Mohon tunggu...
Hj YuliantiSenaputri
Hj YuliantiSenaputri Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN 2 Cibunigeulis Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya

Teacher and Mompreuner

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lokakarya 7 Panen Raya CGP Angkatan 6 Kota Tasikmalaya

18 April 2023   03:09 Diperbarui: 18 April 2023   03:10 599
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo bersama Fasilitator, Herlina Endah Lestari, s.Pd., M.Aud. dan Pengajar Praktik Ilah Sarilah, S.Pd., M.Pd. (Dokpri)

LOKAKARYA 7

FESTIVAL PANEN HASIL BELAJAR

 

Hj. YULIANTI SENAPUTRI, S.Pd., M.Pd.

SDN 2 CIBUNIGEULIS KOTA TASIKMALAYA

CGP ANGKATAN 6 KOTA TASIKMALAYA

 

Peristiwa (Fact)

Lokakarya 7 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kota Tasikmalaya dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : Jumat - Sabtu, 14 -15 April 2023

Tempat            : SMKN 1 Kota Tasikmalaya

  Jalan Mancogeh No. 26 Kelurahan Nagarasari Kecamatan Cipedes

  Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat

Kegiatan Lokakarya 7 pada hari pertama (Jumat, 14 April 2023) merupakan sesi kelas berbagi. Seluruh CGP berada dalam satu ruangan. Pada awalnya kami harus menampilkan program unggulan dari tiap kelompok PP, tetapi setelah adanya arahan dari BBGP maka yang ditampilkan hanyalah perwakilan dari tiap jenjang pendidikan. 3 orang kandidat yang sudah disepakati secara bergiliran memaparkan program unggulan masing-masing. Pemaparan programnya sangat bagus dan inspiratif, terutama tentang pengolahan sampah menjadi Eco Enzym.

Kelas berbagi ini dihadiri oleh perwakilan dari BBGP, Bapak Dede Muharam sebagai Ketua Komisi 4 DPRD Bapak Jalaludin (Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan) sebagai Perwakilan dari Bapak PJ Walikota Tasikmalaya, Ibu Ir. Hj. Ely Suminar, M.P sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Bapak H. Nanang Suhara, S.Pd., M.M. sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Bapak Indra Risdianto, S.T. sebagai Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Bapak cecep Susilawan sebagai Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Bapak Kendra Rodiyansah sebagai Kepala Seksi Pembinaan Guru dan Tenaga kependidikan PAUD dan SD. Selain itu hadir juga beberapa perwakilan dari pengawas sekolah, Praktisi pendidikan, dan Kepala Sekolah CGP.

Kelas berbagi berakhir sampai pukul 11.30 dan dilanjutkan dengan kegiatan esok harinya yaitu mempersiapkan stand untuk pameran hasil karya selama mengikuti PGP. Kami membawa hasil karya anak di sekolah kami untuk dipajangkan, yang mana hasil karya tersebut sebagai bukti fisik penerapan program PGP di sekolah masing-masing. Stand pameran dihias sedemikian rupa sesuai konsep yang disepakati oleh kelompok masing-masing PP.

Kegiatan Lokakarya hari kedua merupakan ajang performa kebolehan CGP setiap PP. Kami harus munjukkan penampilan sesuai kemampuan dan kesepakatan tiap kelompok PP. Sesi ini sangat meriah sekali. Penampilan dari 9 kelompok CGP sangat luar biasa. Setelah itu seluruh tamu undangan dipersilahkan untuk melihat hasil karya para CGP di ruang pameran yang sudah kami sediakan. Tak lupa ada souvenir di setiap stand sesuai dengan program unggulan masing-masing kelompok.

Perasaan (Feeling)

Panen Raya. Alhamdulillah, saya sangat bersyukur sudah sampai di penghujung kegiatan PGP yaitu panen raya. Kami para CGP sangat menanti-nanti momen ini. Dimana panen raya ini merupakan puncak acara dari Pendidikan Guru Penggerak. Kami sangat bersuka cita. Kami memeriahkan Panen Raya ini dengan sangat antusias dan semangat yang menggebu.

Pembelajaran (Finding)

Banyak pembelajaran yang didapat. Kolaborasi antar kelompok sangat terlihat. Dimana kami bersama-sama mempersiapkan segala sesuatunya. Kami bekerjasama tanpa lelah demi mensukseskan kegiatan lokakarya dan panen raya ini. Kami berusaha saling melengkapi. Tidak ada persaingan antar CGP ataupun antar kelompok. Kami saling menghargai hasil karya masing-masing. Selain itu kami juga saling mengingatkan bahwa dengan berakhirnya Pendidikan Guru Penggaerak bukan berarti selesai tugas kita sebagai CGP tetapi inilah titik awal dari seorang Guru Penggerak, dimana kami harus bisa menerapkan seluruh ilmu yang didapat agar lebih bermanfaat baik itu di sekolah, di masyarakat maupun di komunitas praktisi yang lain.

Penerapan ke Depan (Future)

Berkolaborasi dengan rekan sejawat mengenai program sekolah yang dapat dilaksanakan. Berbagi dan bekerjasama dengan komunitas praktisi untuk mewujudkan cita-cita Merdeka Belajar.

"Ini bukan akhir, tapi awal titik mula untuk memulai perjalanan menjadi penggerakperubahan pemimpin Indonesia" (Iwan Syahril_Dirjen GTK)

Tema Stand SARAKAN JAMPARING (Dokpri)
Tema Stand SARAKAN JAMPARING (Dokpri)

Persiapan Lokakarya 7 (Dokpri)
Persiapan Lokakarya 7 (Dokpri)

Photo Hasil Karya Siswa SDN 2 Cibunigeulis Kota Tasikmalaya (Dokpri)
Photo Hasil Karya Siswa SDN 2 Cibunigeulis Kota Tasikmalaya (Dokpri)

Portofolio Digital Pendidikan Guru penggerak (Dokpri)
Portofolio Digital Pendidikan Guru penggerak (Dokpri)

Kunjungan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya
Kunjungan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya

Sesi Kelas Berbagi (Dokpri)
Sesi Kelas Berbagi (Dokpri)

Kunjungan Kepala Bidang PSD dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya (Dokpri)
Kunjungan Kepala Bidang PSD dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya (Dokpri)

Performance Kelompok NGABASO, NGAriung BAbarengan SOson-soson (Dokpri)
Performance Kelompok NGABASO, NGAriung BAbarengan SOson-soson (Dokpri)

Photo bersama Fasilitator, Herlina Endah Lestari, s.Pd., M.Aud. dan Pengajar Praktik Ilah Sarilah, S.Pd., M.Pd. (Dokpri)
Photo bersama Fasilitator, Herlina Endah Lestari, s.Pd., M.Aud. dan Pengajar Praktik Ilah Sarilah, S.Pd., M.Pd. (Dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun