Mohon tunggu...
Yulika DwiWulansari
Yulika DwiWulansari Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis yang bejo

Khoirunnasi 'anfa'uhumlinnasi

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Pengertian Aliran Esensialisme Filsafat Pendidikan

13 Mei 2020   12:10 Diperbarui: 21 Juni 2021   01:23 2932
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengetahui Pengertian Aliran Esensialisme Filsafat Pendidikan (unsplash/freestocks)

Bissmillahirrohmanirrohim

Pengertian Filsafat pendidikanEsensialisme

Esensialisme merupakan pendidikan yang di dasari oleh nilai-nilai kebudayaan lama, aliran ini mempertahankan kebudayaan lama karena menurut aliran ini kebudayaan lamalah yang benar dan harus di pertahankan tanpa harus membuat kebudayaan baru.

Tokoh-tokoh dan Pemikirannya:

1. William C. Begley

William berpemikiran bahwa esensialisme merupakan aliran yang teorinya sangat kuat di bidang pendidikan, menurut teori ini dari upaya proses memberi pelajaran yang menarik.

Maka minat belajar dari seorang peserta didik akan timbul dengan sendirinya, dan bimbingan awal dari keluargalah yang dapat membentuk karakter seorang anak.

Baca juga : Filsafat Pendidikan dan Konvergensi Pembelajaran di Masa New Normal

Nantinya karakter tersebut yang akan melekat pada diri seorang anak tersebut, karena keluarga memiliki peran pertama dan utama dalam pendidikan seorang anak.

2. Thomas Briggs

Menurut pemikirannya aliran esensialisme ini sudah tepat dan benar dengan mempertahankan kebudayaan lama, dengan pernyataan ini aliran ini menganggap bahwa aliran progresivisme sangat bertolak belakang dengan aliran esensialisme.

Baca juga : Filsafat Pendidikan Pragmatisme dan Tokoh-tokoh Pemikiran Filsafat Pragmatisme

3. Frederick Breed

Frenderick berpemikiran bahwa aliran esensialisme merupakan aliran yang mementingkan apa yang mendukung seseorang peserta didik untuk belajar, jadi aliran ini tidak terlalu menekan kan kepada apa yang dipelajari oleh peserta didik melainkan menekankan pada faktor pendukungnya.

4. L. Kendel

Menurut pemikirannya materi yang diberikan disebuah sekolah merupakan pendidikan yang berfungsi sebagai sumber nilai-nilai yang mengatur prilaku siswanya bukan sebagai penyelesaian untuk masalah sosialnya.

Baca juga : Filsafat Pendidikan, Ilmu Biologi, dan Agama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun