Mohon tunggu...
Yulya Yulimara
Yulya Yulimara Mohon Tunggu... Guru - Guru

Terbuka akan hal-hal positif, Berdamai dengan diri sendiri dan humoris menjadikan hidup lebih nyaman

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penggunaan Wordwall sebagai Alat Penilaian Formatif

17 Februari 2024   21:30 Diperbarui: 17 Februari 2024   21:41 769
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PENDAHULUAN

Dengan terus meningkatnya  media teknologi dalam dunia Pendidikan atau digitalisasi Pendidikan , memotivasi penulis untuk terus mengembangkan media-media pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan materi ajar dan kebutuhan peserta didik.  Wordwall merupakan salah satu platform sebagai alat penilaian formatif di kelas yang dinilai efektif dan efisien, dengan disertai fitur fitur yang mendukung baik untuk guru maupun peserta didik.  Selain itu, Wordwall dapat  diakses melalui gadget, sehingga relative lebih mudah untuk digunakan.

TUJUAN

Tujuan dari laporan pembuatan media inovasi ini adalah:

  • Memvariasikan media pembelajatan interaktif yang menarik dan menyenangkan.
  • Meningkatkan antusiasme dan keaktifan peserta didik
  • Meningkatkan hasil belajar peserta didik.
  • Mencapai tujuan pembelajaran
  • Membantu memudahkan pembuatan, penyimpanan dan berbagi bank soal online.
  • Mengoptimalkan proses pembelajaran
  • Meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam penilaian.

METODE

  • Menganalisis kebutuhan dan karakter peserta didik
  • Menganalisis karakter materi pembelajaran
  • Menganalisis fitur-fitur yang ditawarkan oleh platform Wordwall
  • Menentukan fitur yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran
  • Mengembangkan konten dan cara mengakses wordwall sebagai alat penilaian formatif.
  • Mengimplementasikan wordwall sebagai alat penilaian formatif yang dapat diakses secara online.

DESKRIPSI MEDIA

Wordwall merupakan aplikasi berbasis website ysng dspst digunsksn untuk mrmbust media pembelajaran ataupun menjadi sumber belajar.  Wordwal sebagai media interaktif yang menyediakan sejumlah template menarik seperti : Quiz, Match Up, Crossword, Maze Chase, Crosswords, balloon Pop dan lain-lain.

KEUNGGULAN

Keunggulan utama penggunaan Wordwall untuk penilaian formatif adalah fleksibilitasnya dalam menciptakan berbagai jenis pertanyaan dan aktifitas evaliasi serta kemampuannya untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik secara instan.  Di samping itu Wordwal secara otomatis menyajikan analisis dan hasil perolehan nilai peserta didik secara akurat.

TANTANGAN dan CARA MENGATASI

Sebagai tantangan yang ditemui pada penggunaan Wordwall yaitu memastikan kesesuaian materi dengan media.  Selain itu, platfprm ini  berbasis website online yang memerlukan internet stabil. 

Untuk mengatasi hal tersebut, penulis terlebih dahulu menentukan tujuan pembelajaran, kemudian memilih template yang sesuai dengan materi dan tujuan,  terakhir memastikan stabilitas internet.

 

HASIL

Wordwall sebagai alat penilaian formatif ini berhasil dikembangkan dan diterapkan di beberapa kelas di SMPN 1 Ciparay kelas 7.  Dengan penggunaan alat penilaian formatif ini terbukti terdapat peningkatan semangat peserta didik untuk menyelesaikan penilaian dengan benar dan tepat waktu serta tujuan pembelajaran tercapai.  Penulis juga menerima umpan balik positif baik dari rekan guru maupun dari peserta didik. 

KESIMPULAN

Penggunaan wordwall sebagai alat penilaian formatif dapat membantu guru dalam Menyusun penilaian,  menganalisis hasil danmemberi umpan balik kepada peserta didik tanpa membutuhkan wakyu yang lama.  Dengan kata lain, wordwall membantu proses penilaian lebih efektif dan efisien.  Dan yang paling penting, memberikan pengalaman baru bagi peserta didik dalam pembelajaran.

REFERENSI

Fauziyah, Adilah.  Vol. 7, No. 1, 2023.  there is an increase in learning outcomes after using Wordwall media compared to the learning outcome before the implementation.  https://scholar.google.com/scholar?start=60&q=meningkatkan+keaktifan+siswa+dalam+belajar+bahasa+inggris+melalui+TPACK&hl=id&as_sdt=0,5

Hasil Pengembangan Wordwall bahwa Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Wordwall dapat meningkatkan kreativitas kognitif yang terlihat dari hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris yang sangat baik bagi siswa yang menggunakan media pembelajaran tersebut (Novyanti, 2022)

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/download/13250/7750

SS Crosswords Wordwall
SS Crosswords Wordwall

SS Quiz Wordwall
SS Quiz Wordwall

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun