Mohon tunggu...
Yusep Hendarsyah
Yusep Hendarsyah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer, Blogger, Bapak Dua Anak

Si Papi dari Duo KYH, sangat menyukai Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

New Mazda CX-3 , SkyAktiv Engine dan Rasakan Kemewahannya

7 Agustus 2018   10:54 Diperbarui: 7 Agustus 2018   21:08 2416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
mau mundurin mobil gampang banget,sudah dimanjakan dengan sistem kamera dan sensor

Hai Friends para pecinta otomotif khususnya roda empat! Hari ini kalian sudah ke GIIAS 2018 di ICE BSD Tangerang belum ? Kemarin, Jumat , 3 Agustus 2018, Saya menyempatkan hadir di sana. 

Ada banyak varian mobil baru yang dikeluarkan oleh seluruh pabrikan dari berbagai negara, termasuk dari Jepang sendiri yang banyak berseliweran di sekitar kita.

Oh ya, saya mau tanya kalau kalian lagi berkendara di jalan, pernah gak sih merasa bangga bila mobil kalian itu mendapatkan perhatian dari pengguna kendaraan lainnya? Kalau jawabannya "iya", mobil kalian pastinya keren dan bermesin besar gitu, minimal SUV (Sport Utility Vehicle). Betul gak sih? Apalagi itu akan terjadi kalau mobil yang kalian tunggangi  merupakan Premium (mewah) di kelasnya.

Waktu ke GIIAS kemarin, mata saya tertuju ke salah satu display mobil di Hall 6 yang menampilkan produk Mazda. Warna mobilnya merah (Soul Red Crystal Metalic) yang membuat orang jatuh hati pada pandangan pertamanya. 

Berbeda dengan SUV, mobil ini lebih dikenal dengan nama Croosover. Tampilannya "Gamal" alias Ganteng Maksimal dari ujung bawah (bemper) depan sampai ujung bawah belakangnya (kenalpot).

Dudukan antara kemudi dan jok serasa pas. Tinggal tancap gas aja nih!
Dudukan antara kemudi dan jok serasa pas. Tinggal tancap gas aja nih!
Saya mau mengulas kendaraan yang sporty yang dikenal dengan Crossover dan merupakan segmen baru dalam industri mobil dunia setelah MPV dan SUV. Mobil Crossover kini  banyak digandrungi masyarakat Indonesia khususnya kaum muda kota. 

Crossover sendiri adalah perpaduan dari kualitas tangguh mobil Sport Utllity Vehicle (SUV) dan kenyamanan sebuah Sedan mewah. Salah satunya adalah  mobil yang dikenal dengan New Mazda CX-3 bertipe Grand Touring (GT).

New Mazda CX-3 merupakan mobil buatan Jepang yang cocok untuk pengguna yang kesehariannya dinamis. Dari sisi penggunaannya sudah mendapat hitungan matematis secara akurat dari postur tubuh , berat tubuh rata -- rata orang asia. 

Kemudian diambil 80 persennya sehingga presisinya tepat untuk tubuh orang kebanyakan. Semisal posisi jok di belakang kemudi mobil. Posisi saya tepat lurus dengan setirnya. 

Dengan kondisi tersebut  membuat pengemudi  tidak akan mudah lelah berkendara, apalagi ditengah kondisi yang jalanan yang sering macet, sementara tubuh harus selalu bugar meski berkendara di tengah kondisi tersebut.

Memilih mobil Crossover bukan hanya sekadar tunggangan buat segala medan. Baik jalan mulus maupun jalan bergelombang (rusak). Banyak orang membelinya hanya untuk tinggal naik, nyalakan mesin terus jalan ke tempat tujuan. Kendaraan yang kita miliki itu harus dijadikan lebih dari teman, sahabat bahkan pasangan  sekalipun.

Mobil ini harus menjadi kesatuan dengan tubuh dan jiwa kita. Agar apa? Ya menjadi sehati lah antara si pengemudi dengan mobilnya. "Terutama Faktor Keamanan dan Kenyaman" Ujar Yogantara Partyano Wijaya. Product Trainer Specialist yang menemani Saya menjelaskan secara detail tentang mobil ini.

Oleh karena itu maka tak heran jika peluncuran produk ini kian ditunggu-tunggu publik pecinta mobil premium di Tanah Air. Hal itu juga tak lepas dari bekalan spesifikasi super mumpuni dan segudang ragam fitur canggih yang siap dihadirkan untuk para konsumennya. Lalu, apa saja sih yang menarik dari New Mazda CX-3 Tipe Grand Touring ini? 
Kita mulai dengan Tampilan Eksteriornya :

Body

New Mazda CX-3 Tipe Grand Touring Bikin Pengunjung
New Mazda CX-3 Tipe Grand Touring Bikin Pengunjung
Depan

Waktu berdiri di depan mobil ini, saya yakin rasa optimisme pengendaranya akan meningkat dari segi apapun. Kesan konsep KODO-Soul of Motion, mampu menampilkan kesan mobil premium yang begitu gagah dan berwibawa . Untuk Tipe Grand Touring yang membedakannya ada Grille depan berbalut Chrome material color silver untuk bagian depannya.

Samping

Saya sangat suka untuk bagian sampingnya. Bentuknya kalau diraba akan terasa lekukan bergelombang aero dinamis sehingga wajar orang akan mersa "wah" bila berada di samping kanan dan kiri mobil ini.

Belakang

dokpri
dokpri
Coba deh kalau ke GIIAS 2018,  kemudian berdiri di belakang mobil Mazda CX-3 ini. Kalian pasti paham kenapa Mazda CX 3 mengusung bentuk desain khas Mazda yang menampilkan lekukan cukup yang diimbangi lampu belakang atau rear lamp bersudut tajam berteknologi LED. 

Ada sensor kamera belakang, sehingga parkir mundur jadi terasa lebih mudah. Selain itu, yang tak kalah menarik pada bemper belakang dari New Mazda CX-3 ini terlihat Dual Tail Pipe (Kenalpot) yang keduanya berfungsi dan begitu atraktif sehingga memperkuat kesan sporty.

Lampu

Lampu sudah LED yang bikin gahar
Lampu sudah LED yang bikin gahar
Semua lampu diantaranya sepasang lampu utama, projector lamp, fog lamp , kecuali lampu sein sudah menggunakan Light Emitting Diode (LED), terkesan sporty kekinian. 

Dengan teknologi daytime running lamp and automatic levelling Automatic On/Off function, kelebihan system lampu ini yaitu bakal mampu memberikan pencahayaan cukup terang kepada pengemudi ketika berkendara di malam hari. 

Untuk lampu belakang, diyakini mampu memberikan pencahayaan maksimal namun tak membuat silau para pengemudi di belakangnya.

Di New Mazda CX-3 , ada istilah Rear Tail Light Desain, artinya adalah lampu belakang LED menggunakan tema desain yang sama dengan lampu depan, diletakkan secara horizontal, sehinga memberikan aksen serta kesan kuat dari New Mazda CX-3. Elemen lingkar yang menonjol berfungsi sebagai titik fokus pada keseluruhan desain.

Roda

Dari sisi roda yang disematkan di mobil ini berukuran 18 inch dan terlihat lebih gahar , kokoh dan bertenaga. Mampu menahan semua beban di atasnya membuat kenyamanan  laju kendaraan terjaga. Roda ini jelas saja terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya.

Berbagai segi desain pada jari -- jarinya memberikan kesan lebar dan cepat, juga terlihat lebih bersinar dari bagian tengah velg sehingga mempertegas postur mobil.

Setelah puas menjelahi bagian eksterior dari New Mazda CX-3, Saya pun masuk ke dalam kabin mobil. Nah, disinilah pusat dari kemewahan mobil ini dari sisi interiornya.

Tampilan Interior

Leather (kulit)

Saat berada di dalam New Mazda CX-3, saya merasakan dan mencium aroma perpaduan leather (kulit) yang terbaik dengan jahitan asli sebagai tampilan ornamen dan terpampang dari sudut ke sudut seluruh kabin mobil, termasuk tampilan rapinya di samping pintu dan dashboard. 

Sementara itu di kursi New Mazda CX-3 yang saya duduki ini dipilih bahan dari kulit asli berwarna hitam pilihan kelas premium. Kesan elegan mewah pun terpampang nyata ,memanjakan langsung  siapapun pemiliknya.

Active Driving Display

Active Driving Display berwarna ini membedakan dengan mobil lainnya. Alat ini hadir untuk memperlihatkan informasi yang menjadi prioritas utama yang berubah dari satu waktu ke waktu. Meminimalisir resiko akibat mengalihkan pandangan dari jalan dan waktu yang dibutuhkan mata untuk kembali fokus.

Setir Kemudi

Mengendarai mobil ini cukup dengan menggerakan setir secara lembut perlahan. Saya dapat mengendalikan mobil dengan mudah karena setir kemudi New Mazda CX-3 ini lembut dan memiliki jari -- jari lebih sempit dan di desain lingkaran baru dengan croos- section bervariasi sesuai dengan tangan. Cengkramannya lebih mantap untuk sporty driving. Setir ini bisa diatur  ketinggiannya agar pas dengan posisi pengemudi.

Tombol Parking (EPB)

Semua fasilitas di dalam kabin, termasuk kecanggihan kunci otomatisnya
Semua fasilitas di dalam kabin, termasuk kecanggihan kunci otomatisnya
Berganti mode dari manual ke elektric parking brake (EPB) menjamin aktivasi keamanan hanya dengan menekan satu tombol . EPB dapat dilepaskan dengan menginjak rem dan menekan tombol atau cukup dengan menginjak gas. 

Di New Mazda CX-3 ini, tak ada rem tangan seperti mobil pada umumnya. Rem ini diganti tuas segi empat kecil,  hanya ditarik menggunakan jari saja. Simpel banget apalagi ditunjang dengan transmisi perepatan automaticnya yang mudah dioperasionalkan.

MZD Connect Keeps You in Touch

Tampilan Kabin Mazda CX-3
Tampilan Kabin Mazda CX-3
Benda ini memberikan pengalaman test drive saya menjadi luar biasa. Semua aktivitas dari keamanan hingga hiburan ada di sini. Sistem ini memberikan koneksi dengan internet saat berkendara. 

Bila ingin main facebook/ twitter bisa mengaksesnya melalui fitur komunikasi yang tersedia. Fitur audio system yang dihadirkan pun memungkinkan saya mengakses beberapa sumber audio termasuk pemutar radio AM/FM dan pemutar music portable. 

Oh iya, kalau dalam kondisi kendaraan berjalan system ini akan mati demi kenyamanan berkendara. Bila mau merubahnya, bisa menekan tombol voice comment di setir kemudi sebelah kiri. Tinggal tekan dan ucapkan semisal Radio FM maka system akan mengikuti arahan saya tadi.

Lalu , apa saja sih point yang menjadi keunggulan dari New Mazda CX-3 ?

Fitur Unggulan

Sunroof

Saya pun menanyakan kepada Bapak Yoga, kenapa hanya di Grand Touring fitur Sunroof itu ada ? Ternyata fitur Sunroof pada CX-3 Tipe GT menambahkan dimensi cahaya dan ruang serta mencipatkan suasana yang lebih santai pada bagian dalam mobil. Saya membayangkan anak anak saya bergantian melihat pemandangan dan menikmati udara segar dari Sunroof ini.

Blind Spot Monitoring (BSM) anda Rear Cross Traffict Allert (RCTA)

mau mundurin mobil gampang banget,sudah dimanjakan dengan sistem kamera dan sensor
mau mundurin mobil gampang banget,sudah dimanjakan dengan sistem kamera dan sensor
Sistem ini menggunakan sensor radar 24GHz quasi- miliwave untuk mendeteksi kendaraan pada titik -- titik buta di bagian belakang dan samping. Apabila saya ingin belok dan menggunakan lampu sen saat BSM mendeteksi kendaraan, maka akan memicu peringatan lewat visual dan suara. 

RCTA ini sendiri menggunakan sensor yang sama untuk memperingati saya ketika mendeteksi kendaraan yang mendekat dari kedua arah ketika berjalan mundur.

SkyAktiv Engine

Membuka dalaman Mazda CX-3 , di dalamnya tersemat SkyAktiv Engine yang bikin suara mesin halus
Membuka dalaman Mazda CX-3 , di dalamnya tersemat SkyAktiv Engine yang bikin suara mesin halus
Dengan sekali tekan tombol, maka mesin langsung hidup. Meski mobil dalam kondisi pelan, mobil tidak akan terasa tersendat sendat jalannya. Kecepatan mobil mudah dikendalikan, tidak ada hentakan, suara mesin terdengar mulus dan tak ada suara bising yag masuk ke dalam kabin  yang terdengar dari luar.

Inilah yang disebut dengan SkyAktiv Engine, menggunakan bentuk piston baru untuk mencapai efisiensi yang lebih tinggi, torsi yang lebih kuat pada kecepatan mesin rendah ke menengah. "Dengan mesin ini, akan membuat penghematan bahan bakar luar biasa " Pungkas Astrid Ariani Wijana, Head of Marketing Mazda.

Air Bags

Faktor keamanan menjadi prioritas utama, ada 6 (enam) kantung udara yang bisa menyelamatkan seluruh penumpang bila terjadi kecelakaan. Terpasang satu di dashboard penumpang, satu di kemudi, dua di samping kanan dan kiri, dua lagi persis di samping jok depan kanan dan kiri .

Dengan segala kecanggihan  New Mazda CX-3 , wajar saja jika kendaraan ini akan menjadi mobi impian Saya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun