Modul P5 Fase A_Bhineka Tunggal IKa_Â
Indahnya Kebudayan Indonesia.Â
Kegiatan Ke 2
Assalamualaikum Warahmatullah
Perkenalkan saya Yulia Endang Purwanti dari SD Negeri Cibabat Mandiri 2 , kali ini saya akan berbagi Modul P5 Fase A , Materi yang kami ambil dalam Projek ini adalah Bhineka Tunggal Ika  dengan Sub Materi Indahnya Kebudayaan Indonesia. Dimensi P5yang di munculkan adalah Mandiri, Bernalar Kritis dan Berkhebinekaan Global .Â
Tujuan ProjekÂ
Projek ini bertujuan mengenalkan ragam budaya Indonesia secara menyeluruh kepada peserta didik , sepanjang pelaksanaan proyek mereka akan mencari keberagaman budaya, mulai dari baju adat, makanan khas, bahasa, suku bangsa, lagu dan tarian daerah, rumah adat dan keseluruhan budaya bangsa Indonesia, sehingga di akhir proyek diharapkan murid-murid mampu mengindentifikasi, merangkul keragaman budaya dalam kehidupan keseharian mereka di sekolah, di rumah dan dilingkungan masyarakatnya.Â
Deskripsi ProjekÂ
Indonesia memiliki budaya yang kaya akan keanekaragaman, baik adat istiadat, suku bangsa, bahasa daerah, serta yang lainnya, namun masih banyak peserta didik  yang belum mengetahui keberagaman budaya tersebut. Dengan melakukan projek ini , mereka akan diajak mengenal keberagaman budaya Indonesia melalui wawancara kepada guru-guru di sekolah, mengunjungi perpustakaan, menonton tayangan video, mengunjungi tempat wisata, hingga akhirnya mereka  dapat menampilkan dan berbagi hasil keberagaman budaya Indonesia melalui kegiatan pameran.
Rincian KegiatanÂ
2. Kegiatan Mengunjungi PerpustakaanÂ
Temukan ; Kegiatan 2Â
Ayo pahami Perbedaan Budaya dan Identitas Budaya.
Pada tahap ini , murid akan berkenalan dengan keragaman kebudayaan Indonesia dengan melihat dan mengamati gambar, membaca kemudian berdiskusi bersama, apa yang mereka peroleh selama megunjungi perpustakaan.Â
Jumlah Jam yang dibutuhkan untuk kegiatan ini adalah 6JP dengan Alat dan Bahan ; Infocus, Laptop, Gambar-gambar menarik, buku bacaan.Â
Asesmen yang dilakukan adalah Diskusi dan berbagi dengan teman satu kelompok, dan teman  sekelas.Â
Kegiatan  PembukaÂ
Guru membuka kelas dengan menanyakan berbagai daerah yang ada di Indonesia. Murid diminta untuk memberikan tanggapan terhadap contoh yang di sajikan dengan memberi pertanyaan " Apa yang kalian lihat ?", Tampilkan alat-alat musik daerah , kemudian tampilkan juga rumah adat, kemudian kaitkan pertanyaan dengan menghubungkan antara Alat musik dan daerah yang tampil di layar imfocus. Â
Kegiatan IntiÂ
Murid menjawab pertanyaan yang beragam, setelah itu guru melanjutkan  kegiatan dengan mengajak murid menggali informai  lanjutan . Tanyakan kepada mereka Apa hal yang ingin mereka ketahui lebih banyak lagi dan apa hal menarik yang ingin mereka ketahui, Dengan jawaban mereka yang antusias, ajaklah murid-murid mengunjungi perpustakaan untuk melakukan riset literatur mengenai keragaman budaya Indonesia. Hasil kerja /riset selama di perpustakaan dapat dituliskan dalam jurnal projek atau lembar kerja yang sudah disiapkan guru.Â
Kegiatan Akhir/PenutupÂ
Murid-murid berbagi temuan yang menarik kepada temn-temannya di kelas , guru menindaklanjuti dengan bertanya kepada murid , Pertaanyaan yang diajukan adalah "Setelah kalian membaca buku dan mengamati gambar di perpustakaan , apakah ada hal menarik yang kalian temukan , dan ingin kalian ketahui lebih detail lagi ?
Lembar Kerja Kegiatan 2 Â
KegiatanÂ
Siswa diminta untuk menulis jurnal ragam budaya nusantara, Mereka dapat menuliskan hal-hal yang mereka temui saat membaca buku dan mengamati gambar-gambar di perpustakaan yang  berkaitan dengan keberagaman budaya Indonesia.Â
Terimakasih, semoga bermanfaat.Â
Bersambung ke Kegiatan 3
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H