Mohon tunggu...
Yusmiati Wiyono
Yusmiati Wiyono Mohon Tunggu... Guru - TK Galura Winaya

Belajar hal yang baru merupakan tantangan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Berdiferensiasi di TK Galura Winaya Kecamatan Sukahaji

10 November 2022   21:15 Diperbarui: 10 November 2022   21:37 2441
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran Berdiferensiasi

Di TK Galura Winaya Kecamatan Sukahaji

Oleh : Yusmiati

CGP Angkatan 6 Kabupaten Majalengka

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan sebuah strategi atau usaha guru dalam memenuhi kebutuhan siswa yang beragam atau merespon perbedaan pada siswa dalam kelas untuk menciptakan pengalaman belajar yang terbaik bagi siswa.

Pembelajaran berdiferensiasi lebih mengedepankan pada keputusan masuk akal guru dalam merespon kebutuhan indvidu murid, sehingga paradigma differensiasi menjadi sebuah pembelajaran berpihak pada murid. Sebagai guru bisa menciptakan suasana pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan selain itu harus memperhatikan kebutuhan belajar murid baik itu kebutuhan akan  kesiapan belajar murid, minat belajar dan profil belajar murid ( gaya belajar murid). 

Kebutuhan belajar murid sangat beraneka ragam dan berbeda sebagai guru harus bisa mengetahui dan memahami keberagaman tersebut. Untuk itu menuntun dan mengarahkan murid agar dapat memenuhi semua kebutuhan murid dengan baik.

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas B TK Galura Winaya yaitu dengan   menentukan tujuan kegiatan pembelajaran, membuat rencana pembelajaran, menyiapkan sarana prasarana yang mendukung pembelajaran, memberikan pembelajaran yang beraneka ragam yang  menarik minat murid  untuk belajar dan dapat di mengerti dan  sesuai dengan kemampuan murid dan mengevaluasi hasil kegiatan murid.

Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid yaitu guru memetakan kebutuhan belajar murid yang beragam dengan melihat sejauh mana kesiapan belajar murid dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan menerima setiap materi yang dijelaskan walaupun kebutuhan murid berbeda-beda, kita harus memahami dan mengetahuinya serta dapat menggunakan strategi betul. 

Guru juga harus melihat kebutuhan minat murid dengan menjaga minat murid  sehingga murid mampu mengembangkan minat yang ada dalam dirinya. Selain itu guru juga memberikan kesempatan kepada murid untuk belajar sesuai dengan apa yang di inginkan oleh murid serta  gaya belajarnya. Guru hanya sekedar menuntun dan mengarahkan murid agar murid dapat memenuhi kebutuhan belajarnya.

Untuk mencapai hasil belajar yang optimal guru dapat menerapkan beberapa strategi pembelajaran berdiferensiasi diantaranya yaitu dengan menggunakan strategi diferensiasi  konten mencakup materi yang harus dipelajari siswa atau bagaimana siswa akan mengakses kontent tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun