2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1.a.3.Mulai dari Diri -Modul 2.1 Refleksi Individu Pembelajaran Berdiferensiasi
Assalamualaikum Warahmatullah
Perkenalkan saya Yulia Endang Purwanti, Calon Guru Penggerak Angkatan 9 Kota Cimahi Jawa Barat, Unit Kerja SD Negeri Cibabat Manidiri 2.Â
Pada tulisan kali ini saya akan memaparkan Refeksi Individu Pembelajaran Berdiferensiasi Modul 2.1 Â dengan menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang sudah di sediakan pada modul.Â
Berikut pertanyaan dan jawabannya ;
1. Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid anda.
Kelas yang saya ampu terdiri dari murid-murid yang beragam karakteristiknya, naik kemampuan, sikap dan kepribadiannya.Â
2. Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda , Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid anda, Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan, jika ada seperti apa, jika tidak apa dampaknya terhadap murid Anda ?
Hal yang saya lakukan dalam melayani kemampuan murid yang berbeda adalah dengan memetakan kemampuan mereka sesuai dengan 3 aspek yang berbeda, yaitu Aspek Kesiapan Diri, Aspek minat, dan Aspek profil muird, mulai dari proses pembelajaran  saat awalmpembelajaran, kegiatan inti serta akhir tentu saja berdda sesuai dengan pemetaan yang dilakukan,bahkanasesmen pun dilakukan berbeda, hal ini tentu mempermudah murid dalam kegiatan pembelajaran mereka dampaknya mereka akan lebih mudah dalam pembelajaran, lebih tertarik karena mereka belajar sesuai dengan minat, kesiapan diri serta profil diri mereka. Sikap sayapun dalam menuntun , memberikan bimbingan baik dalam penyampaian materi pembelajaran,pemilihan model ajar, metode serta pendekatan pembeajaran harus relevan dengan karakteristik mereka yang berbeda, sehingga bisa masuk ke semua tahapan kemampuan murid.
Sebagai contoh konkrit jika kita memetakan kemampuan murid berdasarkan kesiapan belajar maka akan ada kelompok anak yang sudah baik dalam menyimak, memahami pembelajaranhanya dengan menonton, melihat vdeo dan gambar yang menarik, namun bagi anank yang masih kurang dalam kemampuan menyimak dan memahami harus  lebih terperinci dalam menjelaskan serta di padukan dengan metode demonstrasi, peragaan atau drama, sehingga kelompok yang di petakan berdasarkan kesiapan belajar dan mereka termasuk kelompok yang masih dalam tahap kurang, akan lebih mudah bagi mereka untuk meahami pembelajaran.Â
3. Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragamn murid-murid Anda tersebut ? Tindakan-tindakan apa yang Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?