Mohon tunggu...
Yulia Indriani Ismawan
Yulia Indriani Ismawan Mohon Tunggu... Administrasi - STAFF ADMINISTRASI LEMBAGA PENDIDIKAN

Halo, perkenalkan Nama saya Yulia Indriani Ismawan atau lebih akrab dengan panggila iyul. Saat ini saya sudah bekerja dilembaga pendidikan sebagai staff tata usaha. Namun sebelum itu, saya aktif menjalankan hobi saya di bidang kepenulisan dan berlaku hingga saat ini. Saya menjadi admin di beberapa sosial media, dan menjadi penulis aktif dalam media tertentu yang menjadi jalan saya tetap menjalankan hobi saya sebagai seorang penulis.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Kunci Komunikasi untuk Mendapatkan Sponsor Acara

18 November 2024   11:23 Diperbarui: 18 November 2024   11:28 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.sponsoracara.com

Untuk mendapatkan sponsor acara, kemampuan berkomunikasi dengan baik sangatlah penting. Komunikasi yang baik membantu dalam memahami bagaimana pesan disampaikan, diterima, dan dipahami oleh calon sponsor acara. Komunikasi memiliki peran yang krusial dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mencari sponsor, komunikasi memungkinkan untuk membentuk hubungan interpersonal yang kuat, mengatasi konflik, dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama.

Komunikasi adalah proses saling bertukar informasi, gagasan, atau emosi antara individu atau kelompok. Ini melibatkan penggunaan berbagai cara, seperti kata-kata, ekspresi wajah, gerakan tubuh, atau bahasa isyarat untuk menyampaikan pesan kepada penerima calon sponsor.

Komunikasi Efektif

Komunikasi yang harus terjalin antara kamu dan calon sponsor adalah komunikasi efektif. Namun, apa itu komunikasi efektif? Komunikasi efektif adalah penyampaian pesan yang terlaksana sesuai dengan maksud dan tujuan kamu sebagai panitia acara. Komunikasi efektif adalah kunci yang diinginkan setiap pelaku komunikasi, di mana pesan yang disampaikan panitia acara dapat diterima dengan tepat oleh calon sponsor, sehingga mereka tertarik untuk menjadi sponsor dalam acara yang akan diselenggarakan.

Manfaat Komunikasi Efektif

Komunikasi efektif memiliki banyak manfaat yang signifikan. Komunikasi yang efektif mampu membantu kamu untuk mendapatkan sponsor, mendiskusikan keinginan dari calon sponsor, dan menegosiasikan kebutuhan-kebutuhan untuk keberlangsungan acara yang akan kamu selenggarakan.

Tiga komunikasi efektif yang biasa dilakukan untuk mendapatkan sponsor acara, yaitu

1. Komunikasi verbal 

Komunikasi verbal adalah komunikasi yang melibatkan kata-kata, baik lisan maupun tulisan. Kata-kata adalah apa yang kita ucapkan atau tuliskan. Komunikasi verbal ini dilakukan saat kamu datang kepada calon sponsor dan menyampaikan penawaran sponsor acara secara langsung. Yang harus diperhatikan saat komunikasi secara langsung dengan calon sponsor; tinggi -- rendahnya nada suara saat berbicara, nada menyampaikan informasi acara kepada calon sponsor, pemilihan bahasa saat penyampaian informasi acara pastikan tidak berbelit -- belit, dan menggunakan bahasa yang 

mudah dipahami calon sponsor acara. Tiga komponen ini akan memperlihatkan penawaran kamu menarik calon sponsor dan calon sponsor dapat mempertimbangkan penawaran yang kamu ajukan.

2. Komunikasi Non Verbal

Komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang tidak melibatkan kata-kata. Mendapatkan sponsor acara komunikasi nonverbal juga merupakan hal penting yang terkadang luput diperhatikan. Komunikasi nonverbal selalu ada dalam setiap komunikasi verbal. Ia pelengkap dan penguat verbal. Komunikasi non verbal diantaranya sikap atau postur saat berhadapan dengan calon sponsor acara,  penampilan yang rapi menunjukan keseriusan, dan profesionalnya kamu saat berhadapan dengan calon sponsor acara.

3. Komunikasi Tertulis

Komunikasi tertulis atau komunikasi tulisan adalah komunikasi yang dilakukan dengan tulisan atau menyampaikan pesan melalui tulisan (teks). Komunikasi yang efektif dengan menulis adalah keterampilan yang sangat penting karena semakin majunya teknologi informasi sehingga semakin mudah terkoneksi dengan calon sponsor acara.  Komunikasi tertulis dapat dilakukan via email, DM instagram, dan media lainya. 

Komunikasi tertulis, seperti proposal, dapat berfungsi sebagai dokumen pendukung untuk meyakinkan calon sponsor acara. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam komunikasi tertulis kepada calon sponsor meliputi struktur penulisan, mulai dari salam pembuka, perkenalan diri, isi atau maksud tujuan, hingga penutup. Penyampaian isi harus detail, ditulis dengan bahasa baku, tanda baca dan ejaan yang tepat. Meskipun tidak harus seformal surat pengantar, konten harus tetap sopan, profesional, dan ditulis dengan baik.

 Komunikasi yang Berkelanjutan

Komunikasi juga tidak selesai hanya sampai sponsor bersedia menjadi sponsor acara kamu, tetapi komunikasi harus terus berlanjut sampai acara berlangsung dan selesai acara berlangsung. Mengapa komunikasi perlu terus berlanjut hingga acara selesai? Komunikasi yang terjalin dengan baik dan konsisten akan meningkatkan kepercayaan sponsor, sehingga membuka peluang untuk kolaborasi pada acara-acara selanjutnya. Kesempatan ini dapat mempersingkat waktu kamu dalam mencari calon sponsor lagi dan cukup berkomunikasi dengan sponsor acara yang pernah menjadi sponsor pada acara kamu sebelumnya. 

Semoga kunci komunikasi untuk mendapatkan sponsor acara ini dapat membantu kamu dalam mencari sponsor ya!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun