ARTIKEL
SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA PT NIPPON INDOSARI CORPINDO
Profil Sejarah Singkat Perusahaan
PT.Nippon Indosari Corpindo, Tbk berdiri pada tahun 1995. Pabrik pertama berlokasi di blok W, Kawasan industri Jababeka Cikarang, Untuk memenuhi permintaan kosumen yang terus meningkat, perseroan mengembangkan usahanya dengan mendirikan pabrik di Pasuruan Pada tahun 2005. Besarnya permintaan masyarakat atas produk sari roti membuat perusahaan kembali membangun pabrik ketiga pada tahun 2008 yang juga berlokasi di kawasan industri Jababeka Cikarang. Kemudian disusul dengan pembangunan pabrik di Semarang, Medan dan Cikrang Barat pada tahun 2011, Perseroan membangun 2 pabrik baru yang berlokasi di Palembang dan Makasar. Perseroan secara resmi menjual saham di Bursa efek Indonesia dan menjual kepada publik pada tahun 2010.
Pada tahun 2006 perseroan mendapatkan sertifikat HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) yaitu sertifikat jaminan keamanan pangan sebagai bukti komitmen perseroan dalam mengedepankan prinsip 3H (Halal, Healthy, Hygienic) Pada setiap produk Sari Roti. Selain itu, seluruh Produk Sari Roti telah terdaftar melalui Badan BPOM Indonesia dan memperoleh Sertifikat Halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia.
Visi:
Adapun visi PT.Nippon Indosari Corpindo, Tbk adalah senantiasa tumbuh dan mempertahankan posisi sebagai perusahaan roti terbesar di Indonesia melalui penetrasi pasar yang lebih luas dan dalam dengan menggunakan jaringan distribusi yang luas untuk menjangkau konsumen di seluruh Indonesia.
Misi:
Adapun Misi PT.Nippon Indosari Corpindo, Tbk adalah memproduksi dan mendistribusikan beragam produk yang halal, berkualitas tinggi, higienis dan terjangkau bagi seluruh Konsumen Indonesia.
Nilai – nilai Perusahaan:
Result
Bergerak cepat untuk memberikan kinerja terbaik (Performance) dan hasil yang optimal (Result) dengan tetap mengedepankan kepuasan Pelanggan.
Organization
Memiliki nilai (Values) dan budaya (Culture) untuk bekerja dengan hati (Passion) dan mempunyai semangat tinggi untuk senantiasa memberikan yang terbaik (Spirit of Excellence).
Teamwork
Kinerja dan pencapaian kami sebagai satu keluarga besar merupakan hasil kerja sama (Cooperation) dan koordinasi (Coordination) yang unggul dari semua bagian perusahaan.
Implementation
Kami memastikan setiap strategi dapat terlaksana dengan baik (Follow through to completion) melalui eksekusi yang sempurna (Execution).
Penganggaran dan Keuangan:
PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (Nippon Indosari) adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan, khususnya dalam produksi roti di Indonesia. Dalam konteks penganggaran dan keuangan perusahaan ini, beberapa hal yang mungkin menjadi fokus termasuk:
Penganggaran Budgeting
Penganggaran Operasional: Menetapkan anggaran untuk biaya produksi, distribusi, pemasaran, dan administrasi.
Penganggaran Modal: Perencanaan pengeluaran untuk investasi dalam mesin, fasilitas produksi baru, atau pengembangan produk.
Penganggaran Kas: Mengelola aliran kas untuk memastikan likuiditas yang memadai.
Keuangan
Laporan Keuangan: Menganalisis laporan laba rugi, neraca, dan arus kas untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan.
Manajemen Risiko Keuangan: Mengelola risiko valuta asing, bahan baku, dan risiko pasar lainnya.
Pembiayaan: Mendapatkan dan mengelola sumber dana untuk kegiatan operasional dan investasi.
Pajak: Mematuhi regulasi perpajakan dan mengelola kewajiban pajak perusahaan.
Strategi Keuangan
Pengembangan Bisnis: Memilih strategi pertumbuhan yang tepat, termasuk ekspansi pasar atau diversifikasi produk.
Efisiensi Operasional: Mengoptimalkan biaya produksi dan distribusi untuk meningkatkan profitabilitas.
Pengelolaan Aset: Memaksimalkan penggunaan aset perusahaan untuk meningkatkan nilai bagi pemegang saham.
Perencanaan Strategis dan Operasional dari PT Nippon Indosari CorpindoÂ
PT Nippon Indosari Corpindo memiliki perencanaan strategis yang jelas, seperti ekspansi bisnis, diversifikasi produk, dan peningkatan efisiensi operasional. Perencanaan ini didukung oleh perencanaan operasional yang kuat, seperti pengelolaan rantai pasokan yang baik, peningkatan standar kualitas, dan pengembangan sumber daya manusia. Dengan perencanaan yang tepat, Sari Roti dapat mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.
Pengukuran Kinerja PT Nippon Indosari CorpindoÂ
PT Nippon Indosari Corpindo menggunakan metode Balanced Scorecard untuk mengukur kinerja dari empat perspektif: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Metode ini membantu perusahaan untuk menyeimbangkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta mengaitkan strategi dengan operasional. Selain itu, Sari Roti juga menganalisis rasio keuangan untuk menilai kinerja keuangan secara lebih rinci.
Pengawasan dan Evaluasi Kinerja PT Nippon Indosari Corpindo
PT Nippon Indosari Corpindo memiliki Komite Audit dan Komite Nominasi dan Remunerasi yang berperan penting dalam melakukan pengawasan dan evaluasi kinerja perusahaan. Komite Audit memastikan pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik, pengawasan internal yang efektif, dan pelaporan keuangan yang akurat serta transparan. Sementara Komite Nominasi dan Remunerasi bertanggung jawab dalam proses nominasi dan remunerasi serta meningkatkan kualitas, kompetensi, dan tanggung jawab Direksi dan Dewan Komisaris. Evaluasi kinerja karyawan juga dilakukan secara berkala dan melibatkan proses yang berkelanjutan antara karyawan dan manajer. Hal ini membantu perusahaan dalam mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan melakukan tindakan penyesuaian jika diperlukan
Komitmen terhadap Keberlanjutan
PT Nippon Indosari Corpindo berkomitmen untuk menerapkan keselarasan kinerja ekonomi, lingkungan, dan sosial sebagai implementasi dukungan terhadap pembangunan berkelanjutan. Perusahaan berupaya untuk memenuhi tanggungjawab terhadap pemangku kepentingan internal dan eksternal, setiap karyawan, konsumen, pemasok, dan masyarakat sekitar. Juga berkomitmen untuk mempersembahkan produk yang berkualitas tinggi, halal, dan aman dikonsumsi dengan menerapkan sistem internal yang mengacu pada standar internasional.
Kesimpulan
Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian manajemen yang diterapkan oleh PT Nippon Indosari Tbk (Sari Roti) cukup efektif dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Perencanaan strategis dan operasional yang tepat, pengukuran kinerja yang komprehensif, pengawasan dan evaluasi kinerja yang ketat, serta komitmen terhadap keberlanjutan menjadi faktor-faktor pendukung efektivitas sistem pengendalian manajemen PT Nippon Indosari Corpindo.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H