Mohon tunggu...
YULIA ENDANG PURWANTI
YULIA ENDANG PURWANTI Mohon Tunggu... Guru - Guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hidup itu perjuangan.., berjuang menjadi insan yang lebih baik dalam pandangan Allah dan manusia..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

2.1.a.3.Mulai dari Diri -Modul 2.1 Refleksi Individu Pembelajaran Berdiferensiasi

24 Oktober 2023   16:42 Diperbarui: 24 Oktober 2023   16:44 2188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1.a.3.Mulai dari Diri -Modul 2.1 Refleksi Individu Pembelajaran Berdiferensiasi

Assalamualaikum Warahmatullah

Perkenalkan saya Yulia Endang Purwanti, Calon Guru Penggerak Angkatan 9 Kota Cimahi Jawa Barat, Unit Kerja SD Negeri Cibabat Manidiri 2. 

Pada tulisan kali ini saya akan memaparkan Refeksi Individu Pembelajaran Berdiferensiasi Modul 2.1  dengan menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang sudah di sediakan pada modul. 

Berikut pertanyaan dan jawabannya ;

1. Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid anda.

Kelas yang saya ampu terdiri dari murid-murid yang beragam karakteristiknya, naik kemampuan, sikap dan kepribadiannya. 

2. Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda , Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid anda, Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan, jika ada seperti apa, jika tidak apa dampaknya terhadap murid Anda ?

Hal yang saya lakukan dalam melayani kemampuan murid yang berbeda adalah dengan memetakan kemampuan mereka sesuai dengan 3 aspek yang berbeda, yaitu Aspek Kesiapan Diri, Aspek minat, dan Aspek profil muird, mulai dari proses pembelajaran  saat awalmpembelajaran, kegiatan inti serta akhir tentu saja berdda sesuai dengan pemetaan yang dilakukan,bahkanasesmen pun dilakukan berbeda, hal ini tentu mempermudah murid dalam kegiatan pembelajaran mereka dampaknya mereka akan lebih mudah dalam pembelajaran, lebih tertarik karena mereka belajar sesuai dengan minat, kesiapan diri serta profil diri mereka. Sikap sayapun dalam menuntun , memberikan bimbingan baik dalam penyampaian materi pembelajaran,pemilihan model ajar, metode serta pendekatan pembeajaran harus relevan dengan karakteristik mereka yang berbeda, sehingga bisa masuk ke semua tahapan kemampuan murid.

Sebagai contoh konkrit jika kita memetakan kemampuan murid berdasarkan kesiapan belajar maka akan ada kelompok anak yang sudah baik dalam menyimak, memahami pembelajaranhanya dengan menonton, melihat vdeo dan gambar yang menarik, namun bagi anank yang masih kurang dalam kemampuan menyimak dan memahami harus  lebih terperinci dalam menjelaskan serta di padukan dengan metode demonstrasi, peragaan atau drama, sehingga kelompok yang di petakan berdasarkan kesiapan belajar dan mereka termasuk kelompok yang masih dalam tahap kurang, akan lebih mudah bagi mereka untuk meahami pembelajaran. 

3. Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragamn murid-murid Anda tersebut ? Tindakan-tindakan apa yang Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?

Tantangan yang saya hadapi adalah saya harus memahami dengan mendetail, menyeluruh apa dan bagaimana pembelajaran diferensiasisehingga jika saya sudah sangat paha saya bisa mengimplementasikannya dengan efktif dan efesien, kemudian saya harus membuka diri untuk mencari, menerima ilmu dan wawasan baru apapun itu terkait dengan pembelajaran yang berkaitan dengan pendidikan, pengajaran, faktor-faktor yang menjadi karakteristik pembelajaran berdiferensiasi sehingga saya dapat berkompeten menjadi pendidik . Saya harus bisa'membaca', memahami murid lebih dekat baik dalam personal maupun memahami mereka dalam kemampuan dan minatnya. Penguasaan saya dalam memetakan murid sesuai aspek, pemguasaan memahami murid, kompetensi saya dalam memilih bahan ajar, media pembelajaran serta strategi saya dalam penyampaian materi juga menjadi faktor penting yang mendukung terlaksananya Pembelajaran Berdiferensiasi dengan optimal. 

4. Menurut Anda , untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut , bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan dan dievaluasi?

Maka Pembelajaran diferensiasi harus di rancang dengan sistematis , mulai dengan memetakan kebutuhan murid, aspek mana yang akan kita gunakan, apakah aspek kesiapan belajar, minat atau profil belajar murid, setiap rancangan ynag dibuatharus dilaksanakan dengan tahapan yang relevan dan ditahap akhir kita evalusi apa yang harus kita tingkatkan, sehingga kita dapat melakukan implementasi pembelajaran berdiferensiasi kedepan lebih maksimal. 

Demikian pemaparan saya, terimakasih.

Semoga bermanfaat sebagai bahan referensi pemenuhan tugas CGP.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun