ARTIKEL
SIM ( SISTEM INFORMASI MANAJEMEN)
“Sistem Infomasi Berbasis Komputer”
PENGANTAR
Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran OUTPUT dengan menggunakan INPUT dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.
Tujuan output bagaimana mendapatkan suatu informasi dan bagaimana memahami dan meimplementasikan informasi yang di perolehnya.
TUJUAN UMUM
1. Untuk mengetahui suatu informasi terkini dan aktual.
2. Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
3. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Kita ketahui bersama bahwasanya sistem informasi manajemen adalah sebagai sarana untuk mndapatkan suatu informasi yang teraktual dan bagaimana informasi yang terkandung dapat di pertanggung jawabkan dan sudah teruji secara verifikatif.
Dapat kita memahami bersama bahwa SIM adalah sebuah kesatuan bahasa, yakni sistem, informasi dan manajemen.
· SISTEM yang berarti satu ksatuan yang tidak bisa di lepaskan
· INFORMASI yang berarti sebuah informasi yang berupa fakta yang dapat di rasionalkan, bernilai dan bermanfaat untuk ummat.
· MANAJEMEN adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain maupun media sosial.
Kesimpulannya : suatu kumpulan dari beberapa elemen-elemen yang menjadi satu kesatuan yang tidak bisa di lepaskan yang akan lahir sebuah kebijaksanaan.
FAKTOR INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
1. Fungsi atau hakikat informasi
· Menambah pengetahuan
· Mengurangi ketidak pastiaan
· Memberi standar informasi
· Mencari sebuah informasi yang tidak pasti
2. Nilai atau aksiologi
· Mendapatkan kejelasan
· Dapat di buktikan dengan data
· Relevan (kecocokan)
3. Mutu
· Kroscek ksalahan dari sebuah informasi
· Kontroling internal dan eksternal
· fedback
PROSES MANAJEMEN INFORMASI
Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
Pengambilan Keputusan, proses pemilihan diantara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.
SKEMA SIM
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI