Mohon tunggu...
Yuliati Dewisaputri
Yuliati Dewisaputri Mohon Tunggu... Guru - slb negeri salatiga

saya seorang guru berkebutuhan khusus. hobi saya membaca dan saat ini mau mencoba membuat artikel untuk meningkatkan kompetensi sebagai guru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan PJBL pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VII Materi IPA Daur Hidup Kupu-Kupu di SLB Negeri Salatiga

23 Januari 2023   15:47 Diperbarui: 23 Januari 2023   15:51 1100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yuliati Dewi Saputri, S.Pd

Fase Pertama Pengenalan Masalah, guru menayangkan sebuah video daur hidup kupu - kupu. Dari penayangan vidio tersebut, anak menggali informasi yang telah dilihatnya dengan melakukan tanya jawab yang di bimbing oleh guru.

Fase Kedua Penyusunan Rancangan Proyek, guru membentuk kelompok, membagi menjadi 3 kelompok dengan masing-masing anggota berjumlah 4 siswa. Setelah berkelompok, siswa diberikan LKPD untuk dikerjakan secara bersama-sama dan mendiskusikan hasilnya. Guru memberikan bimbingan atau pemantauan dalam pengerjaan LKPD, sehingga anak lebih mudah dalam memahami materi yang dipelajari.

Fase 3 Menyusun Jadwal. Selesai berdiskusi, siswa di minta untuk membuat proyek hasil karya berupa daur hidup kupu - kupu. Sebelumnya siswa dan guru mendiskusikan lamanya membuat proyek tersebut. Proyek pembuatan hasil karya dilaksanakan selama 20 menit.

Fase 4 Pelaksanaan dan Monitoring Kemajuan Proyek. Pada fase ini guru menyangkan video contoh cara membuat hasil karya daur hidup kupu -- kupu dan siswa menyimaknya. Siswa membuat daur hidup kupu - kupu. Mereka sangat senang dan antusias ketika mereka membuat hasil karya tersebut. Selesai membuat hasil karya, mereka mendiskusikan bersama kelompoknya untuk menyebutkan tahap daur hidup kupu - kupu. Dalam hal ini guru sangat berperan penting dalam proses pembimbingan dikarenakan siswa masih kesulitan dalam menuangkan idenya.

Fase 5 Menguji Hasil. Setelah selesai, masing-masing kelompok akan mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Semua anggota maju untuk membacakan hasil diskusi kelompok. Bagi kelompok yang sudah maju akan diberikan tepuk tangan untuk memotivasi dan menambah semangat mereka.

Fase 6 Mengevaluasi Pengalaman. Setelah semua kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing, guru menyimpulkan hasil diskusi dan memberikan penguatan dengan meluruskan dan membenarkan jika ada jawaban yang kurang tepat.

Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada materi yang belum dipahami. Guru memberikan evaluasi yang dikerjakan siswa secara mandiri untuk mengukur sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi. Guru memberikan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan dan menutupnya dengan doa.

Sumber atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah:

1. Laptop

2. LCD

3. Tayangan video daur hidup kupu -- kupu

4. .Tayangan video cara membuat hasil kupu

5. LKPD

6. Hasil karya daur hidup hewan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun