dengan baik.
Daftar Pustaka
Juliani, R. J. (2016). Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Kemampuan Memotivasi, Membangun Hubungan Yang Effektif, Merencanakan Dan Menerapkan Perubahan Dalam Organisasi. Majalah Ilmiah Inspiratif, 1(1), 1–19.
Mardin, R. A., Susilo, H., & Ruhana, I. (2016). Analisis Peran Pemimpin Dalam Memotivasi dan Mengawasi Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 31(1), 184–191.
Pramono, N. H., Hamid, D., & Mukzam, M. D. (2013). Peranan Pemimpin Dalam Memotivasi Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),
 6(2), 1–10.