JURNAL DWIMINGGUAN
1.2.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.2
Dengan menggunakan MODUL REFLEKSI 4P yaitu peristiwa , perasaan, pembelajaran, dan penerapan.
Peristiwa
Modul 1.2 dimulai pada tanggal 1 april, pembahasan pertama Mulai diri dan Ekplorasi konsep - mandiri. Mulai diri mempelajari tentang trapesium usia, dimana CGP mengingat peristiwa negatif dan positif yang sudah di lalui oleh CGP. Setelah mempelajari trapesium usia, kemudian saya melakukan forum komunikasi yang ada di LMS, tentang nilai dan peran guru penggerak.
setelah berdiskusi di forum lms, saya melanjutkan mengerjakan modul 1.2. Modul 1.2, tentang peristiwa negatif dan positif, setelah itu mengerjakan modul eksplorasi konsep yang ada di LMS,dengan menjawab 22 pertanyaan. kemudian lanjut dengan 1.2.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2.
 Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2 membahas tentang menceritakan satu nilai yang ada di cgp, dan membuat 10 kegiatan yang akan dilaksanakan di sekolah masing-masing. Setelah menentukan satu nilai dan membuat 10 kegiatan, cgp juga harus memberikan komentar dan umpan balik sesama CGP. Setelah itu di lanjut dengan ruang koloborasi, di mana cgp di tentukan kelompokan oleh fasil.
Terdapat 3 kelompok , lalu kami berdiskusi tentang nilai dan peran cgp. kelompok kami , menuangkan nilai penguatan masing-masing personal, dan menentukan kegiatan apa yang akan di pilih, setelah melalui diskusi. Akhirnya tema berkelanjutan yang terpilih, tema tersebut akan di tuangkan kedalam kegiatan P5 yang mengangkat tentang pemanfaatan sampah menjadi bernilai. seharusnya setelah berdiskusi harus di presentasikan keesokan harinya.
presentasi tertunda hari raya idul fitri, mengakibatkan kami menunda pekerjaan, dan semangat mulai lowbet, karena fasil kami selalu memberikan surat cinta tentang motivasi, semangat itu bangkit Kembali. Tanggal 17 april 2024 kami berjumpa kembali untuk presentasi, semangat para rekan CGP, membuat saya bersemangat, dan saya juga memberanikan diri untuk menanggapi dan berkomentar, di dalam refleksi saya mendapat saran untuk meningkatkan Nilai inovasi.
Refleksi dari rekan kelompok akan saya tindak lanjut dan saya akan terus berupaya untuk mempunyai nilai-nilai yang harus di miliki oleh seorang CGP. Setelah nilai tersebut ada saya juga akan terus berupaya untuk mengimplementasikan kedalam kegiatan pembelajaran. Ruang koloborasi sudah, tinggal memperbaiki dan memsukan tanggapan dari rekan cgp lainnya, kemudia lanjut membuat refleksi jurnal dwimingguan dan aksi nyata. Allahmadulilah bisa terlewati.
Rangkain modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak. menyadarkan saya tentang modul 1.1.yaitu tentang filosopi KHD. setelah mempelajari kedua modul tersebut, saya berpikir , apakah kendala yang ada pada pembelajaran di kelas saya, diakibatkan oleh kurangnya saya menggunakan nilai dan peran-peran yang ada di cgp?
Banyak lagi pertanyaan yang ada di benak saya, ketika mengaitkan modul 1.2 dengan 1.1. Untuk bisa membawa pembelajaran yang berpihak pada siswa, sesuai kodrat alam, kodrat zaman, bisa menuntut siswa pada pembelajaran yang memerdekaan, dan menamkan karakter yang mengarah pada Propil Pancasila. Semua itu tidak luput dari peran Pendidik yang harus memiliki nilai-nilai guru penggerak, ketika nilai-nilai tersebut sudah di miliki oleh seorang pendidik, maka akan diimplemtasikan dalam setiap kegiatan, jika nilai dan peran sudah di terapkan, maka seorang pendidik sudah bisa menerapakan filosofi KHD pada setiap pembelajaran.
Perasaan
Perasaan ketika mengaitkan modul 1.2dengan modul 1.1 saya banyak bertanya kepada diri sendiri, istilahnya mengintropeksi diri, mungkin ketidak sempurnaan saya dalam menyajikan pembelajaran, dikarenakan saya belum Mengoptimalkan nilai dan peran yang ada pada setiap pendidik. dengan saran rekan cgp yaitu pak taufik dan pak romi saya akan mengembangan nilai inovasi. Semanagat
Pembelajaran
Pembelajaran yang saya dapat di modul 1.2 luar biasa, menyadarkan saya tentang nilai dan peran guru CGP. Bertanya pada diri sendiri, apakah sudah memiliki salah satu nilai tersebut? apakah saya melakukan peran nilai CGP ?berdiskusi menyadarkan pikiran kita untuk terbuka dan melihat situasi yang menjadi kendala, dengan memberi tanggapan masukan akhirnya solusi itu ada.
Penerapan
Langkah kongkrit saya akan lakukan setelah mempelajari modul 1.2 lalu di kaitkan dengan modul 1.1, dan di tambah saran dari rekan Cgp, maka saya akan menerapkan ke 5 nilai yang ada di cgp dan saya juga akan menerapkan filosopi KHD dalam menyajikan pembelajaran. Seperti saya akan menuntun siswa dalam mencapai kebahagian pembelajaran, memerdekan siswa, menyajikan pembelajaran yang sesuai kodrat dan zaman, membiasakan kebiasaan yang beradab sehingga kebiasan tersebut menjadi sebuah karakter.
Untuk bisa menerapkan nilai yang ada di cgp dan menerapkan filosopi KHD, maka saya akan terus mengembangkan diri. Seperti mengikuti webinar pembelajaran baik yang diadakan oleh dinas maupun diadakan di luar kedinasan, bekerjasama dengan rekan sejawat atau pihak lain dalam meningkatkan mutu pendidikan, terus berinovasi dalam membuat media pembelajaran, dan mengikuti segala tugas yang ada di PMM. Segala kegiatan yang saya paparkan tadi, semoga bisa menambah wawasan saya sehingga akan berdampak dalam menyajikan pembelajaran yang bermakna
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H