Nama: Yulia Febriana
Nim: 2502022622
Asal Kota: Banda Aceh
“Meratakan Kualitas Pendidikan anak bangsa”
Pemerataan pendidikan adalah salah satu aspek utama dalam pembangunan pendidikan sebagai gerbang awal merdeka belajar. Pemerataan pendidikan sangat penting bagi bangsa Indonesia karena mempunyai perannya dalam menuju perkembangan di setiap bidang baik kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Sehingga, pemerintahan Indonesia juga berkewajiban untuk memenuhi hak-hak setiap masyarakat Indonesia agar dapat memperoleh pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas bangsa Indonesia.
Cara memeratakan kualitas pendidikan di Indonesia tentu sudah tidak jauh dari tujuan pendidikan di Indonesia, karena maksud dari pendidikan di Indonesia disini adalah pendidikan yang dilaksanakan untuk kepentingan negara Indonesia.
Aspek materi pendidikan telah disebarkan dengan berbagai cara seperti ceramah mengenai pendidikan di televisi, melalui radio, koran, dan lain sebagainya. Materi-materi yang diserap melalui media tersebut akan mempengaruhi edukasi anak atau mahasiswa.
Namun, walaupun telah disebarluaskan dengan berbagai carapun, kualitas pendidikan di Indonesia masih kurang efektif dan tidak merata. Hal tersebut dapat kita lihat melalui kualitas guru, sarana pembelajaran, dan anak-anak bangsanya. Kebanyakan guru sekarang masih kurang berkompeten, karena banyak masyarakat Indonesia yang menjadi seorang guru dikarenakan kekurangan dana atau tidak diterima di jurusan lain.
Kemudian, sarana pembelajaran di Indonesia juga termasuk alasan mengapa pendidikan di Indonesia belum efektif. Terutama kepada penduduk di daerah-daerah yang terpencil. Mereka masih belum mendapatkan pendidikan yang sama dengan kota-kota besar. Banyak sekali kita jumpai di berita mengenai anak-anak di desa terpencil yang mendapatkan pembelajaran menggunakan fasilitas kelas rusak, dimana bangunan yang kumuh dan tidak mempunyai atapnya. Kemudian, ada juga anak-anak yang harus berangkat dari desa mereka menuju ke kota, agar mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak-anak lain dikota. Kebanyakan penduduk di daerah desa terpencil ini hanya menggunakan ilmu terapan yang benar-benar dipakai untuk kerja dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ada banyak sekali alasan yang membuat masyarakat di daerah terpencil ini menjadi tidak belajar, antara lain sekolah dan guru.
Secara umum, penyebab tidak meratanya kualitas pendidikan di Indonesia adalah tujuan pendidikan di Indonesia yang dapat dikatakan masih sangat rendah. Pendidikan di Indonesia masih belum mempunyai tujuan yang jelas sebelum kegiatan pembelajaran dijalankan. Oleh karena itu, masih banyak anak atau pendidik yang tidak mengetahui “tujuan” apa yang akan dicapai, sehingga mereka tidak mempunyai gambaran yang tepat dalam hal pendidikan.
Selanjutnya, cara berpikir masyarakat Indonesia yang salah, yaitu banyak masyarakat Indonesia berasumsi bahwa pendidikan formal hanya untuk sekedar formalitas saja, yaitu agar membentuk sumber daya manusia di Indonesia. Mereka tidak memperdulikan hasil dari proses pembelajaran tersebut. Mereka menganggap apabila pendidikan di jenjang yang tinggi telah dilaksanakan, maka sudah dapat dikatakan hebat. Anggapan inilah yang sering sekali menyebabkan tujuan pengajaran di negara kita yang masih rendah.
Dalam memeratakan proses ilmu pendidikan, akan menjadi jauh lebih baik apabila kita dapat memperhitungkan cara mendapatkan hasil yang baik tanpa melupakan proses yang baik juga. Munculnya masalah-masalah pendidikan di Indonesia adalah biaya pendidikan yang mahal, waktu yang didapatkan dalam proses pendidikan, Kualitas dan tujuan guru, serta masih banyak hal lain yang dapat membuat proses pendidikan di Indonesia menjadi kurang efisien.
Apalagi dapat kita rasakan mengenai pendidikan saat ini. Dunia pendidikan yang terus saja berubah, metode pendidikan di negara lain yang juga sangat berbeda dengan metode pendidikan di negara kita. Oleh karena itu, kompetisi-kompetisi yang wajib dikuasai oleh pengajar dalam lembaga pendidikan harus memenuhi standar.
Kemudian, diperlukannya solusi-solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini, yaitu solusi dengan mengubah sistem-sistem yang berhubungan dengan sistem pendidikan. Pendidikan dapat diarahkan dengan mempunyai prinsip yang dapat meminimalkan tanggung jawab dan peran negara dalam urusan masyarakat, termasuk bagian pendanaan pendidikan.
Solusi selanjutnya adalah dengan menyangkut langsung mengenai pendidikan di Indonesia, seperti dengan menyelesaikan masalah kualitas guru. Mencari guru yang benar-benar memilki inovasi dan tujuan untuk mengedukasi siswa, bukan hanya melalui materi tetapi dapat menjelaskannya melalui praktek juga. Selain itu, juga dapat meningkatkan prestasi siswa. Melatih dan membimbing siswa agar mau berkompetisi dalam berbagai kompetisi yang ada.
Pemerataan pendidikan memiliki makna bahwa setiap masyarakat di Indonesia memiliki persamaan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dan hak dalam memperoleh pendidikan yang sederajat diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
Perlunya pemerataan pendidikan saat ini mempunyai peranan penting dalam meningkatkan pembangunan bangsa serta dapat membantu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dan perkembangan sosial di Indonesia. Pendidikan akan menghasilkan pemuda-pemuda terpelajar yang menjadi syarat terciptanya generasi bangsa yang mandiri, maju, sejahtera, demokratis, dan terlepas dari kemiskinan.
Pemerintah Indonesia juga harus dapat berkontribusi untuk memeratakan pendidikan yang ada di Indonesia, seperti 1) Meningkatkan fasilitas dan materi pembelajaran termasuk sarana olahraga, 2) Dapat memberikan bantuan subsidi pendidikan bagi sekolah-sekolah termasuk sekolah swasta agar sekolah-sekolah swasta juga dapat mampu melaksanakan pendidikan yang berkualitas dan dapat memberikan pelayanan pendidikan agar dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia, 3) Memberikan bantuan dana untuk masyarakat yang tidak mampu, berpindah-pindah, terasingkan, minoritas, dan berada di daerah terpencil, 4) memberikan program beasiswa kepada peserta didik yang berprestasi, agar mereka mampu bersaing untuk meningkatkan skill dan pengetahuan mereka.
Pemerataan pendidikan di Indonesia ini memerlukan kesadaran dan tekad besar, baik dari pemerintah maupun masyarakat Indonesia. Pemerintah daerah juga wajib memberikan layanan atau kemudahan dalam menyelenggarakan pendidikan yang efektif bagi setiap warga daerah tanpa adanya diskriminasi.
Apalagi masalah kemiskinan juga dapat menjadi hambatan utama untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu. Untuk daerah-daerah di luar Jawa yang masih tertinggal juga wajib mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk mencegah terjadinya kecemburuan sosial. Indonesia saat ini harus memberikan atau meningkatkan sarana dan akses pendidikan untuk daerah-daerah yang miskin atau terpencil.
Pembangunan pendidikan di Indonesia selama ini sudah membuahkan hasil yang baik. Namun, pembangunan pendidikan di Indonesia masih saja dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan perluasan akses dan juga pemerataan sarana pendidikan pada wilayah perkotaan. Kemudian untuk subsidi dari pemerintah juga masih belum mencukupi apalagi kepada masyarakat yang tidak mampu yang jumlahnya sangat besar. Pemerintah dapat mengupayakan pemerataan pendidikan untuk masyarakat-masyarakat miskin dan berada di daerah terpencil di Indonesia, yaitu dengan menerapkan program wajib belajar selama 9 tahun.
Menyadari akan pentingnya pendidikan bagi sumber daya manusia dalam memajukan negara kita ini, perlu sekali pemerataan pendidikan yang merata sebagai awal gerbang merdeka belajar. Dengan adanya dukungan semua pihak, baik pemerintah maupun seluruh masyarakat Indonesia, serta adanya kemauan belajar anak-anak bangsa, maka pendidikan di Indonesia akan berjalan dengan lebih efektif dan merata ke seluruh wilayah di Indonesia. Ini merupakan gerbang awal dalam mewujudkan pembelajaran yang merdeka. Semoga dengan diberlakukan pemerataan pendidikan ini, pendidikan kita di Indonesia dapat mampu mengubah sudut pandangnya dan menghasilkan kualitas maupun kuantitas bangsa Indonesia, baik pengajar, maupun peserta didik termasuk masyarakat setempat. Karena dengan adanya kualitas dan pemerataan pendidikan ini, maka kemampuan anak-anak bangsa menjadi lebih berkembang dan bermanfaat bagi kemajuan bangsa.
#kampusMerdeka #KampusMengajar
Referensi
https://argorekmomenoreh.wordpress.com/2013/12/28/pemerataan-pendidikan/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H