Tiga sahabat sohib sedang duduk bersama,ini pertemuan pertama sejak saat 2 tahun yang lalu terakhir bertemu. Mereka bertiga sejak SMA sudah saling kenal, selalu bersama, dan sangat peduli satu sama lain.
Kondisinya hari ini sangat berbeda ketika mereka bertemu bersama 2 tahun yang lalu.
"Wah, kamu luar biasa ya sekarang?" Kata Pak Panna kepada kedua temannya Pak Viriya dan Pak Khanti. Saya turut berbahagia mendengar berita dari kalian.
2 tahun dua yang lalu, diantara mereka ada 2 teman yang terpuruk karena pandemi, semua usahanya tidak berjalan mulus, karena kondisi yang sangat memprihatinkan mereka akhirnya bertiga, saling menyemangati, memberikan arahan, dan saling mendukung.
Satu teman Bernama Pak Panna yang usahanya tetap berjalan dan semakin maju karena kondisi usaha yang ditekuninya banyak dibutuhkan saat pandemi, namun Pak Panna teman yang baik, ramah, sangat peduli, saling mendukung dan terus memberikan arahan kepada 2 teman yang sedang binggung. Dengan dukungan dari Pak Panna, kedua temannya Pak Viriya dan Pak Khanti akhirnya bisa bersemangat dan berusaha melakukan yang terbaik untuk mengatasi masalah ekonomi saat pandemi.
Ada hal yang membuat mereka penuh berkah yakni, ketika 2 tahun lalu mereka bertemu dan saling bertukar pendapat.
Salah satu dari mereka yakni Pak Panna terpikirkan dan pernah membaca kalau Maybank Finance adalah perusahaan yang mempunyai Visi dan Misi sesuai dengan yang dibutuhkan ke dua temannya dengan Produk dari Maybank Finance yang sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan kedua temannya.
Berikut Visi dan Misi Maybank Finance:
Visi
Menjadi perusahaan pembiayaan pemimpin pasar berbasis digital di segmen pasar yang dilayani serta selalu peduli terhadap kondisi lingkungan hidup dan masyarakat.
Misi
1.Menjadi perpanjangan tangan dari PT Bank Maybank Indonesia (Bank Maybank) dalam bisnis pembiayaan.
2.Memberikan nilai tambah ekonomi dan sosial yang tinggi kepada pemangku kepentingan (pemegang saham, pelanggan, rekan bisnis, dan karyawan), lingkungan, dan masyarakat.
3.Menjadikan teknologi digital sebagai landasan untuk penciptaan produk, percepatan proses, dan peningkatan layanan.
Dan yang lebih cocok lagi karena semua produk dari Maybank Finance sangat membantu bagi nasabah yang membutuhkan dengan segera,
Produk dari Maybank Finance adalah:
Pembiayaan Mobil Baru
Pembiayaan Mobil Bekas
Pembiayaan Multiguna
Pembiayaan Fleet
Pembiayaan Alat Berat & Mesin
Kredit Kepemilikan Mobil
Pembiayaan Syariah
BMW
MINI
Dengan membaca dan mengetahui bahwa Visi, Misi dan Produk dari Maybank Finance sangat sesuai dengan kebutuhan kedua temannya, maka Pak Panna mempunyai ide dan memberi saran kepada ke dua temannya untuk memulai usaha baru dengan mengunjungi Maybank Finance untuk mendapat bantuan "Pembiayaan Mobil baru dan bekas"
Diawali Pak Viriya, mengambil kredit mobil karena dia punya rencana buka expedisi yang saat pandemi sangat dibutuhkan dan berkesempatan akan berjalan lancar. Dengan semangat yang tinggi dan juga berpegang pada kemoralan, harus berlaku jujur dan sabar dan tekun, maka usahanya maju pesat.
Berbeda dengan Pak Khanti karena dia suka sekali menyetir mobil, akhirnya atas anjuran kedua temannya dan ide ini pun dia sangat berharap sudah lama namun dia tidak tahu bagaimana caranya mencari solusi, akhirnya atas anjuran Pak Panna untuk kredit mobil di Maybank finance dan menjadikan mobil yang didapat dari "Pembiayaan Mobil dari Maybank Finance.
Akhirnya setelah mendapatkan mobil dari Maybank Finance, maka Pak Khanti yang suka menyetir menjadikan mobil itu sebagai mata pencahariian dengan bergabung di grab.
Selang 1 tahun Pak Khanti mulai terlihat perkembangannya setelah mendapatkan satu kredit mobil dan usahanya berjalan lancar, dan kemudian dia memutuskan di tahun ke dua, Pak Khanti mengambil 1 kredit mobil lagi untuk dipakai karyawannya membantu dalam usaha grab nya.
Pak Viriya dan Pak Khanti sangat senang sekali dengan pelayanan dari Maybank Finance, karena pelayanannya sangat ramah, disiplin, tanggung jawab dan dengan cepat hasil pengajuan keluar, dengan catatan pengajuan sudah sesuai kondisi yang ada, maka mobil langsung keluar tanpa menunggu lama.
Jrenggg.. mobil yang dibutuhkan bisa langsung dipergunakan untuk menjalankan usaha.
Dalam hal pelajayanan ini adalah sangat tepat ternyata pelayanan yang dilakukan oleh Marketing dari Maybank Finance sesuai dalam Profil Perusahaan Maybank finance yang menjadi Nilai Perusahaan yakni:
1.Teamwork
Kami bekerja sama sebagai satu tim yang didasari nilai saling menghargai dan kebanggaan.
2.Integrity
Kami jujur, profesional, dan berlandaskan moral dalam semua kegiatan usaha.
3.Growth
Kami memiliki keinginan yang kuat untuk melakukan peningkatan dan pembaharuan secara konsisten.
4.Excellence and Efficiency
Kami berkomitmen untuk menghasilkan kinerja yang terbaik dan layanan yang prima.
5.Relationship Building
Kami secara berkesinambungan membangun hubungan kerja sama jangka panjang yang saling menguntungkan.
Tentu saja nasabah sangat Bahagia dengan Pelayanan Maybank Finance, Mereka yang sangat membantu pengajuan kredit mobil dalam kondisi pandemi yang sangat sulit, bisa dengan tidak bertele-tele dapat pinjaman jika syarat sudah dipenuhi maka pinjaman diproses dengan cepat dan pelayanan yang sangat baik.
Perkumpulan 3 sahabat sohib kali ini mengatakan sangat berterima kasih kepada Maybank Finance atas semua bantuan dan rezeki untuk mereka bisa memulai usaha dengan mudah dan cepat.
Ini ada satu hal yang terpenting, setelah mendapat hasil dari usaha mereka bertiga berkumpul lagi dengan kondisi yang berbeda dan Bahagia.Â
Mereka bertiga kemudian memutuskan untuk mendanakan Sebagian uang dari hasil pendapatan mereka kepada orang yang membutuhkan.
Pertama yang mereka lalukan adalah berbagi kepada karyawannya, obat-obat yang diperlukan pada saat covid (pastinya banyak yang membutuhkan) dan vitamin untuk karyawan dan juga tiap bulannya berbagi masker kepada karyawan di kantor, namun tak lupa pula berbagi kepada Satpam di lingkungan kantor, dan lebih luas lagi mereka bertiga berbagi ke tempat ibadah dan juga kepada orang yang membutuhkan pertolongan.
Sejak usahanya berjalan maksimal, Pak Panna, Pak Viriya, dan Pak Khanti selalu ingat bahwa apa yang dia dapatkan harus dibagikan agar dalam kehidupan ini dan bahkan kehidupan akan datang mereka mendapatkan kesejahteraan dan kebahagiaan.
Sesuai dengan yang mereka pahami dalam ajaran Guru Agung Sang Buddha di dalam :
"Dhammapada 18"
Di dunia ini ia bahagia. di dunia sana ia berbahagia. pelaku kebajikan berbahagia di kedua dunia itu. ia akan berbahagia ketika berpikir, "Aku telah berbuat bajik,", dan ia akan lebih berbahagia lagi, ketika berada di alam bahagia.
Mereka bertiga karena sudah seperti saudara sendiri saling menyemangati dalam kerjaan dan juga saling berbagi dalam Dhamma.
Pak Panna berkata kepada kedua temannya: "Dalam hidup ini semua tidak kekal, bahkan jika kita memahami lebih dalam maka kita akan mendapatkan ketenangan jika kita mengalami hal-hal yang tidak kita inginkan, maka kita tahu bahwa ini tidak kekal akan ada perubahan, demikian juga jika kita mengalami hal-hal yang menyenangkan maka harus disadari pula kalau ini adalah tidak kekal.
Dengan memahami ketidak kekalan ini maka kita akan terus semangat untuk melakukan hal baik, dan tentu saja kita akan Bahagia mengingat perbuatan baik karna kita adalah pewaris perbuatan kita sendiri, lahir dari perbuatan kita sendiri.
Jika kita melihat teman kita yang berhasil, sebaiknya kita ikut bermudita Citta (berbahagia) dengan apa yang dicapai teman  kita itu, karena semua tidak ada yang kebetulan, semua yang terjadi adalah hasil perbuatannya sendiri. tentu saja sangat didukung dengan perbuatannya yang 5 menit yang lalu, 1 jam yang lalu, 1 hari yang lalu, 1 bulan yang lalu, bahkan perbuatannya dikehidupan lalu yang mungkin berbuah pada saat ini.
Jadi jangan ragu teman-teman untuk terus berbuat kebajikan, kebajikan yang dilakukan akan mendapatkan hasil kebahagiaan dan harta itu akan kita bawa ke mana pun kita pergi serta tidak dapat dicuri oleh siapapun. Kebajikan yang kita lakukan akan menjadi milik kita selamanya.
Sang Buddha pernah berkata dalam :
"Dhammapada 160"
Diri sendiri sesungguhnya adalah pelindung bagi diri sendiri. Karena siapa pula yang dapat menjadi pelindung bagi dirinya? Setelah dapat mengendalikan dirinya sendiri dengan baik, ia akan memperoleh perlindungan yang sungguh amat sukar dicari.
Nah ada satu hal yang terpenting yang harus saya sampikan dalam berbuat kebajikan adalah bergabung di kompasianer Mettasik.
Grup Mettasik ini sangat Luar biasa? Penasaran kan?
Awal saya diajak kalyanamitta untuk berbuat kebajikkan melalui tulisan, tanpa berpikir Panjang saya langsung menjawab: "Mauuuu.."
Intinya sejak bergabung di Grup Mettasik hidup saya lebih Bahagia, banyak hal-hal baru yang saya dapat, banyak belajar dari para senior, banyak belajar dari teman-teman yang saling menyemangati.
Saya merasa di grup metasik sangat peduli dan saling membantu, walaupun kami berbeda kota satu dengan yang lain atau malah ada berbeda negara, namun persaudaraan kami di grup terasa dekat, saling memberi informasi, saling membantu, saling membuat satu sama lain Bahagia.
Menurut saya ini adalah jodoh karma yang saya rasakan hingga dapat berkumpul dengan kalyanamitta yang sangat luar biasa.
Saya sangat bersyukur bisa bergabung di grup Mettasik yang tiap harinya selalu berbagi kebajikan.
Ayoo berbuat kebajikan dengan bergabung di Kompasianer Mettasik dan tentu saja rezeki akan mendatangi kita, seperti kesempatan kali ini Kompasianer Mettasik dan Maybank Finance berbagi rezeki.
Semoga Semua Berbahagia.
Yuliana
12 Agustus 2022
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H