Program Kampus mengajar adalah program yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dengan tujuan membantu siswa untuk meningkatan kemampuan literasi dan numerasi mereka. Kampus Mengajar adalah sebuah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar diluar kelas selama 1 (satu) semester dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam penembangan strategi dan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif disatuan Pendidikan sasaran dengan fokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa disekolah sasaran.
Media pembelajaran yang kreatif dan inovatif membantu menumbuhkan semangat siswa dalam belajar, media pembelajaran yang kami gunakan yaitu media pembelajaran yang bisa dilakukan sambil bermain. dengan tujuan siswa tidak merasa bosan jika terus menerus mendengar dan memperhatikan guru menjelaskan didepan. Media pembelajaran sepert ini dapat memudahkan siswa dalam memahamami materi pembelajaran. Kami telah merancang beberapa media pembelajan dan menggunakan beberapa aplikasi media pembelajaran numerasi yang dapat menumbuhkan semangat anak, diantaranya:
1. Ultrasi ( ular tangga numerasi)Â
Pada pembelajaran ini, kami menggunakan satu buah triplek ukuran kecil untuk membuat ular tangga, media ajar ini bisa digunakan untuk siswa kelas rendah maupun kelas tinggi. Cara memainkan media ajar itu, siswa diberi kesempatan 2 orang atau lebih untuk maju kedepan dan memegang masing-masing pion, lalu nantinya mereka akan melemparkan dadu. Pada beberapa kotak ular tangga telah diberikan tanda tanya dan jika salah satu dari pemain berhenti pada kotak tersebut akan diberikan sebuah pertanyaan numerasi tergantung tingkatan kelas siswa, untuk siswa kelas rendah kami berfokus pada soal penjumlahan dan perkurangan, untuk kelas tinggi kami berfokus pada soal perkalian dan pembagian . Pada media pembelajaran ini, siswa sangat antusias melakukannya dan mereka mampu memahami cara penyelesaian soal matematika dengan benar.
2. Tangga Pintar Satuan Panjang
Pada tangga pintar satuan panjang ini, kami telah merancang sebaik-baiknya untuk memudahkan para siswa mengingatnya. Pada media ini, kami telah memberikan tanda rumus sebagaimana bila turun 1 kebawah akan dikali 10, bila turun 2 kebawah akan dikali 100 begitu seterusnya dan bila naik ke atas akan dibagi 10 dan seterusnya. Kami juga telah menyiapkan berbagai angka mulai dari 0 sampai 9 dan nantinya kami akan memberikan sebuah soal dimana bila kita memberikan soal 9 km sama dengan berapa M (meter), maka nanti siswa akan menusukkan angka mulai dari angka 9 di KM (kilometer), lalu meletakkan angka 0 di HM (hektometer) Â hingga satuan M (meter). Dan nantinya siswa jadi tahu 9 KM (kilometer) sama dengan berapa M (meter). Kami memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin mencoba maju kedepan dan bener saja semua respon siswa sangat baik pada media pembelajaran kali ini.
3. Kalkulator Pintar Perkalian dan Pembagian
Kalkulator pintar perkalian dan pembagian, merupakan sebuah game yang memudahkan siswa untuk melakukan perkalian. Media pembelajaran ini di rancang hingga perkalian 10 dan kami berfokus untuk mengajarkan siswa kelas 4 di SDN 4 Kuranji. Media ini kami buat menggunakan bahan dari kardus bekas dan diberi nomor diatasnya, lalu kami menggunakan kardus bekas yang telah dilubangi sebagai petunjuk perkalian maupun pembagian berbentuk vertical dan horizontal. Contohnya ketika diberi pertanyaan 3X5, kami akan menggeser horizontal kardus yang telah dilubangi tersebut pada angka 5 lalu menggeser kardus vertikal yang telah dilubangi pada angka 3, dan nantinya titik tengah dari kardus yang telah dilubangi berbentuk vertikal dan horizontal merupakan hasil dari perkalian tersebut.
Media ajar ini sangat membantu siswa di SDN 4 Kuranji dalam pemahaman numerasi mereka. Siswa sangat terbantu dengan adanya media pembelajaran seperti ini, karena mereka dapat bermain sambil belajar bersama teman-teman dikelas mereka.