Mohon tunggu...
Yulia Indriani Ismawan
Yulia Indriani Ismawan Mohon Tunggu... Administrasi - STAFF ADMINISTRASI LEMBAGA PENDIDIKAN

Halo, perkenalkan Nama saya Yulia Indriani Ismawan atau lebih akrab dengan panggila iyul. Saat ini saya sudah bekerja dilembaga pendidikan sebagai staff tata usaha. Namun sebelum itu, saya aktif menjalankan hobi saya di bidang kepenulisan dan berlaku hingga saat ini. Saya menjadi admin di beberapa sosial media, dan menjadi penulis aktif dalam media tertentu yang menjadi jalan saya tetap menjalankan hobi saya sebagai seorang penulis.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Tips dan Trik Cara Mendapatkan Sponsor: Bagaimana Melakukan Riset Sponsor Potensial

23 Oktober 2024   15:12 Diperbarui: 23 Oktober 2024   15:18 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.tripsdantrikcaramendapatkansponsor.com

Mencari sponsor untuk sebuah acara bisa menjadi tantangan, namun bukan berarti tidak dapat diatasi. Umumnya, dalam membuat event pasti membutuhkan dana yang cukup besar. Banyak penyelenggara event yang kekurangan modal, sehingga sponsor menjadi kebutuhan yang krusial. Namun, banyak para panitia event pemula yang masih kebingungan saat dihadapkan dengan mencari sponsor. Mereka membutuhkan tips dan trik cara mendapatkan sponsor untuk memudahkan mendapatkan sponsor event.

Ketika mencari sponsor untuk event, banyak pertimbangan yang harus dilakukan panitia event, melihat banyaknya jenis sponsor. Panitia juga perlu melakukan penyesuaian saat mendekati organisasi atau perusahaan yang ingin disasar. Untuk mendapatkan dukungan dari sponsor yang tepat, melakukan riset menyeluruh tentang calon sponsor potensial merupakan hal yang penting. Ini dilakukan untuk mengefektifkan proses penyebaran proposal. Dalam artikel ini, akan menjadi pembahasan yang menarik tentang riset sponsor potensial sebagai tips dan trik cara mendapatkan sponsor.

1. Riset Perusahaan yang Target Konsumennya Sesuai dengan Target Audience Event

Sponsor event melibatkan kesepakatan antara pihak penyelenggara acara dan sponsor. Di sini, sponsor menawarkan kontribusi finansial atau sumber daya seperti produk, layanan, atau fasilitas untuk mendukung acara. Tips dan trik cara mendapatkan sponsor adalah dengan mencari perusahaan yang memiliki kesamaan target dengan event yang akan kita selenggarakan. 

Dengan menggunakan metode ini, kita dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mencari sponsor potensial. Beberapa calon sponsor mungkin tidak tertarik untuk mendanai acara kita karena perbedaan target konsumen dengan target audience. Misalnya, ketika ingin mengadakan event tentang kesehatan, maka disarankan untuk mencari sponsor dari perusahaan atau institusi yang berkaitan dengan bidang medis seperti rumah sakit, perusahaan farmasi, hingga individu tenaga medis.

2. Buat Daftar Calon Sponsor

Jika event-mu memiliki banyak pilihan sponsor, hingga bingung mana sponsor yang terbaik, tenang saja! Tips dan trik cara mendapatkan sponsor yang bisa kamu gunakan kali ini adalah dengan membuat daftar calon sponsor. Daftar calon sponsor ini adalah daftar yang diperoleh dari berbagai sumber yang kamu cari. Daftar calon sponsor ini bisa dari perusahaan yang sebelumnya pernah mensponsori event kamu. Bisa juga dari perusahaan yang tidak memiliki hubungan sebelumnya namun berkemungkinan tertarik untuk mensponsori. 

Berikut ini ada beberapa daftar sponsor yang bisa kamu pertimbangkan, antara lain yayasan, perusahaan, institusi pendidikan, lembaga pemerintah lokal dan regional, sumber daya media, organisasi nirlaba, kelompok & asosiasi profesional, serta usaha sosial & program penjangkauan masyarakat. Membuat daftar calon sponsor sebanyak-banyaknya merupakan tips dan trik cara mudah mendapatkan sponsor. Kamu akan mudah mempertimbangkan kembali dengan melihat faktor-faktor lain.

3. Pelajari Visi, Misi, Nilai-Nilai, dan Kegiatan Sponsor

Sponsorship dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kesuksesan event. Kedua belah pihak dalam hal ini harus merasakan dampak baik bagi perusahaan maupun event yang akan berlangsung. Sebelum menentukan perusahaan sponsor potensial untuk event, kita harus mempelajari juga secara garis besar visi, misi, nilai-nilai dan kegiatan calon sponsor. Ini penting dipelajari untuk memastikan pesan merk dan citra perusahaan selaras dengan tujuan event yang akan kita selenggarakan. Adanya kesamaan kepentingan merupakan tips dan trik cara mendapatkan sponsor karena akan memudahkan calon sponsor tertarik dengan event yang kita tawarkan. 

4. Cari Informasi Tentang  Proyek-Proyek yang Telah Mereka Sponsori Sebelumnya

Point ini masih berkaitan dengan poin 3. Kamu juga bisa meminta sumber lain dari rekan-rekan panitia event sebelumnya untuk mendapatkan sponsor potensial pada event mereka. Tips dan trik cara mendapatkan sponsor dengan memanfaatkan relasi sesama panitia event akan memberikan gambaran calon sponsor yang direkomendasikan. Dengan informasi tambahan seperti ini juga dapat memudahkan kita untuk memberikan penawaran sesuai dengan keinginan calon sponsor. Selain itu, kita juga dapat mengetahui bagaimana mengemas event agar sesuai dengan yang diinginkan oleh calon sponsor.

4 tips dan trik cara mendapatkan sponsor ini bisa kamu aplikasikan untuk mencari calon sponsor yang potensial. Langkah-langkah ini diharapkan akan mempermudah proses penyebaran proposal sponsorship. Ini juga memudahkan kamu untuk menemukan perusahaan yang sesuai dengan konsep dan tujuan event kamu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun