Mohon tunggu...
yunisputra
yunisputra Mohon Tunggu... Guru - mahasiswa s3 Universitas Negeri Surabaya

mahasiswa s3 Universitas Negeri Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Metode Inovatif Menggunakan Teknologi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia

4 Januari 2025   03:52 Diperbarui: 4 Januari 2025   04:08 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penggunaan VR dalam Pembelajaran di Sekolah Indonesia Jeddah (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Metode Inovatif Menggunakan Teknologi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia

Oleh : Yunis Eka Putra, M.Pd

Pembimbing : Prof. Dr. Mustaji, M.Pd

Pendidikan adalah fondasi utama dalam mencetak generasi yang mampu bersaing di era globalisasi. Dalam bidang sains, khususnya kimia, pembelajaran yang berkualitas menjadi tantangan tersendiri mengingat kompleksitas konsep dan aplikasinya yang sering kali abstrak. Dalam pembelajaran kimia diperlukan adanya keterhubungan dimensi makroskopis, submikroskopik, dan simbolik (CetinDindar, Boz, Sonmez, & Demirci, 2018; Boz & Belge, 2020). Konsep kimia sebagian besar bersifat abstrak sehingga menuntut peserta didik untuk berpikir dalam tiga dimensi tersebut. Sederhananya, tuntutan kognitif yang tinggi diperlukan untuk mempelajari kimia. Peserta didik dengan sedikit atau tanpa pengetahuan kimia akan kesulitan memahami kombinasi dari dimensi-dimensi tersebut (Gyamfi & Asaki, 2022). Pendidik diberikan tugas berat dalam menggambarkan hubungan antara dunia sub-mikroskopis, dan makroskopis (Putra, Kartini, & Widiyaningsih, 2019).

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi telah membuka peluang besar untuk menghadirkan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif. Berbagai teknologi seperti laboratorium virtual, aplikasi pembelajaran berbasis Android, simulasi interaktif, dan media sosial telah diadaptasi ke dalam pembelajaran untuk mendukung pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang sulit. Selain itu, platform Learning Management System (LMS) memberikan fleksibilitas dalam mengelola pembelajaran daring dan hybrid, menjawab kebutuhan akan pendidikan yang adaptif di era digital.

Pengintegrasian perkembangan teknologi yang sudah sangat pesat sangat diperlukan dalam ilmu kimia. metode inovatif berbasis teknologi menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia, baik dari segi pemahaman konsep, keterlibatan siswa, maupun relevansi materi dengan dunia nyata. Hasil kajian terhadap hasil penelitian atau artikel yang telah diterbitkan pada jurnal nasional yang berasal dari database elektronik yang terdaftar dan diindeks oleh ERIC (Education Resources Information Center) memberikan gambaran mendalam mengenai berbagai metode inovatif berbasis teknologi yang telah diterapkan dalam pembelajaran kimia selama empat tahun terakhir pada 2021-2024 di Indonesia.

Hasil analisis awal menunjukkan jumlah penelitian dan publikasi terkait metode inovatif dengan integrasi teknologi dalam pendidikan kimia di Indonesia yang terdaftar dan terindeks Eric dalam periode 4 tahun dapat digambarkan dalam gambar berikut

Gambar 1. Publikasi pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran kimia di Indonesia pada jurnal terindeks Eric
Gambar 1. Publikasi pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran kimia di Indonesia pada jurnal terindeks Eric

Berdasarkan gambar 1 dapat dilihat bahwa di tahun 2022 dan 2023 terlihat publikasi terkait dengan penggunaan teknologi dalam pembelajaran kimia di Indonesia cukup tinggi dibandingkan dengan 2 tahun yang lain. Hal ini dimungkinkan disebabkan oleh adanya pandemi Covid-19 yang memaksakan terjadinya pembelajaran online memanfaatkan teknologi digital dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan kimia. Pandemi ini memaksa lembaga pendidikan untuk beralih ke pembelajaran daring sebagai solusi agar kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan. Peningkatan publikasi ini mencerminkan adanya peningkatan minat dan kesadaran para pendidik serta peneliti terhadap pentingnya teknologi dalam pembelajaran kimia. Selain itu, hal ini juga menunjukkan usaha akademik dalam mengembangkan inovasi metode pembelajaran berbasis teknologi untuk menjawab tantangan pembelajaran jarak jauh selama pandemi. Tren ini tidak hanya mencerminkan adaptasi terhadap situasi darurat tetapi juga potensi keberlanjutan penggunaan teknologi sebagai bagian integral dari pembelajaran kimia di masa depan.

Penelitian yang dilakukan oleh banyak peneliti menunjukkan penerapan berbagai teknologi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia. Gambaran metode inovatif yang digunakan dapat dilihat dalam tabel berikut :

Tren Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Kimia 4 Tahun Terakhir di Jurnal Terindeks Eric
Tren Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Kimia 4 Tahun Terakhir di Jurnal Terindeks Eric

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun