Pada era globalisasi saat ini banyak bermunculan berbagai macam produk-produk dari berbagai daerah. Hal ini dapat menjadi ancaman terhadap perkembangan produk dalam negeri. Kita sebagai penerus bangsa harus dapat mempertahankan perkembangan produk lokal karya anak bangsa. Melalui ilmu yang telah kita pelajari selama berada di dunia perkuliahan kita wajib mengimplementasikan hal tersebut dalam kehidupan. Peran seorang mahasiswa sangat berpengaruh pada kemajuan bangsa dan negara. Hal yang dapat kita lakukan sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam memajukan produk lokal karya anak bangsa dapat dilakukan dengan aktif melakukan branding terhadap produk lokal. Hal tersebut dapat dilakukan melalui kehidupan sehari-hari dengan bangga memakai produk lokal, selain itu kita juga dapat membantu dalam melakukan pemasaran penjualan produk lokal. Nilai bela negara yang saya pilih berkaitan dengan point "Cinta Tanah Air". Sebagai mahasiswa kita wajib memiliki rasa "Cinta Tanah Air" hal tersebut menjadi landasan ideologi supaya kita dapat selalu memliki rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  Nadiem Makarim mengatakan Indonesia banyak melahirkan inovasi. Inovasi sebenarnya ada di berbagai industri dan dapat mempengaruhi perkembangan di masa depan. Sangat penting bagi masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam mendukung kreativitas anak bangsa. Ini ditunjukkan oleh kecintaan anak bangsa terhadap produk dan karya yang berkualitas sama dengan produk asing. Negara harus terus mendukung upaya anak-anak. Karya dan produk pelaku UMKM akan terpacu untuk memasuki perdagangan digital dan e-commerce, sehingga mereka dapat menjangkau lebih luas, termasuk di tingkat global.Â
Sikap yang dapat kita lakukan sebagai mahasiswa terhadap parkembangan produk lokal
1. Bangga memakai produk dalam negeri dalam kehidupan sehari-hari
2. Membeli produk lokal original untuk mensupport perkembangan produk tersebut
3. Membantu memasarkan produk lokal menggunakan platform media sosial pribadi
4. Membantu mengembangkan industri produk lokal di daerah masing-masing
Wujud mencintai produk lokal pada masing-masing bidang industri:
1. Musik: Mendengarkan musik dari penyanyi dan band Indonesia, membeli album atau mendukung konser musik dari penyanyi dan band Indonesia, serta mempromosikan karya-karya musik Indonesia melalui media sosial.
2. Film: Menonton film-film produksi Indonesia di bioskop atau platform online, membeli produk merchandise film Indonesia, serta mempromosikan film-film Indonesia melalui media sosial.
3. Seni: Membeli karya seni dari seniman Indonesia, mengikuti pameran seni Indonesia, serta mempromosikan karya seni Indonesia melalui media sosial.
4. Kuliner: Mencoba dan membeli produk makanan dan minuman khas Indonesia, mendukung warung atau restoran lokal, serta mempromosikan kuliner Indonesia melalui media sosial.
5. Teknologi: Menggunakan aplikasi dan platform online buatan Indonesia, membeli produk-produk teknologi buatan Indonesia, serta mempromosikan produk teknologi Indonesia melalui media sosial.
Konsep pembangunan ekonomi juga termasuk dalam penguatan masyarakat. Ada prinsip sosial. Konsep ini menunjukkan jalan pembangunan yang berkelanjutan, berpusat pada manusia, memberdayakan, dan berpusat pada manusia. Pembangunan yang berorientasi pada masyarakat adalah yang dimaksud dengan konsep manusia berpusat. Partisipatif mengacu pada pembangunan yang dilakukan melalui partisipasi warga. Sebaliknya, istilah "pemberdayaan" dan "berkelanjutan" digunakan untuk menggambarkan pendekatan pembangunan berkelanjutan yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat. banyak pilihan taktik
Perkembangan produk lokal juga membuat sulit untuk menentukan strategi mana yang dianggap paling tepat dan tepat untuk kelompok tertentu, baik  dari segi geografi, perubahan pakaian, dan aspek sosial budaya masyarakat Masu. Oleh karena itu, diperlukan  strategi baru yang menyesuaikan dengan kondisi geografis dan sosial budaya masyarakat lokal. Selain itu, setiap akademisi di universitas tertentu  memiliki strateginya masing-masing dalam melakukan penelitian dan kegiatan filantropi yang berbeda untuk mengembangkan produk lokal  di wilayahnya.Mahasiswa memiliki peranan penting dalam kemajuan produk dalam negeri hal tersebut didasari dengan ilmu yang diperoleh pada saat menempuh perkuliahan. Hal tersebut dapat diimplementasikan dalam kehidupan.
Mahasiswa dapat membantu memajukan produk lokal daerah mereka sebagai bentuk pengabdian Masyarakat. Hal tersebut dapat membantu untuk mengembangkan produk lokal di daerah supaya dapat dikenal oleh khalayak luas. Mulai dari membantu memasarkan produk tersebut melalui platform online yang dapat menjangkau pasar lebih luas, hal tersebut dapat membuat produk lokal tersebut lebih mendunia. Selain itu sebagai mahasiswa kita juga dapat berperan sebagai pembuka lapangan pekerjaan terkait pengembangan produk lokal tersebut. Pengembangan produk lokal memerlukan strategi yang fleksibel dan sesuai dengan kondisi sosial, budaya, dan geografis masing-masing daerah. Sebagai bagian dari dunia akademik, mahasiswa dapat memberikan kontribusi melalui penelitian dan pengabdian masyarakat yang mendukung pengembangan produk lokal. Dengan demikian, mahasiswa memiliki peran penting dalam kemajuan produk dalam negeri dan dalam menciptakan peluang kerja serta memperkenalkan produk lokal ke pasar global.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H