Mohon tunggu...
Yulia Indriani Ismawan
Yulia Indriani Ismawan Mohon Tunggu... Administrasi - STAFF ADMINISTRASI LEMBAGA PENDIDIKAN

Halo, perkenalkan Nama saya Yulia Indriani Ismawan atau lebih akrab dengan panggila iyul. Saat ini saya sudah bekerja dilembaga pendidikan sebagai staff tata usaha. Namun sebelum itu, saya aktif menjalankan hobi saya di bidang kepenulisan dan berlaku hingga saat ini. Saya menjadi admin di beberapa sosial media, dan menjadi penulis aktif dalam media tertentu yang menjadi jalan saya tetap menjalankan hobi saya sebagai seorang penulis.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Rahasia Sponsor Acara Deal : Pahami Jenis - Jenis Sponsor Acara!

20 Desember 2024   08:48 Diperbarui: 20 Desember 2024   08:48 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.sponsoracara.com

Sponsor acara adalah sebuah konsep perusahaan atau individu yang menyediakan dukungan finansial atau sumber daya lainnya untuk sebuah acara atau kegiatan tertentu sebagai bagian dari strategi pemasaran atau hubungan masyarakat mereka. Tujuan dari sponsor acara yaitu sebagai alat untuk mendapatkan eksposur, meningkatkan branding, atau mencapai tujuan tertentu dalam acara tersebut. Sponsor acara melibatkan kesepakatan antara pihak penyelenggara acara dan sponsor. Sponsor menawarkan kontribusi finansial atau sumber daya lain, seperti produk, layanan, atau fasilitas untuk mendukung acara. Sebagai imbalannya, penyelenggara acara memberikan eksposur kepada sponsor, seperti mencantumkan logo sponsor di materi promosi, peralatan acara, atau tempat acara.

Mendapatkan  sponsor acara itu susah -- susah gampang. Gampang jika panitia acara sudah berpengalaman dan sudah memiliki banyak koneksi. Untuk panitia acara pemula yang sedang mencari sponsor, harus memahami terlebih dahulu jenis-jenis sponsor acara agar mengetahui sponsor yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan acara kamu.

Berikut beberapa jenis jenis sponsorship, antara lain:

1. Sponsor Utama

Sponsor utama adalah sponsor acara yang memberikan kontribusi paling banyak dalam suatu acara. Sponsor utama biasanya berpartisipasi dengan memberikan dana yang signifikan dan mendapatkan eksposur paling besar. Nama mereka juga sering kali menjadi bagian dari nama acara. Terdapat keterkaitan erat antara sponsor utama dan acara tersebut.

Support yang diberikan bisa berupa uang tunai dan memfasilitasi lebih dari 80% dari biaya acara. Beberapa hal yang diperoleh oleh sponsor utama adalah penempatan logo, penyebutan nama, dan kesempatan untuk berpromosi saat acara berlangsung. Apabila ada sponsor lain, penempatan sponsor mereka lebih kecil dari sponsor utama.

2. Sponsor Umum

Sponsor umum adalah sponsor acara yang memberikan dukungan finansial atau sumber daya dalam kapasitas yang lebih kecil dari sponsor utama, tanpa keterkaitan yang sangat khusus dengan acara tersebut. Mereka mungkin tidak mendapatkan eksposur sebesar sponsor utama, tetapi  tetap memberikan kontribusi yang besar untuk keberlangsungan acara.

Sponsor umum memberikan dukungan setengah dari sponsor utama. Dari jenis - jenis sponsor yang ada, sponsor umum dan sponsor utama mengambil porsi besar. Bedanya, sponsor utama mengambil setidaknya 80% dari keseluruhan acara. Sementara sponsor umum hanya mengambil setengah dari keseluruhannya. Dengan begitu, posisi sponsor umum lebih kecil dibandingkan sponsor utama tapi bisa berkontribusi mendukung acara tersebut dalam nominal yang tidak kalah besarnya. Bisa juga sponsor umum memberikan sponsor dalam bentuk barang atau produk untuk digunakan selama acara, seperti hadiah, atau merchandise. 

3. Sponsor Teknis

Sponsor teknis adalah sponsor acara yang menyediakan layanan atau teknologi khusus yang diperlukan untuk pelaksanaan acara. Contohnya adalah penyedia sound system dan pencahayaan dalam sebuah acara, bantuan untuk akomodasi, makanan, dan minuman.

Bisa juga sponsor acara yang mendukung dengan memberikan bantuan peralatan medis atau tenaga medis selama acara berlangsung. Ini adalah hal-hal teknis yang sepertinya tidak memerlukan biaya banyak tetapi realita cukup menguras kantong dan basic yang harus ada ketika acara berlangsung.

4. Sponsor Partisipasi

Sponsor partisipasi adalah sponsor acara yang terlibat aktif dalam penyelenggaraan acara yang berkaitan dengan bisnis mereka. Selain ada sponsor yang cukup besar, seperti sponsor utama dan sponsor umum, ada juga jenis - jenis sponsor yang lebih kecil baik dalam jumlah uang maupun produk. 

Sponsor partisipasi atau sponsor pendukung memberikan sponsor dengan dukungan tidak besar, hanya sekitar 10% dari biaya pendanaan.  Jenis sponsor ini penempatan logonya biasanya lebih kecil daripada sponsor lainnya. Jadi, kamu harus dapat menargetkan perusahaan mana saja yang pas diminta dukungan berdasarkan kapasitas masing-masing.

5. Sponsor Media

Sponsor media adalah sponsor acara yang memberikan dukungan dalam bentuk iklan atau liputan media. Mereka membantu meningkatkan eksposur acara melalui saluran media mereka. Sponsor media juga dapat dijadikan mitra promosi yang terlibat dalam promosi acara. Mereka mungkin membantu dalam distribusi promosi konten atau pemasaran acara.

Dengan memahami jenis-jenis sponsor acara, dapat memudahkan kamu mencari sponsor yang cocok untuk acara kamu dan mengetahui kriteria sponsor acara yang dibutuhkan untuk acara kamu masuk pada kategori sponsor yang mana. Semoga bermanfaat!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun