Demonstrasi Kontekstual Modul 1.4Â
Penerapan Segitiga Restitusi di Sekolah
Assalamualaikum Warahmatullah
Perkenalkan saya Yulia Endang Purwanti, CGP Angkatan 9 Kota Cimahi Jawa Barat, Unit Kerja SD Negeri Cibabat Mandiri 2.
Tulisan kali ini saya akan memaparkan Tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 1.4 tentang Penerapan Segitiga Restitusi dengan Tujuan Khusus yaitu Saya sebagai CGP dapat mempraktikkan pemahaman saya tentang Segitiga Restitusi dengan murid di sekolah saya.Â
Setelah saya mempelajari konsep-konsep pada modul, maka pemenuhan tugas  kali ini merupakan langkah konkrit untuk menerapkannya pada murid di kelas saya.Â
Sebelum kita ke pembahasan  kasus, sebaiknya kita mengingat kembali apa itu Segitiga Restitusi .
Segitiga Restitusi adalah proses dialog yang dijalankan guru atau orangtua agar dapat menghasilkan murid yang mandiri dan bertanggung jawab.Â
Terdapat 3 Tahapan Segitiga Restitusi yaitu;
1. Menstabilkan IDentitas
2. Validasi Tindakan yang salah
3. Menanyakan Keyakinan