Mohon tunggu...
Yuni Kartika
Yuni Kartika Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa

Universitas Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Teknologi Dalam Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Era Globalisasi

2 Mei 2021   23:19 Diperbarui: 2 Mei 2021   23:40 1618
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Penulis: Yuni Kartika 

Nim : 1081011500292

Semester : VI 

Prodi : FKIP/ PPKN Universitas Pamulang

Di dalam kehidupan manusia sehari-hari kita tidak akan terlepas dengan yang namanya belajar. Belajar tidak pernah mengenal usia dan tidak akan ada batasnya. Selama masih hidup di dunia manusia akan mengalami sebuah proses pengalaman demi pengalaman. Dan pada hakikatnya belajar adalah sebuah perubahan relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Begitu pun dengan dunia pendidikan yang di tempuh manusia untuk mempersiapakn diri dalam kehidupan yang akan datang baik secara formal maupun informal.

Di dalam dunia pndidikan itu sendiri belajar adalah sebuah proses akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons. Interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa itulah yang merupakan syarat utama bagi berlangsungnya proses belajar mengajar Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Di dalam sebuah proses pembelajaran subyek dari interaksi nya adalah guru dan siswa. Dan di dalam hal ini seorang guru sebagai pemegang peran utama.  

APA ITU KURIKULUM?

Di dalam pendidikan itu sendiri terdapat kurikulumnya. dan kurikulum ini bisa di bilang sebagai jantungnya pendidikan. Seorang guru sebagai peran utama dalam proses belajar mengajar harus memiliki sebuah landasan atau dasar sebagai bahan ajar dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas.

 Apa itu kurikulum? Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. 

Seorang guru yang profesional adalah guru yang dapat mempersiapkan segala sesuatunya dalam sebuah proses belajar mengajar di dalam kelas. Termasuk sebuah kurikulum. kurikulum yaitu berisi sebuah rancangan untuk mencapai sebuah keberhasilan dalam suatu pembelajaran dari setiap materi yang akan di ajarkan atau di sampaikan oleh seorang guru kepada siswanya.

LALU APA FUNGSI KURIKULUM BAGI GURU DAN SISWA?

Dalam peranannya sebagai landasan atau dasar bagi seorang guru Kurikulum juga memiliki sebuah fungsi bagi guru yaitu s       ebagai pedoman kerja dalam menyusun dan mengorganisir pengalaman belajar pada anak didik. Sebagai pedoman untuk mengadakan evaluasi terhadap perkembangan anak didik dalam rangka menyerap sejumlah pengalaman yang diberikan.

Seorang guru dapat memantau tingkat kemampuan peserta didik melalui sebuah kurikulum. dan dapat mengetahui sampai sejauh mana keberhasilan proses belajar mengajar yang telah di lakukan sesuai dengan tujuan yang telah di tentukan.

 Sedangkan fungsi kurikulum bagi peserta didik/ siswa yaitu sebagai sarana untuk mengukur kemampuan diri dan konsumsi pendidikan. Hal ini berkaitan juga dengan pengejaran target target yang membuat peserta didik dapat mudah memahami berbagai materi ataupun melaksanakan proses pembelajaran setiap harinya dengan mudah. Setiap siswa dapat mengetahui sejauh mana kemampuan dirinya dalam mengikuti setiap proses belajar mengajar yang di terimanya di dalam kelas

PROSES PERKEMBANGAN KURIKULUM

Di Indonesia sendiri dalam suatu sistem pendidikan, kurikulum itu bersifat dinamis yang harus selalu di lakukan perubahan dan pengembangan agar dapat mengikuti perkembangan dan tantangan zaman. dan perkembangan itu harus di lakukan secara teratur, dinamis, terarah dan memeiliki tujuan.

Sejak kemerdekaan tahun 1945 di Indonesia sendiri kurikulum telah mengalami perubahan sebanyak 11 kali. Perubahan kurikulum dimulai sejak tahun 1947, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, 2013, dan 2015. Dan yang paling terbaru adalah Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 ini hadir untuk menyempurnakan kurikulum sebelunya.  Perubahan tersebut konsekuensi logis dari terjadinya perubahan sistem politik, sosial budaya, ekonomi, dan iptek dalam masyarakat berbangsa dan bernegara.  

LALU BAGAIMANA PERAN TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI ERA GLOBALISASI SAAT INI?

Seiring dengan perkembangan zaman, dengan berbagai alasan dan rasionalisasi kurikulum Indonesia terus mengalami pergantian dari periode ke periode dan di dalam perkembangan zaman yang semakin hari semakin canggih dan memasuki era globalisasi saat ini satuan pendidikan harus mengikuti perubahan tersebut agar dapat mencapai suatu tujuan dan keberhasilan dalam pendidikan sesuai dengan yang telah di tentukan.

Seorang pendidik tidak mungkin tidak memerlukan sebuah teknologi dalam melaksakan tugas dan tanggung jawabnya. Di era Globalisasi saat ini segala hal bergantung dengan teknologi. begitupun di dalam menyusun sebuah kurikulum perencanaan pembelajaran baik sebagai sarana dan prasana maupun sebagai informasi. Dengan teknologi seorang guru dapat memantau sebuah perkembangan zaman dan mengikuti perkembangan kurikulum agar dapat menyesuaikan dan tidak tertinggal dengan lembaga pendidikan satu dengan yang lainnya.

Tidak dapat di pungkiri bahwa peran teknologi dalam suatu sistem pendidikan khususnya dalam perkembangan kurikulum saat ini sangat penting dan tidak dapat di pisahkan karena teknologi membawa pengaruh dan dampak dalam upaya memperbaharui dan menyempurnakan dalam proses pembentukan perencanaan sebuah kurikulum tersebut. Teknologi yang pada dasarnya adalah sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang termasuk akan memudahkan seorang guru dalam merancang sebuah kurikulum.

Seorang guru tidak dapat di katakana sebagai guru professional jika ia tidak dapat mengikuti sebuah perubahan zaman termasuk Era Globalisasi Tenologi saat ini. Guru yang professional adalah guru yang kreatif dan produktif dalam memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Sehingga dengan teknologi tersebut akan menghasilkan sebuah ide yang dapat membawa perubahan demi perubahan dalam sistem belajar mengajar kearah yang lebih baik lagi.

Terimakasih

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun