Surabaya, Kompasiana.com - Mahasiswa MBKM Kewirausahaan Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Madura yang beranggotakan Bunga Aulia Rahmadani, Siska Dwi Haryani, Winda Agustina, dan Yunita Dwi Listiawati dengan dosen pembimbing Dian Eswin Wijayanti, S.P, M.Sc. turut serta dalam kegiatan sosialisasi new marketing yang dilakukan di Ayam Bakar Pak ‘D’. (17/10/2023).
New marketing merupakan program kerja baru yang dibuat oleh Divisi Marketing Ayam Bakar Pak ‘D’. Program kerja ini merupakan perubahan dari aktivitas marketing yang sebelumnya telah dilakukan menjadi aktivitas marketing yang lebih efektif dan efisien. Tujuan diterapkannya new marketing ini untuk memperluas jangkauan pemasaran.
Aktivitas marketing yang sebelumnya dilakukan di Ayam Bakar Pak ‘D’ hanya berupa postingan konten melalui Facebook, SnackVideo, Marketplace, YouTube, Instagram, dan Tiktok. Aktivitas tersebut tidak berdampak pada peningkatan penjualan, kenyataannya hanya membuat para crew terbebani.
Berdasarkan keluhan tersebut, Divisi Marketing memutar otak mencari cara yang lebih mudah agar dapat memperkenalkan produk ke jangkauan luas. Instagram dan Tiktok menjadi alternatif dalam new marketing ini, karena memiliki tingkat pengguna yang tinggi dan mudah dalam penggunaannya.
Aktivitas new marketing yang dilakukan dalam Instagram dan Tiktok meliputi FLKS (Follow, Like, Komen, dan Share). FLKS merupakan upaya saling mendukung dengan Follow (saling mengikuti), Like (saling menyukai konten), Komen (saling memberikan komentar), dan Share (saling membagikan konten). FLKS dapat menaikkan engagement sehingga akun dan konten dari cabang Ayam Bakar Pak ‘D’ diketahui banyak orang.
Sebelum program ini diterapkan, Divisi Marketing mengadakan sosialisasi untuk memberikan gambaran kepada crew. Acara sosialisasi new marketing dilakukan di Kantor pusat Ayam Bakar Pak ‘D’ yang berada di Nginden, Sukolilo, Surabaya. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan crew seluruh cabang Ayam Bakar Pak ‘D’.
Kegiatan sosialisasi diawali dengan penyampaian materi new marketing meliputi posting konten dan FLKS, dilanjutkan pendampingan langkah-langkah, mulai dari ketentuan jam upload sampai penambahan stiker pada proses pengauploadan snapgram. Tujuan dari penambahan stiker agar dapat menaikkan interaksi dengan pengguna Instagram dan Tiktok lainnya.
Dengan melakukan program kerja sosialisasi dan training new marketing diharapkan mampu menaikkan interaksi dengan viewers serta memberikan peningkatan penjualan online pada seluruh cabang Ayam Bakar Pak ‘D’.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H