Assalamualaikum Wr.Wb
Salam dan Bahagia pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini saya menuliskan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.4 tentang Budaya Positif. Jurnal refleksi dwimingguan ini merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh setiap calon guru penggerak. Jurnal refleksi dwi mingguan adalah sebuah catatan refleksi diri setelah mengikuti kegiatan pelatihan yang ditulis secara rutin setiap dua minggu sekali dan wajib dilakukan oleh Calon Guru Penggerak, dan sebagai calon guru penggerak saya akan merefleksikan seluruh rangkaian kegiatan selama mempelajari modul 1.4 tentang Budaya Positif dengan model refleksi 4F (Fact, Feeling, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Dan berikut ulasan jurnal refleksi dwimingguan modul 1.4. Budaya Positif.
- Fact (Peristiwa)
Setelah mempelajari modul 1.4 tentang Budaya Positif kemudian pada hari Jum'at, 29 September 2023 saya mulai mempelajari modul 1.4 tentang Budaya Positif. Dari modul 1.4 saya belajar tentang :
- Mulai dari diri yaitu diminta untuk membuka tautan "Mulai dari Diri" di modul 1.4, tugas pertama adalah menjawab empat pertanyaan: 1) Apa pentingnya menciptakan suasana positif di lingkungan Anda? 2) Sebagai seorang pendidik dan/atau pimpinan sekolah, bagaimana Anda dapat menciptakan suasana positif di lingkungan Anda selama ini? 3) Apakah hubungan antara menciptakan suasana yang positif dengan proses pembelajaran yang berpihak pada murid? 4) Bagaimana penerapan disiplin saat ini di sekolah Anda, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang menurut Anda masih perlu diperbaiki dan dikembangkan?, dan juga terdapat pertanyaan tambahan tentang refleksi diri, harapan pribadi, harapan untuk murid, dan ekspektasi.
- Eksplorasi konsep. Dibagian eksplorasi konsep ini, saya mempelajari secara mandiri maupun secara diskusi melalui LMS. Di eksplorasi konsep ini setidaknya ada 6 poin yang dibahas yaitu poin pertama tentang 1) Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal; 2) Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi; 3) Keyakinan Kelas; 4) Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas; 5) Lima Posisi Kontrol; dan 6) Segitiga Restitusi.
- Ruang kolaborasi. Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Ruang Kolaborasi dipandu dan difasilitasi oleh Ibu Siti Maemunah selaku Fasilitator. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring memalui Google Meet. Diskusi kelompok di ruang kolaborasi pertama dilakukan pada hari Jum'at, 6 Oktober 2023 pukul 15.30- 17.45 WIB. Sementara itu, presentasi hasil diskusi dilaksanakan pada hari Senin, 9 Oktober 2023 pukul 13.00 - 15.15 Â WIB.
- Demonstrasi Kontekstual. Pada kegiatan ini, saya mendapatkan tantangan untuk membuat dua skenario penerapan segitiga restitusi dan merekam video penerapannya bersama murid. Adapun link demonstrasi konteksual sebagai berikut : Tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 1.4 "Penerapan Segitiga Restitusi"
- Elaborasi Pemahaman. Saya melakukan elaborasi pemahaman dengan instruktur melalui Goole Meet pada hari Kamis, 12 Oktober 2023 sesi 2 pukul 15.30 - 17.00 WIB. Instruktur yang memandu kegiatan elaborasi adalah Bapak Suhartono.
- Koneksi Antar Materi. Pada kegiatan ini yaitu mengaitkan materi yang sudah dipelajari mulai dari modul 1.1, 1.2, 1.3 dan 1.4 serta menjelaskan pemahaman serta sorotan pribadi tentang konsep-konsep inti modul 1.4 Modul Positif yang telah dipelajari. Adapun link koneksi materi adalah sebagai berikut : Tugas Koneksi Antar Materi Modul 1.4 "Budaya Positif"
- Aksi Nyata dalam modul 1.4 ini melibatkan penerapan langsung dari materi yang dipelajari, di sini saya berbagi pemahaman tentang Pemahaman & Penerapan Budaya Positif bersama rekan sejawat di Sekolah serta penerapan pemahaman pada siswa di SMK Nurul Iman berupa pembuatan keyakinan kelas. Adapun link aksi nyata adalah sebagai berikut : Aksi Nyata Modul 1.4 "Budaya Positif"
- Feeling (Perasaan)
Setelah mempelajari modul 1.4 tentang Budaya Positif dan mengikuti serangkaian kegiatan baik belajar secara mandiri maupun diskusi secara virtual, saya merasa senang dan semakin termotivasi dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Saya sangat bersyukur bisa mengikuti Pelatihan Guru Penggerak ini karena dengan demikian saya tahu tentang budaya positif. Ilmu yang sangat berharga bagi saya untuk modal saya dalam mendidik murid di sekolah.
- Findings (Pembelajaran)
Setelah mempelajari modul 1. 4 ini, pembelajaran yang dapat saya petik dari kegiatan pada modul 1.4 ini adalah saya mengetahui bahwa untuk menciptkan budaya positif di sekolah sangat membutuhkan kerjasama dan kekompakan serta keselarasan dari semua pihak di sekolah. Budaya Positif tidak bisa diciptakan oleh satu orang saja tetapi harus ada kerjasama dari semua pihak di sekolah termasuk orang tua siswa dan masyarakat. Kerjasama yang baik dari semua unsur akan memudahkan terciptanya budaya positif dan juga terbentuknya Profil Pelajar Pancasila di kalangan murid.
- Future (Penerapan)
Setelah menggali pengetahuan dari modul 1.4 Budaya Positif, saya berusaha berkomitmen untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kompetensi diri serta berusaha menjadi contoh yang baik bagi peserta didik dalam menumbuhkan budaya positif. Saya akan lebih mendekati siswa, memahami kebutuhan mereka, dan menjalankan peran dalam membentuk karakter positif di lingkungan sekolah. Tujuan akhirnya adalah menghasilkan pelajar yang memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai Pelajar Pancasila. Dalam hal ini saya telah melakukan proses penerapan keyakinan kelas, segititiga restitusi dan akan melakukan desiminasi disekolah.
Demikian jurnal refleksi dwi mingguan Modul 1.4 saya tentang Budaya Positif.
Semoga bermanfaat.
Terimakasih.
Salam Guru Penggerak.
Wassalamualaikum Wr.Wb
***
Dibuat oleh Yunita Akni Rimasari, SMK Nurul Iman
Calon Guru Penggerak Angkatan 9, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 2023
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H