https://anyflip.com/mkycz/vyvz
Nilai dan Peran Guru Penggerak
Hj. Yulianti Senaputri, S.Pd., M.Pd.
CGP Angkatan 6
Kota Tasikmalaya
Refleksi 4F
1. FactÂ
2. FeelÂ
3. FindingÂ
4. Future
1. Fact ( Peristiwa)
Mempelajari dan mengerjakan kegiatan yang ada di LMS Modul 1.2
tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak.
1.2.a.3 Mulai dari diri, Aktifitas pembelajaran dipelajari mulai hari Senin, 12 September 2022.
Saya belajar mengenai trapesium usia.Â
Di forum diskusi kami saling bercerita pengalaman masing-masing, baik itu pengalaman yang menyenangkan atau
pengalaman yang menyedihkan. Kami diberi tugas untuk membuat trapesium usia dan refleksinya, serta menyatakan nilai dan peran guru penggerak. Saya membuat dalam bentuk video sederhana dan diunggah ke Youtube dengan link sebagai berikut :
1.2.a.4 Eksplorasi Konsep, aktifitas pemeblajaran dilaksanakan pada hari selasa, 13 september 2022 dan rabu, tanggal 14 September 2022 secara mandiri. Ada 22 konsep yang harus dipelajari. Dan dari setiap konsep tersebut peserta CGP wajib memberi catatan di LMS (Learning Management System) berupa refleksi, hasil pemahaman kita dan memberikan tanggapan kepada peserta yang lainnya.
1.2.a.5 Ruang Kolaborasi, ruang Kolaborasi sesi pertama dilaksanakan pada hari Kamis, 15 September 2022
Kegiatan ini dipandu oleh ibu Fasilitator, yaitu Ibu Herlina Endah Lestari dan didampingi oleh 2 pengajar praktik yaitu Ibu Ilah Sarilah dan Bapa Yayan. Pada kegiatan ini peserta CGP dibagi menjadi 3 kelompok yang diacak. Tiap kelompok diberi tugas membuat
karya/kegiatan berbasis kekuatan nilai dan peran Guru Penggerak.
Ruang Kolaborasi sesi kedua dilaksanakan pada keesokan harinya yaitu hari Jumat, 16 September 2022 pukul 15.45 sampai 18.00. Kegiatan yang dilakukan adalah presentasi kelompok hasil diskusi pertemuan sebelumnya, Tanya jawab dan penguatan oleh fasilitator. Dilanjutkan dengan memberi surat apresiasi kepada salah satu peserta CGP berkaitan dengan nilai dan peran yang sudah terlihat dari peserta CGP tersebut. Hasil diskusi diperbaiki sesuai dengan hasil diskusi bersama kelompok lain, dan diunggah pada youtube dengan link sebagai berikut :
1.2.a.6 Demonstrasi Kontekstual, dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 19 September 2022.
Dilaksanakan secara mandiri dengan tugas membuat narasi yang menggambarkan kita sebagai guru penggerak telah menjalani sebagai GP selama 3 tahun. Untuk tugas kali ini saya membuat video sederhana dan diunggah ke Youtube dengan link
1.2.a.7 Elaborasi Pemahaman dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 22 September 2022 pukul 15.00 sampai pukul 17.30 dengan instruktur Ibu Cucu Hadiati. Kegiatan dilakukan secara mandiri dan berdiskusi di ruang maya bersama instruktur, Ibu Fasilitator dan Ibu juga Bapa Pengajar Praktik. Membahas tentang tahapan tumbuh kembang anak, cara kerja otak, 5 kebutuhan dasar manusia, dan mewujudkan profil pelajar Pancasila. Ada beberapa pertanyaan pemantik yang harus dijawab, adapun aturan menjawabnya bisa dengan cara mengacungkan tangan saat diskusi(menjawab langsung) atau ditulis pada kolom komentar. Mengirimkan jawaban pada kolom komentarpun harus dilakukan secara bersamaan, dihitung mundur oleh ibu instrukturnya.
1.2.a.8 Koneksi Antar Materi
Kegiatan ini dilaksanakan secara mandiri. Hasil refleksi koneksi antar materi modul 1.1 Refleksi Pemikiran Filosofis Ki Hajar Dewantara dan 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak diunggah di LMS. Selain itu saya membuat video sederhana yang saya unggah di Youtube dengan link sebagai berikut :
1.2.a.9 Aksi Nyata
Untuk aksi nyata melaksanakan penerapan dengan tema "Pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin serta dapat dilakukan sendiri dari sekarang."
Pada aksi nyata ini saya berupaya menerapkan nilai dan peran guru penggerak sesuai dengan materi yang sudah saya terima dan siap
diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
2. Feeling ( Perasaan)
Perasaan yang saya rasakan ketika mempelajari modul ini adalah saya merasa bersyukur telah mengikuti kegiatan ini.
Rasa lelah terbayarkan dengan bertambahnya ilmu dan wawasan baru. Saya merasa sangat termotivasi untuk lebih mendalami tentang nilai dan peran guru penggerak dan ingin segera melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa.
3. Finding ( Pembelajaran)
Setelah mempelajari modul 1.2, saya lebih memahami peran yang dapat saya terapkan sebagai guru penggerak. Memahami bahwa nilai-nilai guru Penggerak yang dipelajari pada modul 1.2 menguatkan peran guru penggerak untuk membawa perubahan di sekolah.
4. Future( Penerapan)
Merefleksikan pembelajaran yang sudah saya lakukan dan mengaplikasikan apa yang sudah saya ketahui dan saya pahami tentang nilai dan peran guru penggerak ke dalam kehidupan sehari-hari baik dalam pembelajaran di kelas, di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
Mandiri dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksi saya sebagai guru.Â
Selalu berusaha meningkatkan kemampuan saya dengan cara mengikuti berbagai pelatihan, baik online maupun offline.
Berkolaborasi dengan rekan sejawat, kepala sekolah, pengawas, dan wali murid untuk mencapai tujuan pendidikan.
Berinovasi menciptakan hal-hal baru baik dalam metode maupun dalam media pembelajaran sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.
Yang paling penting bersikap among atau menuntun siswa sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.
Terima Kasih.
Salam dan Bahagia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H