Untuk Generasi Milenial, Danamon Perkuat Kanal Komunikasi
Melalui Digital JourneyÂ
Zaman teknologi semua pasti merasakan dampaknya  dan merasa terbantu  dari keseluruhan aktifitas  keseharian termasuk soal mencari  informasi  lewat dunia maya (digital). Kini, di mana informasi dan turunannya seolah dalam genggaman saatnya generasi yang melek teknologi  bergegas mencari dan mendapatkan  informasi secara cepat dan akurat.
Boleh tahu, di manakah tempat nyaman pelayanan yang menurut kita terbaik saat ini? Tentu saja jawabannya akan mengarah kepada pelayanan perbankan.  Bank tempat transaksi keuangan menjadi salah satu tempat  yang membuat kita betah berlama lama.
Suasana sejuk, pelayanan ramah dari security, tellerhingga  customer service-nya. Bahayanya adalah karena berlomba dengan waktu dan di mana mana terjadi lonjakan penggunaan kendaraan dan berimbas pada kemacetan yang mengikis keberpihakan kita dalam waktu akhirnya kenyamanan itu  "terganggu".
Bagaimana persepsi publik secara umum tentang kondisi  kekinian yang mensyaratkan  nasabah harus datang offline ke kantor Bank nya dari KCP hingga Kantor Pusat menjadi pilihan sulit.
Bank menerapkan nasabah  harusdatang langsung untuk bertransaksi  dengan membawa identitas diri semisal Kartu Tanda Penduduk, Mengisi form kertas dan menandatangani perjanjian di dalamnya. Menerima buku tabungan dan ATM  dan mengeceknya di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
Ada antrian panjang yang membutuhkan waktu di proses tersebut sementara di luar sana hal semacam ini bisa dipangkas lewat sebuah Aplikasi Bank yang mudah di downloaddi Android Playstore dan atau Apps Store.Â
Di era kedinamisan di mana teknologi adalah resourceyang terus berkembang dibutuhkan suatu komitmen yang kuat dari perbankan untuk berevolusi memberikan pelayanan kepada semua generasi termasuk generasi  milenial yang saat ini lagi sangat melek teknologi.
Jakarta, 26 September 2017
Saya sebagai salah satu pengguna fasilitas perbankan mengapresiasi  peran Bank Danamon yang mengundang utnuk hadir dalam acaranya. Zaman teknologi, kini saatnya bergegas mencari informasi secara cepat dan akurat.
Sekarang  dalam memenuhi kebutuhan interaksi masyarakat Indonesia  secara umum maupun para nasabah secara khusus terhadap informasi yang mereka butuhkan, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) memperkuat layanan corporate website-nya yaitu www.danamon.co.iddan media sosialnya. Inovasi ini tentunya dapat membantu masyarakat Indonesia menjelajah informasi dan berinteraksi secara online bersama DanamonÂ
 PT. Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) telah memperkuat komitmennya  dalam komunikasi  berbasis digital  dengan seluruh pemangku  kepentingan  dengan memulai  "Danamon Digital Journey18- Connecting Future". Perjalanan digital  ala Danamon ini  ditandai dengan  peluncuran corporate  website baru www.danamon.co.id serta struktur  dan formasi baru akun  sosial media resmi Danamon.
Acara yang diadakan di  EightyNine & Spirits Kemang Jakarta Selatan  ini membuka wawasan saya  dan kebanyakan orang bahwa  Pesepsi mengenai Bank atau segala sesuatu yang bersinggungan dengan keuangan, memiliki kesan yang kaku ternyata bisa dinamis sesuai tuntutan zaman.
Bank dahulu bisa dikatakan "terpatri"  sebagai sebuah entitas yang kaku, non-dinamis, menjunjung tinggi jenjang struktur  kemudian  kini mulai berbenah termasuk Bank Danamon dengan peluncuran website-nya yang baru ini.
Menjadi tantangan di era serba dinamis yang diisi oleh generasi millenial saat ini,Bank  Danamon bisa menjawab tuntutan  untuk terus mengikuti arus agar tidak tenggelam digerus zaman yang serba cepat.
Benar juga ya, segala informasi pelayanan perbankan memang  harus digital untuk saat ini. Mau transaksi apapun semisal  transfer antar bank (sama atau berbeda bank)  bisa menggunakan akses internet banking, mau info perkembangan saldo, mau tau investasi reksadana atau  mau kredit pembiayaan kendaraan sampai kepada asuransi tinggal klik saja dan nasabah yang kepo seperti saya ini bisa tercerahkan, apalagi ini didesain dengan userjourney yang simple dan cepat sehingga memudahkan  nasabah dalam mengakses informasi di website dan ini memudahkan nasabah  .
PERAN MEDIA SOSIAL BAGI DANAMON
Media sosial bisa menjadi salah satu TOOLS PERUBAHAN. Media sosial dapat membentuk citra publik secara kolektif dan cepat. Inilah yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan sepertinya, Bank Danamon sadar akan hal ini, yaitu dengan melihat dan mengikuti  perubahan/ perkembangan. Saya atau lainya yang lahir di era 80-an saat ini disebut sebagai generasi milenial  di mana  zaman dengan geliat di medsos  yang semakin aktif di dunia maya.
Tercatat 45 Juta akun Facebook  dari Indonesia meramaikan media sosial ini  dari 700 juta keseluruhan di dunia. Untuk hal tersebut, Danamon berusaha mengikuti arus tersebut dengan melakukan perombakan pada struktur dan alur komunikasi publik. Media sosial menjadi saluran yang mendapat porsi perhatian besar guna menjangkau konsumen generasi millenial. Akun resmi korporat  Danamon menjadi akun:
"Komitmen kami adalah untuk terus meningkatkan efektivitas, kualitas serta kecepatan respon terhadap permintaan dan kebutuhan masyarakat,"ujar Toni
Danamon sendiri menurut Toni, sedang melakukan proses Danamon Digital Journey yakni sebuah upaya untuk membenahi dan meremajakan kanal komunikasi digital milik Danamon, baik melalui pembenahan fitur maupun kemudahan akses. Media sosial pun menjadi sasaran pembanahan. Awal Tahun  2016 lalu Danamon yang pada awalnya memiliki 23 akun media berbeda kini dipangkas demi efektivitas.
Peluncuran Corporate Website dan persona Instagram baru agar interaksi digital lebih cepat dan mudah bagi nasabah
Situs baru ini menghadirkan sistem navigasi dan desain berdasarkan "Customer Journey" di mana peta situs dirancang untuk memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi terkait kebutuhan mereka.
Kebayangkan, Anda pembaca Website Danamon ini akan betah berlama lama berada di dalamnya karena banyak beragam fitur dan informasi yang dikemas secara menarik dan apik.
Selain itu, situs ini juga dilengkapi dengan fitur terkini dan kemudahaan akses melalui perangkat smartphone atau tablet, antara lain responsive design, quick sticky menu, hingga swap & scroll menu, adanya sistem navigasi informasi produk berorientasi terhadap keinginan/relevansi nasabah, simulasi produk, komparasi produk, dan leads generator.
Pemenuhan kapasitas disertai kualitas website diperuntukan  untuk "menyasar" Generasi Milenial yang berusia 18 s.d 24 tahun. Mereka adalah pengguna internet terbesar dan  banyak bergantung terhadap informasi kekinian. Ini akan mungkin terjadi bila media sosial milik Bank Danamon (satu satunya penerbit  Kartu Debit, kartu ATM, dan Kartu Kredit Manchester United di Indonesia  serta penerbit Kartu Kredit American Express) terus berkembang secara baik.
Jika bicara soal media sosial, tentu kita akan berujung pada pengelolaan dan produksi konten. Seberapa konsisten kita memproduksi konten di media sosial tentu akan turut memengaruhi angka engagement publik terhadap korporasi yang menggunakan media sosial tersebut. Danamon pun sepertinya cukup memperhatikan hal ini. Toni pun menjamin konsistensi produksi konten di channel media sosial mereka. Tentu saja ini demi menggaet konsumen generasi millenial yang lebih besar.
Seberapa konten itu penting  Danamon tentunya lebih paham karena telah berada di Indonesia  sangat lama  sejak 1956 dan tentu saja karakter nasabah yang terus dinamis menuntut "keberpihakan" dari segi layanan terbaik menjadi pijakannya. Dengan didukung oleh Sarana Prasarana yang represetatif  per 30 Juni 2017 mengelola aset  sebesar 176 triliun  bersama anak perusahaannya. Hal ini tentu saja kemampuan  akan memproduksi konten yang dapat meng-engage secara produktif menjadi perhatian serius. Sejak Oktober lalu telah dilakukan restrukturisasi organisasi untuk media komunikasi termasuk untuk konten.
"Konten akan kami buat semenarik dan serelevan mungkin"."
Kendati melakukan peremajaan serta perombakan besar-besaran demi generasi millenial, bukan berarti generasi ini adalah konsumen baru bagi Danamon. Danamon sendiri sebenarnya memiliki nasabah dengan jumlah merata baik dari usia yang masuk pada generasi millenial  (lahir tahun 80 an) maupun generasi lawas. Namun karena melihat ada potensi yang lebih besar dari generasi millenial inilah yang memicu peremajaan besar-besaran dari media komunikasi digital Bank Danamon.
CONNECTING FUTURE
Inovasi melalui Danamon Digital Journey yang sedang dijalani, Danamon siap menghadapi kuatnya arus dunia digital dan membantu nasabah maupun calon nasabah untuk #ConnectingFuture  di masa depan,yaitu konsep masa depan yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Danamon juga telah memulai perjalanan digital sejak 2016 yang memudahkan nasabah lebih dekat dengan Danamon.Semua tampilan Danamon di media sosial dibuat semenarik mungkin dan juga user friendly, sehingga memudahkan para penggunanya, terutama generasi millenial.
Peluncuran corporate website dan akun media sosial dengan tema "Danamon Digital Journey 18 -- Connecting Future" diharapkan menjadi bukti bahwa Danamon siap menghadapi makin kuatnya dunia digital di masa yang akan datang, khususnya pada tahun 2018 nanti".
Selain itu, Bank Danamon juga memperkuat engagement serta memaksimalkan komunikasi seluruh karyawannya melalui media sosial secara internal, yaitu melalui sebuah aplikasi bernama EAZY dari SAP.
"Aplikasi dalam bentuk media sosial secara internal ini disiapkan khusus untuk karyawan Danamon untuk mempermudah kolaborasi dan mendukung inovasi dari dalam Bank. Penggunaan EAZY ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja Danamon dalam melayani para nasabah," tukas Toni.
"Ini merupakan langkah dan upaya kami untuk menggeser persepsi bank konservatif ke arah yang lebih muda. Reposisi ini demi membuat Bank Danamon lebih relevan," kata Toni.
Anda punya Instagram Aktif ? Berikut yang bisa dilakukan untuk merasakan sensasi connecting future  dengan berkompetisi  Photo & Video Competition #MomenKendali
Bank Danamon mempersembahkan #MomenKendali. Sebuah kompetisi photo & video di Instagram dengan menceritakan keseharianmu dalam semangat pegang kendali. Unggah photo/video pegang kendalimu sesuai tema bulanan, dan gunakan hashtag #MomenKendali #SaatnyaPegangKendali .
Ayo segera daftar dan share pengalaman terbaikmu dari tanggal 9-23 Oktober 2017 serta menangkan beragam hadiah menarik setiap bulannya! Ikuti kompetisi photo & video #MomenKendali dengancara  mengklik tombol di  bit.ly/momenkendali pastikan Anda turut merasakan sensasinya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H