Mohon tunggu...
Yuliani
Yuliani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa, Universitas Pendidikan Indonesia

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi tentang Peran Penting Sosial Media untuk Memajukan Ekonomi Melalui UMKM di Kampung Cileweung

11 Agustus 2022   15:10 Diperbarui: 11 Agustus 2022   15:30 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN TEMATIK UPI: SOSIALISASI TENTANG PERAN PENTING SOSIAL MEDIA UNTUK MEMAJUKAN EKONOMIDI KAMPUNG CILEWEUNG 

Disusun oleh:

Yuliani (1902351), Hendri Nusantara

Kegiatan kuliah kerja nyata yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2022 mengusung Tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis, SDG’s Desa dan MBKM. Pelaksanaan kuliah kerja nyata kali ini dimulai pada tanggal 11 Juli 2022 sampai dengan 10 Agustus 2022 dengan persebaran lebih dari 100 kelompok yang berada di seluruh Indonesia. 

Kelompok 88 telah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa. Dengan tema "Pemerdayaan UMKM ".

KKN Tematik yang dilakukan berlokasi di Kota Cimahi, yaitu di Kampung Cileweung, RW. 19 Kelurahan Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Kedatangan Mahasiswa KKN Tematik 88 UPI di RW 19 Kampung Cileweug, Kelurahan Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi. disambut baik oleh aparatur kelurahan, petinggi- petinggi kampung, masyarakat kampung cileweung dengan sangat ramah menerima kedatangan dan mengharapkan kerjasama untuk membantu berjalannya program kerja atau berbagai keperluan yang dibutuhkan pada pelaksanaan KKN.

KKN UPI kali ini terbagi ke dalam beberapa program, salah satunya adalah pertumbuhan ekonomi merata yang terbagi kedalam program kerja, yaitu Melakukan sosialisasi pendampingan UMKM berupa cara pemasaran dengan menggunakan teknologi berupa platform WhatsApp, Sosialisasi Pentingnya dalam dunia kerja, Dan membuat sebuah caption untuk pemasaran. 

Dengan memberikan sosialiasi tersebut sedikitnya bisa membantu mengurangi serta mengatasi permasalahan yang dialami, sehingga dapat terwujudnya pengembangan pemasaran terhadap UMKM.

Ekonomi adalah aktivitas perilaku manusia (sosial) yaitu berupa kegiatan produksi, distribusi, serta konsumsi terhadap barang dan jasa. atau usaha usaha manusia dalam mencapai kemakmuran. Untuk mencapai kemakmuran, manusia akan melakukan aktivitas ekonomi seperti konsumsi, prosuksi, dan distribusi.

Hal tersebut dapat memunculkan masalah ekonomi yaitu tidak seimbangnya kebutuhan manusia yang tak terbatas dengan jumlah barang atau produksi yang makin terbatas.

Fokus pengembangan program KKN pada tema pemerdayaan UMKM. Program yang dilaksanakan adalah mendata UMKM yang ada di kampung cileweung dan sosialisasi tentang peran penting sosial media untuk memajukan ekonomi. Sejumlah Rukun Warga atau RW 19 di  Kampung Cileweug, Kelurahan Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi. 

yang menjadi subjek kegiatan KKN pengumpulan data terkait dengan UMKM. bahkan kedatangan mahasiswa KKN di sambut dengan baik oleh RW yaitu bapak koswara selaku RW 19.

Dokpri
Dokpri
Poto Bersama bapak Koswara selaku RW 19


Pelaksanaan KKN yang berlangsung di Kawasan kampung Cileweung berjalan dengan baik dan sesuai dengan program yang sudah di buat. sebelum ke program pada pendataan tingkat UMKM terlihat bahwa masyarakat di kampung cileweung sangat kreatif dalam pengolah UMKM dengan bahan pokok yaitu susu murni. 

kondisi saat ini ditunjukan dengan adanya data produk yang di hasilkan UMKM berupa permen kacida, bolu susu, yougort ciyoo, sistik, dan sabun cipageran.

Pelaksanaan sosialisasi yang berkaitan dengan ekonomi dikampung cileweung kepada pelaku UMKM bukan hanya sosialisasi biasa. Sosialisasi tersebut dilaksanaka setalah pengamatan atau observasi langsung kepada bapak koswara selaku RW 19 kampung cileweung. Bawasannya kegiatan UMKM di kampung tersebut sudah berjalan sejak taun 2017 sampai dengan tahun Sekarang 2022. 

Diperoleh kesimpulan bahwa warga pelaku UMKM hanya mamproduksi tanpa pemasaran yang luas. dan kurang mengeksplorasi dirinya untuk memasarkan secara pribadi tanpa adanya perantara. 

Pemasaran yang sudah di prosuksi oleh pelaku UMKM biasanya di simpan di tempat yang sudah di sediakan oleh keluarahan yaitu berupa grai sebagai naungan pemasaran produk tersebut. 

Sosialisasi yang di adakan dengan memperkenalkan web atau aplikasi seperti WhatsApp, Fb. Kegiatan lainnya yaitu membantu masyarakat pelaku UMKM membuat caption semenarik mungkin dan mensosialisasikan manfaat poto produk semenarik mungkin agar konsumen tertarik dengan hasil produknya. 

Selain itu kami juga membantu berupa pembuatan pamlet promosi, caption promosi. Hal tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya pelaku UMKM dapat mengeskplorasi pembelajaran lebih jauh dan lebih luas.

   

Dokpri
Dokpri
Poto kegiatan sosialisasi UMKM


            Selain itu juga kami melakukan penyuluhan ke masing-masing UMKM sebagai pendampingan untuk pemasaran secara luas yang meliputi :

   

Dokpri
Dokpri
UMKM Yogurt Ciyoo        

                            

Dokpri
Dokpri
UMKM Yogort Permen Kacida

Dokpri
Dokpri
 UMKM Bolu Susu dan cheese sticks

Dokpri
Dokpri

UMKM Sabun Susu Cipageran

Tujuan akhir dari KKN yang dilakukan adalah untuk membantu masyarakat terutama pelaku UMKM untuk meningkatkan pemasaran yang lebih luas dan bagaimana cara untuk memaksimalkan hasil produksi guna meningkatkan ekonomi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun