Terdapat banyak sekali cara mendapatkan sponsor dan sudah banyak dibahas dalam artikel-artikel lain. Namun, salah satu cara mendapatkan sponsor yang masih sering tidak dianggap penting bagi banyak orang di dunia event adalah dengan menjaga hubungan baik dengan pihak sponsor.Â
Masih banyak yang beranggapan bahwa menjaga hubungan baik dengan sponsor itu hanya saat pengajuan kerja sama atau saat event berlangsung. Setelah event selesai hubungan ini seakan-akan lepas begitu saja. Padahal, Â proses menjaga hubungan baik dengan pihak sponsor saling berkaitan sejak kamu memberikan permohonan kepada pihak sponsor sampai eventnya sudah selesai. Panitia event harus terus memberikan kesan baik kepada pihak sponsor karena ini adalah kesempatan yang baik untuk kamu.
Cara mendapatkan sponsor dengan menjaga hubungan baik bersama sponsor akan sangat bermanfaat pada saat kamu menyelenggarakan event di lain waktu. Kamu tidak membutuhkan banyak waktu lagi untuk mencari sponsor. Kamu dapat menghubungi kembali pihak yang sudah pernah menjadi sponsor event kamu. Pada artikel ini, akan dibahas cara mendapatkan sponsor dengan menjaga hubungan baik dengan sponsor.
1. Menepati Kesepakatan yang Dibuat Saat Proses Negosiasi
Saat mengajukan tawaran kerja sama, sebelum pihak sponsor bersedia untuk bekerja sama, tentu ada tahap negosiasi. Tahap negosiasi ini adalah proses menjalin kesepakatan terkait apa saja yang akan dilakukan oleh pihak sponsor dan panitia saat event berlangsung.Â
Setelah terdapat kesepakatan, panitia event harus menepati kesepakatan tersebut. Cara mendapatkan sponsor dengan membuat kesepakatan kerja, sopan santun panitia, menepati janji, dan bersikap profesional bisa menarik perhatian calon sponsor. Pihak sponsor bisa betah dan merasa aman bekerja sama dengan kamu. Dengan demikian, kamu berpotensi untuk memiliki sponsor tetap untuk event kamu.
2. Mengundang Pihak Sponsor Untuk Hadir Pada Saat Event Berlangsung
Selain menepati kesepakatan yang dibuat saat proses negosiasi, kamu juga bisa mengundang pihak sponsor untuk datang saat event berlangsung untuk melihat dan merasakan sendiri kemeriahannya.Â
 Pastikan pihak sponsor merasa puas dengan kerja sama yang terjalin. Caranya adalah membuat pengalaman yang berkesan ketika menghadiri event. Misalnya, dengan memberikan tempat duduk barisan depan untuk pihak sponsor atau memberikan kesempatan kepada pihak sponsor memberikan sambutan pada pembukaan event kamu. Cara mendapatkan sponsor dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pihak sponsor akan memberikan kesan yang membekas bagi pihak sponsor.
3. Memberikan Kenang-Kenangan Pada Pihak Sponsor
Selain memberi pengalaman yang berkesan kepada pihak sponsor, dalam menjaga hubungan baik, kamu juga bisa memberikan kenang-kenangan kepada sponsor. Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk terima kasih atas dukungan yang sudah diberikan. Pasalnya, event yang sudah terlaksana ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dari pihak sponsor. Ucapan terima kasih tidak akan cukup untuk menggambarkan rasa terima kasih. Namun, dengan kenang-kenangan sekaligus penghargaan berupa plakat atau apapun bentuknya, bisa diberikan untuk lebih mendekatkan hubungan secara emosional dengan pihak sponsor.Â
Membangun kedekatan emosional dengan pihak sponsor juga penting karena kamu dapat menjalin hubungan jangka panjang yang akan mempermudah proses komunikasi ke depannya.
4. Bangun Kepercayaan Melalui Komunikasi Yang Konsisten
Hubungan yang kuat dengan sponsor tidak terbentuk dalam sekejap mata saja. Kepercayaan adalah fondasi penting dalam hubungan jangka panjang. Untuk membangunnya, kamu harus menjaga komunikasi yang konsisten dan terbuka.Â
 Jangan hanya menghubungi mereka ketika kamu membutuhkan dukungan. Cara mendapatkan sponsor melalui komunikasi yang konsisten membuat pihak sponsor merasa dihargai. Selain itu, komunikasi bisa dengan memberikan update perkembangan event secara berkala.
5. Melakukan Evaluasi Bersama Sponsor
Setelah event selesai, jangan langsung memutuskan hubungan begitu saja dengan para sponsor. Lakukan evaluasi bersama sponsor mengenai bagaimana kerja sama tersebut berjalan. Kamu bisa mengirimkan laporan yang berisi metrik kesuksesan, seperti berapa banyak audiens yang hadir, seberapa besar exposure yang didapatkan sponsor, dan dampak dari kerja sama tersebut.Â
Setelah itu, tanyakan juga apakah ada area yang bisa diperbaiki untuk kerja sama yang akan datang. Dengan melakukan evaluasi ini, kamu menunjukkan keseriusan dalam membangun hubungan jangka panjang. Cara mendapatkan sponsor dengan memberikan pelayan terbaik kepada sponsor dapat meningkatkan kepercayaan terhadap event kamu dan hubungan baik pun akan terjalin dengan sendirinya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H