Mohon tunggu...
Yustina Septiyarini
Yustina Septiyarini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya seorang mahasiswi di salah satu universitas di Jogja dan saya juga berasal dari jogja.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Analisis Minat Membaca Siswa melalui Buku Cetak dan E-Book di Era Digital pada Siswa-Siswi Kelas 7 SMP N 1 Yogyakarta

26 November 2024   16:15 Diperbarui: 26 November 2024   16:27 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh: Yustina Septiyarini, Regita Ambarwati, Margaretha Jr. II

Selasa, 26 November 2024

Abstrak

Era digital telah mengubah pola kebiasaan membaca masyarakat Indonesia, dengan pergeseran dari media cetak ke media digital. Perubahan ini juga mempengaruhi dunia pendidikan, termasuk di SMP N 1 Yogyakarta, yang kini mulai memanfaatkan media digital dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi minat baca siswa kelas 7 di SMP N 1 Yogyakarta, dengan fokus pada preferensi media bacaan, frekuensi membaca, jenis bacaan, dan faktor-faktor motivasi. Metode survei deskriptif kuantitatif digunakan dengan melibatkan 118 siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 59,3% siswa lebih menyukai buku cetak dibandingkan buku digital. Siswa membaca 3-4 kali seminggu dengan preferensi terhadap novel dan komik. Sumber bacaan mayoritas diperoleh dari internet dan toko buku, sementara perpustakaan sekolah kurang diminati. Pemahaman teks ilmiah masih menjadi tantangan bagi siswa, dengan motivasi membaca sebagian besar didorong oleh minat pribadi. Kepercayaan diri dalam literasi juga masih perlu ditingkatkan, karena masih banyak siswa yang ragu-ragu dengan kemampuan literasinya. Diskusi tentang bacaan jarang dilakukan, dan sebagian besar siswa belum mengikuti program literasi sekolah. Berdasarkan survei tersebut, menunjukkan bahwa masih perlu pengembangan strategi pembelajaran dan program literasi yang lebih efektif untuk mendukung perkembangan literasi siswa.

Kata Kunci: Kegiatan membaca, era digital, buku cetak,minat baca siswa

Pendahuluan

Era digital yang semakin maju cukup banyak merubah pola kebiasaan masyarakat di Indonesia, salah satunya dalam hal membaca. Kini kebiasaan membaca tidak hanya terfokus menggunakan satu moda saja, yakni media cetak, namun juga dapat menggunakan moda lainnya seperti media digital. Akses yang cukup mudah membuat banyak orang beralih dari media cetak ke media digital. Meskipun begitu, masih banyak masyarakat yang tetap bertahan pada media cetak sebagai sarana membaca mereka.

Kebiasaan membaca melalui media cetak maupun media digital tidak hanya berlaku di lingkup masyarakat, tetapi juga berlaku di dunia persekolahan. Sekolah sebagai tempat mencari ilmu tentunya tidak pernah lepas dari kegiatan membaca. Kini, banyak sekolah yang sudah menyesuaikan diri dengan era digital termasuk SMP N 1 Yogyakarta. Sekolah ini mulai menerapkan media digital sebagai media dalam kegiatan pembelajaran.

Dalam penyusunan artikel ilmiah ini, subyek penelitian kami terfokus pada siswa-siswi kelas 7 SMP N 1 Yogyakarta. Penelitian ini nantinya akan bermanfaat untuk mengetahui minat baca siswa-siswi kelas 7 di SMP N 1 Yogyakarta. Dengan begitu guru sebagai pendidik, dapat membuat media pembelajaran sesuai dengan minat baca siswa-siswinya.

Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 118 siswa SMP kelas VII dari kelas A hingga kelas H. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket yang mencakup pertanyaan mengenai preferensi media bacaan (buku cetak atau digital), frekuensi membaca, jenis bacaan yang disukai, sumber bacaan, serta faktor-faktor yang memotivasi mereka untuk membaca. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data untuk mengidentifikasi pola-pola minat literasi di kalangan siswa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun