Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan program yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi. Program ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab dalam memberikan kontribusi jangka panjang pada pemberdayaan anak muda. Melalui program ini, peserta diharapkan dapat membangun kehidupan yang lebih baik pada aspek ekonomi, lingkungan, dan pendidikan. Pemberdayaan anak muda adalah investasi yang tidak hanya menguntungkan individu yang diberdayakan, tetapi juga masyarakat dan negara secara keseluruhan. Maka dari itu, banyak perusahaan yang ikut berkontribusi untuk pemberdayaan anak muda sebagai langkah mempersiapkan masa depan Indonesia yang lebih baik.
Terdapat banyak manfaat program CSR bagi masyarakat di antaranya adalah:
menguatkan dan memberdayakan masyarakat secara pendidikan,Â
membuka ruang pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai upaya mempersiapkan anak muda di dunia kerja,Â
meningkatkan kemandirian masyarakat terutama anak muda agar mampu membuka lapangan usaha baru untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat,
menciptakan hubungan antara pemerintah, lembaga kursus atau pelatihan serta dunia usaha dalam mengatasi berbagai masalah sosial.Â
Program kegiatan CSR biasanya dilaksanakan dengan kampanye-kampanye menarik terkait isu-isu tertentu atau program rutin tahunan jangka panjang. Berikut ini merupakan program CSR untuk pemberdayaan anak muda.
1. Program CSR Generasi Gigih
Gojek merupakan salah satu aplikasi karya anak bangsa yang berdiri pada tahun 2015. Perusahaan Gojek kemudian berubah nama menjadi GoTo setelah bergabungnya Tokopedia. Tokopedia merupakan salah satu lokapasar daring terbesar diÂ
Indonesia, pada tahun 2021. Â GoTo tentunya memiliki banyak dampak positif. Salah satu program yang menarik bagi pemberdayaan anak muda adalah program Generasi Gigih. Program ini memberikan beasiswa untuk mengembangkan kompetensi anak muda agar menghasilkan talenta teknologi yang hebat. Hal menariknya adalah program-program Gojek didesain untuk memberikan kesempatan berkolaborasi bagi perusahaan atau organisasi lain yang memperbesar kapasitas dampak dari program.
Generasi Gigih adalah program dari Yayasan Anak Bangsa Bisa yang didukung oleh GoTo. Generasi Gigih merupakan program yang dirancang untuk menghasilkan talenta teknologi yang kritis, gigih, dan tangguh terhadap tantangan dan menambah daya saing dalam kompetisi tenaga kerja. Proses perjalanan program ini terdiri dari program daring selama 6 bulan, yang dimulai dari proses onboarding, proses belajar, hingga lanjut ke tahap akhir di mana  ilmu yang sudah didapat akan dipraktikkan. Praktik dapat dilakukan baik melalui capstone project ataupun magang di mitra industri YABB sebagai software engineer dan data analyst.Â
2. Program CSR Beasiswa Pertamina Sobat Bumi
Pertamina adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang minyak dan gas. Sebagai perusahaan energi nasional, Pertamina berkomitmen untuk senantiasa memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian alam, lingkungan, dan masyarakat. Selain itu, Pertamina juga ingin meningkatkan kualitas anak muda sebagai sumber daya manusia menuju Indonesia maju dan sejahtera.
Program CSR Pertamina untuk pemberdayaan anak muda di antaranya adalah Beasiswa Pertamina Sobat Bumi yang merupakan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi secara akademik, aktif berorganisasi, atau aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Beasiswa ini dapat diikuti oleh mahasiswa D3, D4, dan S1 yang berkuliah di universitas yang bermitra dengan beasiswa Pertamina. Tujuan besar dari program ini adalah untuk menyiapkan pemimpin bangsa yang diharapkan menjadi agen perubahan yang menularkan pola pikir positif untuk kelestarian alam. Selain itu, penerima beasiswa juga diharapkan mampu menghadapi persaingan global yang kompetitif dalam kreativitas, inovasi, dan teknologi.
3. Program CSR Wirausaha Muda Mandiri
Wirausaha Muda Mandiri (WMM) merupakan program CSR utama Bank Mandiri yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Program ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam menumbuhkembangkan kewirausahaan di Indonesia, khususnya dalam pemberdayaan anak muda. Tujuan adanya WMM adalah sebagai bentuk apresiasi Bank Mandiri kepada pengusaha muda berprestasi. Selain itu, Bank Mandiri juga ingin memberikan motivasi serta mendukung program Kementrian UKM dalam meningkatkan UMKM berkualitas di Indonesia.
Kegiatan-kegiatan WMM di antaranya adalah WMM Award, yaitu ajang penghargaan kompetisi wirausaha muda bagi para finalis WMM yang telah mengikuti serangkaian tahapan penjurian. Selanjutnya WMM Expo, yaitu kegiatan pameran yang diikuti oleh finalis dan alumni WMM. Program ini bertujuan untuk meningkatkan dan mempromosikan produk serta branding awareness finalis dan alumni WMM agar dikenal oleh masyarakat. Kegiatan lainya yaitu pembinaan WMM yang merupakan kegiatan pelatihan dan pembinaan bagi alumni WMM. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan bisnis sehingga dapat meningkatkan nilai bisnis sesuai dengan core business masing-masing.
Nah, itu dia beberapa program CSR yang bisa banget diikuti oleh anak muda sebagai salah satu cara dalam pemberdayaan anak muda. Semoga Bermanfaat!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H