Mohon tunggu...
Yunita Akni Rimasari
Yunita Akni Rimasari Mohon Tunggu... Lainnya - Wiraswasta

Perempuan baik hati dan tidak sombong 🥰

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

1.3.a.3. Mulai dari Diri - Modul 1.3 "Visi Guru Penggerak"

18 September 2023   19:25 Diperbarui: 18 September 2023   19:56 10682
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum Wr.Wb

Salam dan Bahagia pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini izinkan saya memuat artikel tentang Mulai dari Diri Modul 1.3. Pada Kegiatan pembelajaran Modul 1.3 ini, peserta Calon Guru Penggerak diminta untuk menggambarkan tentang :

  • Refleksi Mandiri 1 : Imajiku tentang Muridku di Masa Depan,
  • Refleksi Mandiri 2 : Melengkapi Kalimat Rumpang dan
  • Refleksi Mandiri 3 : Visiku untuk Masa Depan.

Tujuan pembelajaran khusus dari Mulai dari Diri Modul 1.3 Visi Guru Penggerak yaitu harapannya CGP mampu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila.

  • Refleksi Mandiri 1 : Imajiku tentang Muridku di Masa Depan

Berdasarkan gambar imajiku tentang muridku di masa depan yang saya buat, saya membayangkan murid-murid saya kelak memiliki karakter yang positif sebagaimana yang tertuang dalam Profil Pelajar Pancasila, yaitu murid-murid yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, sopan santun terhadap orang tua baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan luar sekolah, memiliki karakter budi pekerti yang baik, berkebinekaan global yang mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan, misalnya  memiliki keterampilan dalam berkomunikasi, menyampaikan pendapatnya dan buah pemikirannya dihadapan orang lain dengan penuh rasa percaya diri, kolaboratif atau gotong royong dengan teman sejawat secara bersama-sama dan suka rela untuk mencapai tujuan bersama, menjadi pelajar mandiri yang bisa mencari ilmu pengetahuan dan keterampilan sendiri tidak bergantung pada orang lain, serta memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif sehingga ketika dihadapkan pada satu permasalahan atau peristiwa mereka tidak langsung mempercayainya begitu saja akan tetapi memikirkan terlebih dahulu akan kebenarannya atau memikirkan tentang keputusan atau solusi yang akan diambilnya itu apakah sudah tepat atau belum. Saya juga membayangkan murid-murid saya memiliki daya saing atau nilai kompetitif yang mampu bersaing dengan orang lain, sehingga kompetensinya dapat teruji melalui sebuah kompetisi. Kemudian, harapan saya murid menguasai teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Semua harapan itu tentunya tidak akan terwujud jika dilakukan sendiri. Diperlukan kerja sama dari semua pihak di sekolah untuk mewujudkan kesuksesan murid-murid di masa depan. Kerja sama dapat kita mulai dari pimpinan sekolah, rekan sejawat, tenaga kependidikan, komite sekolah, dan pihak orang tua murid, sehingga murid memiliki karakter yang diharapkan sebagaimana yang digambarkan dalam "Imajiku tentang Muridku di Masa Depan".

  • Refleksi Mandiri 2 : Melengkapi Kalimat Rumpang

Saya memimpikan murid-murid yang yang religius, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sopan dan santun kepada orang tua, guru dan sesama, berbudi pekerti yang luhur, memiliki jiwa yang mandiri, berpikir kritis, kratif, dapat berkolaborasi dengan orang lain, berdaya saing, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan menguasai teknologi.

Saya percaya bahwa murid adalah makhluk Tuhan yang unik, yang terlahir dengan kodrat alam yang berbeda (karakter, minat dan bakat), sehingga tugas kita sebagai pendidik adalah menebalkan atau menuntun murid dengan menggali bakat dan minat sesuai dengan kodrat alam anak secara optimal agar murid menjadi individu yang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Di sekolah, saya mengutamakan Pendidikan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila diantaranya beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri.

Murid di sekolah saya sadar betul bahwa tujuan mereka bersekolah adalah untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran yang layak, untuk menjadi Profil Pelajar Pancasila, sehingga bisa dijadikan bekal mereka di masa depan.

Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk bisa menuntun dan membimbing murid di sekolah sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman, serta dapat menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid, mendorong dan memotivasi murid agar mereka tumbuh dan berkembang dengan baik.

Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa setiap anak terlahir dengan kodrat alam dan kodrat zamannya masing-masing, mereka memiliiki karakter, minat dan bakat yang berbeda-beda, tugas kita sebagai guru adalah berusaha mengoptimalkan bakat yang dimiliki murid dengan segala upaya agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal.

  • Refleksi 3 : Visiku untuk Masa Depan

Visi merupakan suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat impian, cita-cita dari suatu lembaga/organisasi. Secara tidak langsung visi adalah representasi visual kita akan masa depan yang mendorong kita untuk mencapai tujuan yang dharapkan. Penggambaran visi yang jelas tentang keadaan di masa depan dapat membantu kita untuk merencanakan dan menyelaraskan upaya-upaya mewujudkannya.

Makna visi bagi saya adalah sebuah petunjuk yang dapat memandu kita dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan adanya visi dapat memotivasi kita untuk menggapai perubahan yang dicita-citakan.

Harapan saya  untuk murid, rekan pendidik, komunitas sekolah, kehidupan masyarakat  daerah dan bangsa-negara Indonesia yaitu mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid, beriman dan bertaqwa kepad Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sopan santun kepada orang tua, guru dan sesama, berbudi pekerti yang luhur, memiliki jiwa yang mandiri, berpikir kritis, kreatif, dapat berkolaborasi dengan orang lain, berdaya saing, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan memanfaatkan teknologi dengan baik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, sehingga dengan memiliki karakter tersebut mereka dapat menjalankan kehidupan bermasyarakat dan berbangsa serta bernegera dengan baik dan memiliki keterampilan hidup yang mumpuni.

Hal yang menjadi keyakinan bersama dan menyatukan sekolah yaitu mewujudkan pendidikan yang memiliki kualitas yang baik, yang diinginkan dan didambakan oleh semua pihak baik warga sekolah maupun masyarakat setempat. Sehingga kesatuan visi itu amatlah penting dan perlu adanya kesepakatan dan sepemahaman dari semua pihak yang terkait untuk mewujudkannya.

Diharapkan murid di sekolah saya memiliki rasa bangga terhadap sekolahnya sendiri, menyayangi, menghargai dan menghormati semua guru-gurunya sampai kapanpun, memiliki solidaritas dengan teman-temannya, memiliki sikap toleransi dan yang paling utama adalah memiliki karakter yang baik, seimbang antara IMTAQ dan IPTEK sehingga semua murid di sekolah saya sukses menggapai apa yang mereka cita-citakan.

Kontribusi orang dewasa dan para pemangku kepentingan di sekolah dalam mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila yaitu bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik sehingga tujuan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada murid dapat terwujud, menjadi teladan bagi murid seperti yang terpapar dalam trilogi pendidikan yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso dan Tut Wuri Handayani yang artinya depan sebagai teladan, ditengah memberikan dukungan dan dibelakang memberikan semangat, kooperatif dengan semua pihak, baik warga sekolah maupun masyarakat, ikut andil dalam merencanakan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila, serta memberikan dukungan spiritual untuk menyukseskan kegiatan-kegiatan di sekolah misalnya dalam kegiatan P5.

Rumusan Visi untuk Murid di Masa Depan :

"Mewujudkan Peserta Didik yang Religius dan Berakhlak Mulia, Mandiri, Kreatif, Kolaboratif, Inovatif dan Cerdas Berteknologi".

Demikian pemaparan Tugas 1.3.a.3 Mulai dari Diri Modul 1.3 Visi Guru Penggerak tentang "Imajiku tentang Muridku di Masa Depan, Melengkapi Kalimat Rumpang, Visiku untuk Masa Depan".

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Salam Guru Penggerak.

Wassalamualaikum Wr.Wb

***

Dibuat oleh Yunita Akni Rimasari, SMK Nurul Iman

Calon Guru Penggerak Angkatan 9, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 2023

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun