Mohon tunggu...
Maulidia alqanita
Maulidia alqanita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis, olahraga dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Peran Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar

9 Desember 2023   13:35 Diperbarui: 9 Desember 2023   13:57 440
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perpustakaan memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan minat baca siswa SD. Apakah benar?

UNESCO menyebutkan  indonesia termasuk kedalam urutan kedua dari bawah soal literasi dunia,artinya minat baca masyarakat indonesia sangat rendah. Menurut UNESCO minat baca masyarakat  indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,0001%  artinya, dari 1,000 orang indoneisa cuman 1 orang yang rajin membaca,  kualitas pendidikan di indeonesia juga menjadi faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca. 

Meskipun akses terhadap pendidikan semakin mudah di indonesia, namun kualitas pendidikan di indonesia masih rendah. Kurikulum pendidikan di indonesia masih terlalu fokus pada pembelajran akademik dan kurang memberikan ruang untuk pengembangan minat baca. Canggihnya teknologoi di era sekrang membuat siswa lebih suka membaca gadget daripada membaca buku.

Salah satu unsur yang memiliki peran krusial dalam mendukung proses pembelajaran adalah perpustakaan. Perpustakaan tidak hanya sekadar menyediakan bahan bacaan, tetapi juga menjadi pusat pengetahuan yang mampu merangsang minat baca siswa, terutama di tingkat Sekolah Dasar (SD). Minat baca yang baik pada tingkat ini memiliki dampak signifikan terhadap kemampuan literasi dan pembelajaran sepanjang siswa. 

Di era digital ini, di mana informasi dapat diakses dengan mudah melalui berbagai platform, peran perpustakaan menjadi semakin penting untuk membimbing siswa dalam memilih bahan bacaan yang relevan, mendukung pengembangan literasi, dan membentuk kebiasaan membaca yang positif. Oleh karena itu, pemahaman akan pentingnya perpustakaan sebagai tempat yang merangsang minat baca siswa SD menjadi esensial dalam memperkuat fondasi literasi anak-anak dan menghadirkan mereka pada dunia pengetahuan yang lebih luas.

Perpustakaan memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan minat baca siswa SD. perpustakaan menyediakan akses langsung ke berbagai jenis buku dan sumber bacaan, memungkinkan siswa untuk memilih bahan bacaan sesuai minat dan tingkat bacaan mereka. Hal ini menciptakan lingkungan yang memotivasi mereka untuk membaca. Selain itu, perpustakaan juga berfungsi sebagai tempat yang menyenangkan dan nyaman bagi siswa untuk menjelajahi dunia literasi.

Desain perpustakaan yang menarik dan lingkungan yang tenang dapat menciptakan suasana yang mendukung fokus dan refleksi, membantu siswa membenamkan diri dalam dunia cerita dan pengetahuan. Perpustakaan juga dapat menjadi tempat untuk mengadakan kegiatan promosi literasi, seperti pertunjukan buku atau kelompok diskusi, yang dapat membantu membangkitkan minat siswa terhadap membaca. Kegiatan-kegiatan semacam itu menciptakan interaksi positif antara siswa dan buku, memperkaya pengalaman membaca mereka Dengan peran kritisnya, perpustakaan di sekolah dasar tidak hanya menjadi gudang buku, tetapi juga menjadi pusat literasi yang memainkan peran penting dalam membentuk kebiasaan membaca sejak dini. Meningkatkan minat baca siswa melalui perpustakaan akan membawa dampak positif jangka panjang terhadap perkembangan akademis dan kehidupan literasi mereka.

Perpustakaan mempunyai peran penting dalam membina dan menumbuhkan kesadaran membaca. Kegiatan membaca tidak bisa dilepaskan dari keberadaan dan tersediannya bahan bacaan yang memadai baik dalam jumlah maupun kualitas bacaan. Peran yang dapat dilakukan oleh perpustakaan dalam menciptakan tumbuhnya kondisi minat baca dilingkungan sekolah adalah sebagai berikut:

  • Pilih bahan bacaan yang diminati pengguna perpustakaan.
  • Menganjurkan berbagai cara penyajian pelajaran di sekolah yang dikaitkan dengan tugas-tugas di Perpustakaan.
  • Menyediakan berbagai fasilitas untuk memberikan bacaan yang menarik bagi pengguna perpustakaan.
  • Memberikan kebebasan kepada pengguna perpustakaan untuk membaca secara bebas
  • Perpustakaan hendaknya dikelola dengan baik agar pemustaka betah dan menikmati perpustakaan 
  • Perpustakaan perlu melakukan berbagai promosi kepada masyarakat berkaitan dengan pemanfaatan Perpustakaan dan berkaitan dengan peningkatan minat dan kegemaran membaca siswa.
  • Menginformasikan kepada pengguna perpustakaan bahwa membaca sangat penting bagi keberhasilan sekolah. 
  • Terwujudnya berbagai kegiatan seperti lomba minat dan  membaca untuk anak sekolah. Kompetisi ini biasanya diselenggarakan oleh perpustakaan sekolah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Umum atau  Perpustakaan Umum.
  • Memberikan hadiah kepada siswa yang paling banyak meminjam buku dari perpustakaan dalam jangka waktu tertentu

 

Perpustakaan memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan minat baca siswa SD. Sebagai sumber informasi dan literasi, perpustakaan memberikan akses kepada siswa untuk menjelajahi berbagai jenis buku, majalah, dan materi bacaan lainnya. Ini tidak hanya membantu meningkatkan keterampilan membaca, tetapi juga mengembangkan pemahaman mereka terhadap berbagai topik. Dengan menyediakan koleksi buku yang beragam, perpustakaan dapat memenuhi minat dan kebutuhan individu siswa, membuka peluang untuk mengeksplorasi genre dan tema yang berbeda. Lingkungan perpustakaan yang tenang dan mendukung juga menciptakan suasana yang kondusif untuk membaca, membantu siswa fokus dan menikmati proses membaca.

 Selain itu, perpustakaan dapat menjadi tempat di mana siswa belajar tentang penelitian dan pengembangan kemampuan literasi informasi. Mereka dapat memanfaatkan sumber daya perpustakaan untuk mengeksplorasi dunia pengetahuan secara lebih mendalam, meningkatkan pemahaman mereka tentang keberagaman pengetahuan yang ada. Pentingnya perpustakaan juga dapat dilihat dari peran guru pustakawan yang dapat memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa dalam memilih bahan bacaan yang sesuai dengan tingkat keterampilan membaca dan minat mereka. Melalui program-program inisiatif seperti kegiatan membaca bersama, lomba menulis, atau kunjungan penulis, perpustakaan dapat menjadi pusat kegiatan yang merangsang minat baca siswa. Secara keseluruhan, perpustakaan di sekolah dasar bukan hanya tempat untuk menyimpan buku, tetapi juga merupakan sumber daya penting yang dapat meningkatkan minat baca siswa, membentuk landasan literasi sepanjang hidup, dan membuka pintu menuju pengetahuan yang lebih luas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun