Mohon tunggu...
yuni cici
yuni cici Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

tugas kuliah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Digitalisasi Menggunakan Media Sosial dalam Kampanye Pilpres

15 Februari 2024   23:28 Diperbarui: 15 Februari 2024   23:33 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TUGAS UAS LITERASI MEDIA DIGITAL KM 502

SRI WAHYUNI

210501010103

Digitalisasi menggunakan media sosial dalam kampanye pilpres

Di era digital seperti sekarang ini sangatlah memungkinkan untuk berkampanye menggunakan media sosial. Seperti facebook,twiter,Instagram bahkan tiktok ini adalah contoh dari kampanye modern, Dimana kampanya mengikuti perkembangan zaman dan lebih mudah untuk menyebarkan informasi politik dari calon presiden dan pemilihnya.

Peran literasi media digital dalam memahami dan menghadapi fenomena ini adalah memungkinkan pemilih untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dan membuat Keputusan sendiri untuk memilih informasi yang diterima sebagai bahan pertimbangan memilih calon presiden.

Salah satu media sosial yang dominan dalam kampanye pilpres adalah Instagram. Kampanye dilakukan dengan menggunakan foto, potongan-potongan video calon presiden saat sedang debat atau video mereka berkampanye, dan membuat video tersebut menarik ditambah dengan lagu yang bagus sehingga mendapatkan like,coment banyak akhirnya viral, dikenal banyak orang.

Kelebihan dari kampanya menggunakan media sosial :

  • Menyebarkan informasi politik lebih cepat dan luas
  • Bisa langsung tepat sasaran kepada pemilih
  • Meningkatkan efektifitas kampanye

Sedangkan kekurangan dari kampanye menggunakan media sosial

  • Lebih mudah dan cepat tersebarnya berita palsu atau hoaks
  • Adanya polarisasi politik
  • Membuat perpecahan pendukung fanatik dari masing-masing calon presiden

Peran literasi media digital untuk membantu masyarakat lebih kritis terhadap informasi yang tersebar:

  • Membantu masyarakat untuk mengetahui sumber informasi yang terpercaya
  • Mencari informasi dari berbagai sumber untuk mendapatkan informasi yang seimbang
  • Mengetahui apakah berita hoaks ,manipulasi gambar dan dis informasi

Tantangan etika yang sering muncul saat kampanye pilpres adalah tersebarnya berita palsu atau hoaks yang mengakibatkan berubahnya pandangan pemilih dan bisa merubah hasil dari pilpres itu sendiri. Literasi media digital dapat berperan dalam mengatasi atau meminimalkan tantangan tersebut dengan meminimalisasi tersebarnya berita hoaks, Masyarakat harus kritis terhadap smua berita yang di terima dan calon presiden harus transparan terhadap data yang dipakai, sumber dana serta taktik berkampanye.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun