Berbelanja menjadi aktivitas yang menarik saat mengunjungi destinasi wisata. Banyak kota-kota yang menjadi destinasi wisata menawarkan aktivitas ini sebagai daya tarik.
Tentu saja ini mendukung kunjungan wisata maupun sebagai kegiatan utama wisata itu sendiri. Ini yang kemudian dikenal dengan terminologi wisata belanja.
Mengutip dari Organisasi Pariwisata Dunia yaitu UNWTO, wisata belanja menjadi komponen yang sangat relevan dalam rantai nilai pariwisata.
Baca juga: Berbelanja dan Wisata Bertema Swedia di IKEABerbelanja merupakan faktor penentu yang memengaruhi pilihan sebuah destinasi wisata, aspek penting dari keseluruhan pengalaman perjalanan, dan dalam beberapa kasus menjadi motivasi utama dalam perjalanan wisata.
Pentingnya berbelanja dalam keseluruhan pengalaman wisatawan mendapat perhatian besar mulai dari produsen produk pariwisata hingga ke pengecer. Kegiatan berbelanja merupakan kategori pengeluaran yang paling signifikan dalam liburan dan perjalanan.
Liburan dan perjalanan merupakan aktivitas yang dilakukan di waktu luang yang dihabiskan di suatu tempat yang jauh dari kehidupan sehari-hari.Â
Ini yang mendorong perilaku berbelanja wisatawan seringkali sangat berbeda karena berada dalam suasana liburan dan perjalanan yang menyenangkan.
Produk yang dibeli wisatawan pada umumnya sangat banyak, tidak hanya mencakup oleh-oleh dan barang pribadi yang diperlukan, tetapi juga berbagai barang misalnya saja buku serta hasil kerajinan tangan.