1.4.a.4.3. KEYAKINAN KELAS _EKSPLORASI KONSEP MODUL 1.4
Assalamualaikum WarahmatullahÂ
Perkenalkan saya Yulia Endang Purwanti, S.Pd CGP Angkatan 9 Kota Cimahi Jawa Barat , Unit Kerja SD Negeri Cibabat Mandiri 2.
Kali iini saya akan memaparkan Materi 1.1.a.4.3 Keyakinan Kelas_Eksplorasi Konsep Modul 1.4.
Page 1
Tujuan Pembelajaran Khusus yang ingin di capainoleh semua CGP setelah mempelajari sub modul ini dengan materi Keyakinan Kelas adalah :
1. CGP dapat menganalisis pentingnya memiliki keyakinan sekolah/kelas sebagai fondasi dan arah tujuan sebuah sekolah/kelas, yang akan menjadi landasan dalam memecahkan konflik atau permasalahan di dalam sebuah sekolah/kelas.
2. CGP dapat menjelaskan proses pembentukan dari peraturan-peraturan beralih ke keyakinan kelas.
3. CGP akan dapat berpikir kritis, kreatif, reflektif, dan terbuka dalam menggali nilai-nilai yang dituju pada peraturan yang ada di sekolah mereka masing-masing.
Page 2
Mengapa keyakinan kelas ? mengapa tidak peraturan kelas saja ?
Keyakinan kelas terbentuk atas dasar kesepakatan semua murid dengan tuntunan dan bimbingan guru, keyakinan kelas merupakan hasil diskusi , mufakat bersama, apa saja yang menjadi aturan yang dituangkan , point apa saja yang di masukkan ke dalam keyakinan kelas yang dibuat serta apa konsekuensi yang di terima jika kita melaksanakan atau melanggar keyakinan tersebut.
Sementara Peraturan Kelas di buat, disusun oleh satu pihak yaitu guru tampa adanya konsekuensi bersam, sehingga rewand atau punishment yang di terima merupakan satu arah sebagai imbas dari aturan yang ditetapkan sepihak oleh guru.
Page 3
Nilai-nilai kebajikan yang saya tentukan dan saya jadikan perhatian utama adalah beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berahklak mulia , kemudian diikuti dengan nilai kebijakan yang lain yaitu; mandiri, kreatif, bernalar kritis, gotong royong dan berkebhinekaan global.Â
Page 4Â
Pembentukan Keyakinan Sekolah/Kelas Keyakinan kelas bersifat lebih 'abstrak' daripada peraturan, yang lebih rinci dan konkrit. Keyakinan kelas berupa pernyataan-pernyataan universal. Pernyataan keyakinan kelas senantiasa dibuat dalam bentuk positif. Keyakinan kelas hendaknya tidak terlalu banyak, sehingga mudah diingat dan dipahami oleh semua warga kelas. Keyakinan kelas sebaiknya sesuatu yang dapat diterapkan di lingkungan tersebut. Semua warga kelas hendaknya ikut berkontribusi dalam pembuatan keyakinan kelas lewat kegiatan curah pendapat. Bersedia meninjau kembali keyakinan kelas dari waktu ke waktu.Â
Page 5
Prosedur Pembentukan Keyakinan Sekolah/Kelas
Keyakinan Kelas terbentuk sebagai hasil kesepakatan , mufakat bersama dari semua murid degan bimbingan/tuntunan guru, setiap point yang dijadikan eyakinan kelas sudah merupakan hasil kesepakatan dan dengan konsekuensi yang di sepakati pula,baik bagi yang melaksanakan ataupun yang melanggar.
Page 6
Keyakinan kelas yang akan disusun oleh murid dengan bimbingan guru, saya akan mengarahkan agar murid menggunakan kata. kaliamat positif yang dapat menstimulan pemikiran murid untuk tertuntun  , tergiring melakukan kalimat positif tersebut, kemudian di kems di buat semenarik mungkin sehingga ketika di tempel di dinding akan menarik perhatian pembacanya.
Page 7
Dalam  mendalami Keyakinan Kelas, maka murid-murid dapat diajak berdiskusi tentang tanggung jawab dan hak masing-masing warga kelas, yaitu apa Tugas Guru dan Bukan Tugas Guru serta Apa Tugas Murid atau Bukan Tugas Murid.
Page 8
Page 9
Keyakinan kelas merupakan upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam membangun budaya positif di sekolah.Â
Demikian tulisan saya semoga bermanfaat.
TerimakasihÂ
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI