Modul P5 Fase AÂ
Bhineka Tunggal Ika_Indahnya Kebudayaan Indonesia
Kegiatan Ke 1
Assalamualaikum WarahmatullahÂ
Tulisan kali ini akan saya paparkan Modul P5 Fase A .Â
Projek yang kami  pilih adalah Bhineka Tunggal IKa_Indahnya Kebudayaan Indonesia.
Tujuan Projek Â
Projek ini di buat sebagai sarana untuk mengenalkan ragam budaya Indonesia kepada peserta didk , selama kegiatan projek berlangsung mereka akan mencari tahu , permaianan anak-anak daerah, tarian daerah, alat musik daerah, baju adat, rumah adat, bahasa , adat dan budaya Indonesia secara keseluruhan , diharapkan pada akhir projek mereka mampu mengidentifikasi dan merangkul keragaman dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah ataupun di lingkunganmasyarakat.Â
Deskripsi Projek Â
Indoneia adalah negara yang sangat kaya, kaya akan keberagaman, beragam suku, adat, budaya, bahasa serta yang lainnya, namun masih banyak peserta didik yang  belum mengetahui ragam budaya tersebut.  Dengan melakukan projek ini, mereka akan diajak mengenal keberagaman budaya Indonesia, melalui wawancara kepada ibu/bapak guru di sekolah, membaca buku, melihat gambar menarik, mengunjungi perpustakaan , menonton tayangan video keberagaman budaya Indonesia , di lanjutkan dengan kunjungan ke tempat wisata sampai akhirnya peserta didik dapat menampilkan dan berbagi hasil keberagaman budaya Indonesia melalui kegiatan pameran.
Rincian KegiatanÂ
Kegiatan 1 Ayo temukan Perbedaan Budaya dan Identitas BudayaÂ
1. Wawancara kepada guru-guru di sekolah.Â
-Pada Tahap ini murid akan diarahkan untuk berkenalan dengan keragaman kebudayaan Indonesia ditahap awal dengan mencari tahu perbedaan / keragaman guru-guru .
-Asesmen Laporan Hasil Wawancara.
-Jumlah JP : 6 JP @ 35 menit
-Alat dan Bahan ; Daftar pertanyaan wawancara
Kegiatan Pembuka ;
Guru membuka kelas dengan menanyakan berbagai daerah yang ada di Indonesia, Murid di minta untuk memberikan tanggapan terhadap contoh yang disajikan dengan memberi pertanyaan yang menstimulan anak bahwa guru-guru pun memiliki perbedaan adat dan budaya. Guru-guru di sekolah berasal dari daerah yang  berbeda.Â
Kegiatan IntiÂ
Setelah mendapatkan jawaban yang beragam dari murid , guru menuntun mereka untuk berdiskusi merumuskan pertanyaan yang akan diajukan oleh murid kepada guru-guru di sekolah. Hal menarik apa yang ingin murid ketahui tentang keaneka ragaman budaya kita. Hasil wawancara dapat ditulis di bagan/kolom yang sudah di sediakan ( dituliskan dalam jurnal projek atau LK yang telah di siapkan oleh guru
Kegiatan PenutupÂ
Murid berdiskusi, berbagi temuan menarik kepada teman-teman sekelasnya yang berbeda kelompok. Mereka menganalisa hasil wawancara drai setiap guru, mereka memahami bahwa guru-guru berasal dari daerah yang berbeda, mempunyai makanan khas yang berbeda, kesenian daerah yang berbeda pula.Â
Lembar Kerja Kegiatan 1Â
Daftar Pertanyaan wawancaraÂ
1. Dari daerah manakah asal daerah Bapak/Ibu ?
2. Apa makanan khas daerah yang  Bapak/Ibu sukai ?
3. Apa Kesenian daerah Bapak/Ibu ?
Laporan Hasil wawancaraÂ
Kegiatan
Setelah melakukan wawancara murid diminta untuk menuliskan hasil wawancara pada format bagan yang disipakan guru.Â
HarapannyaÂ
Dari Hasil wawancara dan Informasi yang mereka dapatkan diharapkan murid mendapatakan informasi lebih banyak tentang keragaman budaya Indonesia .
Terimakasih, semoga bermanfaatÂ
Berlanjut ke Kegiatan ke 2Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H