JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUANMODUL 1.4
BUDAYA POSITIF
Hj. Yulianti Senaputri, S.Pd., M.Pd.
SDN 2 Cibunigeulis
Kota Tasikmalaya
CGP 6
Six Thinking Hats
Topi Putih
Menuliskan informasi sebanyak-banyaknya terkait
pengalaman yang terjadi (fakta)
Topi Merah
Menggambarkan perasaan terkait dengan topik
yang sedang dibahas
Topi Kuning
Menuliskan hal-hal positif yang terjadi dengan
topik tersebut
Topi Hitam
Menuliskan kendala, hambatan atau risiko dari
tindakan/peristiwa yang sedang dibahas
Topi Hijau
Menjabarkan ide-ide yang muncul setelah
mengalami peristwa tersebut
Topi Biru
Menarik kesimpulan dan membandingkan dengan
tujuan yang telah ditetpkan sebelumnya
Informasi Terkait
Pengalaman
10 Oktober 2022 - Mulai dari diri
Kegiatan ini saya melaksanakan pengamatan dan
refleksi tentang bagaimana kita dapat menciptakan
sebuah budaya positif dan membaerikan tanggapan di
kolom harapan yang sudah tersedia di LMS
11 Oktober 2022 - Eksplorasi konsep
(mandiri)
Kegiatan ini saya dapat pengetahuan awal tentang
konsep pendidikan KHD dihubungkan dengan konsep
budaya dan lingkungan positif di sekolah
12 Oktober 2022 - Eksplorasi konsep
kegiatan ini saya membuat kesepakatan dan keyakinan
kelas bersama seluruh siswa.
LINK: https://youtu.be/L8pcqAz0oRw
13 Oktober 2022 - Eksplorasi konsep
(forum diskusi)
Saya Bersama CGP yang lain berdiskusi dan
mengenal perubahan paradigma konsep displin
positif dan motivasi keyakinan kelas, pemenuhan
kebutuhan dasar 5 posisi kontrol dan segitiga restitusi.
14 Oktober 2022 - Ruang kolaborasi
(diskusi kelompok)
Kegiatan ini saya bersama fasilitator dan CGP lainnya
menganalisis sebuah kasus untuk penerapan segitiga
restitusi
15 Oktober 2022 - Ruang Kolaborasi
(sesi 2)
Presentasi hasil diskusi kelompok
LINK:
https://drive.google.com/file/d/1RMfbM7nCB
gXT5f0DGqP8xuLdW8CHsony/view?
usp=sharing
16-17 Oktober 2022
Mengumpulkan tugas PPT dari hasil diskusi kelompok
18-19 Oktober 2022 - Demonstrasi Kontekstual
(praktik segitiga restitusi)
Kegiatan ini saya melakukan praktek penerapan
segitiga restitusi dengan dua contoh kasus bersama
murid saya.
LINK: https://youtu.be/ku_9EAXSY5E
20-21 Oktober 2022
Elaborasi pemahaman bersama instruktur Anggi Rizka
Pustika
22 Oktober 2022 - Koneksi antar materi
Merancang untuk kegiatan aksi nyata
24 Oktober 2022
Pendampingan individu bersama Pengajar praktik
Ibu Ilah Sarilah, S.Pd., M.Pd.
25 Oktober 2022
Melaksanakan diseminasi penyebaran pemahaman
dan penerapan disiplin positif yang dilaksanakan di
SDN 2 Cibunigeulis Kota Tasikmalaya bersama Ibu
Kepala Sekolah Hj. Tini Wartini, S,Pd., M.Pd. dan
rekan guru-guru yang lain sebanyak 15 orang
lINK: https://youtu.be/bS29PV5ZZzU
25 Oktober 2022
Mengerjakan post test modul 1 sebagai evaluasi
pemahaman
27 Oktober 2022
Aksi nyata yang harus diunggah di youtube dan di
Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada forum
Berbagi Aksi Nyata
30 Oktober 2022
Jurnal dwi mingguan modul 1.4
Perasaan
Pembelajaran di modul 1.4 ini saya merasa
tertantang dalam menerapkan budaya
positif di lingkungan sekolah. Dan saya
merasa senang karena dari banyaknya
kegiatan yang saya lakukan bersama rekan
CGP lainnya, saya dapat menambah
wawasan dan juga pandangan baru terkait
topik yang dibahas.
Hal-hal Positif & Manfaat
Saya dapat memahami peran dan posisi
kontrol saya sebagai guru serta dapat
lebih mengerti bagaimana cara untuk
menyelesaikan masalah dengan
penerapan segitiga restitusi. Lalu selain
itu juga saya menjadi paham bagaimana
cara menciptakan keyakinan kelas yang
membangun budaya positif.
Saya lebih memahami peran dan posisi
kontrol saya selama ini sebagai guru
baik mengenali kekuatan maupun
kelemahan saya.
Kendala & Hambatan
Kendala yang saya rasakan yaitu pada saat
penerapan budaya positif. Mengingat
linkungan sekolah saya masih belum paham
akan kesadaran budaya positif maka dari itu
saya memerlukan usaha yang lebih seperti
memperkenalkan melalui sosialisasi
mengenai budaya positif secara konsisten
untuk menumbuhkan kesadaran budaya
positif di sekolah.
Jabarkan Ide
Berusaha meningkatkan kemampuan diri
untuk penerapan budaya positif di
kelas/sekolah
Memberikan pandangan lain mengenai
budaya positif kepada rekan guru di
sekolah agar dapat bekerja sama dalam
menciptakan budaya positif di sekolah.
Membuat keyakinan kelas dengan murid
dan juga membuat keyakinan sekolah
bersama kepala sekolah serta rekan
guru
Kesimpulan
Refleksi diri sangat penting untuk dilakukan
karena dengan cara tersebut guru dapat
mengenal dirinya sendiri lebih baik,
mengetahui kekurangan lalu
memperbaikinya serta mengetahui
kelebihan lalu mempertahankannya.
Pentingnya mengetahui kekurangan lalu
memperbaikinya agar sifat tersebut tidak
ditiru oleh murid sehingga akan terciptanya
lingkungan positif. Lingkungan positif dapat
mendukung kita dalam mewujudkan profil
pelajar siswa dan juga menjadikan sekolah
yang mempunyai budaya positif.
DOKUMENTASI
Kesepakatan kelas
Ruang Elaborasi
Kolaborasi Pemahaman
Terima kasih kepada
Pendamping Praktik,
Ilah Sarilah, S.Pd., M.Pd.
dan Fasilitator,
Herlina Endah Lestari,
S.Pd., M.Aud.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H