Mohon tunggu...
Yupiter Sulifan
Yupiter Sulifan Mohon Tunggu... Guru - Seorang pendidik di sekolah lanjutan atas negeri di Sidoarjo

Seorang pendidik yang minat di dunia pendidikan, fotografi, lingkungan, kesehatan, sejarah, agrobis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pengalaman Isoman Gegara Omicron

17 Februari 2022   10:14 Diperbarui: 17 Februari 2022   10:17 825
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Walau isoman harus melayani siswa yang menginginkan bimbingan kelompok, siber konseling pilihannya. (foto dokumentasi pribadi penulis)

Rabu (2/2) menerima kabar kalau beberapa siswa tidak masuk sekolah karena positif covid. Sontak berita ini mengagetkan kami. Dan upaya sekolah menyarankan guru dan siswa yang kontak erat (KE) dengan penderita, hari Kamis bisa tes swab di puskesmas.

Kamis (3/2) sekolah menyarankan beberapa guru dan siswa melakukan tracing covid di puskesmas Taman, termasuk saya. Dan diantara guru yang menjalani tes Swab, hanya saya seorang yang hasil Swabnya positif. Hasil tracing dari petugas kesehatan puskesmas Taman, kemungkinan saya kena di sekolah. Mengingat hari Senin (31/1) saya kontak erat (KE) dengan beberapa siswa yang minta ijin pulang karena sakit serta melaksanakan konseling dan bimbingan kelompok beberapa gelombang. Dari pagi hingga siang. Diagnosa penyebab ini masih kemungkinan dan yang pasti saya harus menjalani isolasi mandiri di rumah karena hasil swab saya positif. Karena gejalanya mirip flu, maka sekujur tubuh ini media penularannya. Untuk itu, rumah langsung dibagi dua. Ruang tengah hingga halaman depan milik saya dan ruang tengah hingga halaman belakang milik keluarga lainnya. Dan keduanya memiliki akses keluar. Bukan hanya tempat tidur, tempat makan minum, peralatan mandi, semua terpisah bahkan untuk membersihkannya, saya yang melakukannya.

Kembali ke tracing covid, tracing ini saya lakukan bersama beberapa guru yang mengajar di kelas X MIPA 2, kelas yang ada siswanya positif covid, serta beberapa siswa. Selain saya, beberapa siswa juga positif hasil swabnya. Mendapati hasil swab seperti ini, pihak sekolah berkoordinasi dengan satgas covid dan menyatakan kalau sekolah selama dua minggu kedepan melaksanakan pembelajaran jarak jauh lagi.

Isoman yang kami lakukan ini bukan berarti masalah berhenti tapi malah bikin masalah baru. Laporan dari walikelas X MIPA 2, bu Putri mengatakan kalau beberapa muridnya yang positif menjadi stres, tertekan karena dibulli teman-temannya. Tentu olok-olok, nyinyiran dan bullian ini sudah batas keterlaluan hingga ada diantaranya yang tidak mau kontak dengan siapapun, termasuk keluarganya hingga beberapa hari. Merasa senasib dan ini menjadi tugas saya untuk meredamnya, minimal pada murid bimbingan saya (9 kelas) maka saya bikin postingan yang saya kirim ke grup WA kelas bimbingan saya. Minimal, mereka tidak ikut membulli atau bahkan berhenti nyinyir. Tak lupa, bu Putri saya beri salinannya, berikut kutipannya :

Assalamualaikum...

Salam sehat sejahtera untuk kita semua

Anakku yang sangat saya sayangi lagi saya banggakan, mencermati fenomena di sekolah dan pembelajaran kembali daring, tentu bukan kemauan kalian semua apalagi kemauan saya

Siapa sih yang ingin sakit? Tentu tidak seorangpun menginginkannya. Sehat, bahagia dan berprestasi, ini harapannya. Ini juga yang menimpa teman kalian, mereka tidak ingin 'positif' mereka ingin sehat dan mencari ilmu sambil bersendau gurau dg temannya. Bila TUHAN berkehendak, siapa yg bisa menolaknya? 

Sambil mohon maaf, kami juga berharap bisa selekasnya 'negatif' agar kita semua bisa bersua dalam kegiatan belajar mengajar dalam 1 keluarga besar. 

Tentu, doa dan pengertian yg kami harapkan dari kalian semua. Bukan nyinyiran, caci maki, olok di medsos, itu sungguh menyakitkan kami. Bila kita keluarga besar, bukankah 1 anggota tubuh yg sakit akan terasa sakitnya seluruh tubuh? Dan, kita harus yakin, apa yang kita lakukan akan mendapat balasan dari setiap perbuatan kita.

Selalu semangat anakku, salam sehat bahagia dan sejahtera

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun