Pernahkah teman-teman Kompasianer mengalami kasus serupa?
Mungkin para senior sudah lebih paham dari saya. Tetapi tiada salahnya jika penulis berbagi tips atau cara mengatasi susahnya login, ketika "terkeluar" dari akun Kompasiana.
Terkeluar, artinya kita tidak merasa "Klik Keluar" tetapi keluar dari akun. Sehingga saat berinteraksi atau mengunggah tulisan diminta login.Â
Hal ini terjadi karena sistem error. Bisa juga saat jaringan tidak stabil, keyboard bisa loncat-loncat.
Kejadian yang saya alami, tepatnya pada 18 Oktober 2022, ketika hendak mengunggah artikel foodie. Sewaktu nge-klik ikon A, mengarah ke-Z, keyboard kayak kutu loncat. Lantas muncul ikon jadwalkan. Maka saya klik jadwalkan.Â
Semenjak getol menulis di Kompasiana, hampir tiap bangun tidur saya intip akun K. Bermaksud ingin melihat artikel yang saya jadwalkan, ternyata diminta login.Â
Kemudian beralih membaca tulisan teman-teman dan ingin membubukan rate berikut komentar. Tetapi di layar handphone tertulis "Anda harus Login" dan folow akun seperti gambar yang tersematkan.Â
Â
***
Terkait hal tersebut, Mbak Siska Artati mengomentari "dirimu selalu malam-malam ketika mata wis lengket (ngantuk) posting artikel, akhire repot dewe(akhirnya repot sendiri) sembari menyematkan emoji tertawa.
"Habis, bisanya malam, daripada nggak nulis" balas saya dengan emoji menutup mulut. Mbak Siska merekomendasikan nomor kontak salah satu admin K, beliau Mas Kamil Ichsan.
***
Sebenarnya kejadian di atas bukan kali pertama. Dulu pernah ter-keluar dari akun. Kebetulan Mbak Sri Rohmatiah asal Madiun pernah mengalami, jadi curhat minta panduannya. Dan tidak bertele-tele, akun pun kembali.
Tetapi berbeda dengan kasus ini. Sesekali saya berusaha mengutak atik akun, hingga menemukan ikon "Profil Saya". Â Seperti gambar yang tersemat di bawah ini.
Penemuan tersebut saya bahas di grup, pula japri admin Kamil. Beliau pun memberi arahan.
"Bu, klik tanda panah sebelah kiri Profil Saya yang dilingkari."Â
Saya ikuti anjuran beliau.
Setelah saya klik mengarah ke akun K, tempat tersemat foto. Seperti sematan kolase gambar di bawah tulisan. Langkah gagal berulang-ulang.
Kawan-kawan di grup kepenulisan selain saya, ternyata ada yang mengalami hal serupa. Beliau Mbak Dewi Prajna. Berhasil memulihkan akun dipandu Acek Rudy.Â
Kata teman-teman, beliau ahli meramu ajian Kama Sutra, haha... ups. Lho-lho...kok, keluar jalur? lanjut ke judul.
Setelah berbincang di grup, lantas japri beliau. Pada awalnya, Pak Rudy menyuruh saya keluar dari akun K.
Sepemahaman saya mengarah pada titik tiga di sebelan kanan "Profil Saya" tetapi beliau melarang. Sarannya seperti yang disarankan Mas Kamil.
Saya menjawab  "ikon tersebut sudah saya coba berulang, tetapi gagal, Pak."
Pak Rudy  kembali menuntun saya masuk lewat pintu lain, yaitu browser. Padahal belum terpasang.
Serelah meng-instal aplikasi, berlanjut ke penelusuran. Hasilnya loding gegara jaringan. Sehubungan ngantuk, usaha saya hentikan lanjut berburu mimpi indah.
***
Di lain waktu, saya kembali japri Mas Kamil. Disarankan mengulang kembali langkah seperti gambar di atas.
 Saya merasa berada dalam "Lingkaran Labirin," mencoba dengan berbagai cara, hasilnya kembali ke tempat semula.
Kemudian mencoba masuk lewat google, lagi-lagi mengarah ke KG Media ID. Setelah imail dan password disematkan, dan login lewat media google serta facebook, tetap gagal.
"Sepertinya di browser ada bugs, barangkali chromenya bisa coba clear cookies dulu, Bu." Kata Mas Kamil.
Aduh, bahasane aku nggak mudeng Mas, batin saya. Lagi-lagi saya minta pencerahan Mbak Siska.
Beliau menerjemahkan serta mengirim tangkapan layar google(A). 'Owalah....' saya pun menahan malu.
Kembali saya japri Mas Kamil, sembari mengirim foto ya beliau maksud.
Sarannya, hapus penelusuran seperti gambar di atas.(B & C).
Admin kembali menyarankan saya mengulang langkah demi langkah, kemudian login menggunakan imail.
Setelah muncul ikon bertuliskan "Selamat datang" seperti gambar di atas, untuk membiarkan berjalan otomatis sesuai arahan. Lagi- lagi mengarah ke "Profil Saya" KG Media ID.Â
Ternyata ini Kunci Login Kembali di Kompasiana
Langkah pertama: Klik ikon titik 3 di sebelah kanan yang saya lingkari(1). Setelah diklik mengarah ke Profil Saya dengan 4 ikon(2) terdiri:
1. Ubah Provil
2. Ganti Password
3. Hapus Akun
4. Logout.
Saya klik logout, nanti bakal muncul tampilan login lanjutkan ke Kompasisna.(3).
Selanjutnya ikuti arahan di layar yang mengarah ke KG Media ID.
Sesuai arahan Mas Kamil, saya mencob login dengan cara sebelumnya, yakni dengan memasukan imail dan password. Dan eng ing eng...akun saya sudah pulih.
Berita gembira tersebut lantas saya laporkan kepada Mas Kamil dan kepada kawan-kawan yang semua.
Ternyata kunci login saat kita terkeluar dari akun, berada di titik 3 sebelah kanan ikon Profil Saya.
Sebenarnya keinginan tersebut sudah muncul sejak saya menemukan ikon profil saya, tapi banyak yang melarang hehehe. Jadi mundur teratur, pula takut kesasar. Begitulah keseruan kisah saya yang terkeluar dari akun Kompasiana.
Terima kasih Mas Kamil dan teman-teman atas dukungan dan supportnya hingga akun kembali normal.
Sekian dalam berbagi cara mengatasi susahnya login di Kompasiana. Semoga bermanfaat.
#CaraLogindiKompasiana
#ArtikelYuliyanti
#Tulisanke-416
#Klaten, 24 Januari 2023
#MenulisdiKompasiana
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H