Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Berbagai Catatan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun Pertama

10 Agustus 2023   14:36 Diperbarui: 10 Agustus 2023   14:43 1225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sudah setahun sekolah kami melaksanakan Kurikulum Merdeka. Sekolah kami memang bukan sekolah penggerak, tapi karena sejak tahun kemarin semua sekolah di Kota Malang harus mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, otomatis sekolah kami juga wajib menerapkannya.

Yang membedakan Kurikulum Merdeka dengan kurikulum sebelumnya adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Ya, kegiatan yang mengambil alokasi waktu 20-30% jam pelajaran setahun ini tentunya memerlukan persiapan yang matang dalam pelaksanaannya. Lebih-lebih di tahun ini ada dua jenjang yang nantinya harus melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yaitu kelas tujuh dan kelas delapan.

Sebelum merancang berbagai kegiatan projek yang akan dilaksanakan tentunya refleksi terhadap kegiatan projek yang sudah dilaksanakan penting untuk dilakukan.

Pelaksanaan refleksi pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dokumentasi Yuliana
Pelaksanaan refleksi pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dokumentasi Yuliana

Mengapa? Melalui refleksi tersebut bisa diketahui kelebihan dan kekurangan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan, termasuk di dalamnya pemberian masukan guna perbaikan pelaksanaan Projek yang akan datang.

Dalam tulisan kali ini saya akan menceritakan bagaimana refleksi yang kami lakukan setelah satu tahun kami melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, juga hasil refleksi tersebut.

Refleksi terhadap pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila  dilakukan berdasarkan data yang diperoleh  dari  siswa juga guru yang terlibat dalam kegiatan ini.

Pengambilan data dilaksanakan lewat pertanyaan-pertanyaan baik yang diajukan secara langsung, maupun lewat angket.

Lintas ke belakang sejenak, di tahun kemarin sekolah kami melaksanakan tiga tema projek, yaitu Aku Bijak Berinternet, Aku Keren dengan 4R dan Konser Musik Nusantara. Mengenai projek-projek tersebut sudah banyak saya ulas di artikel-artikel sebelumnya.

Membuat video, sebuah kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dokumentasi pribadi
Membuat video, sebuah kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dokumentasi pribadi

Nah, pertanyaan yang diajukan adalah berkisar pada pelaksanaan ketiga tema projek tersebut.

Misal : Apa yang kalian sukai dari pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila? Apa yang tidak kalian sukai dari pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila? Bagaimana perasaan kalian saat mengikuti kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila? Dan banyak lagi.

Lewat jawaban siswa dan guru,  bisa didapatkan catatan menarik tentang projek yang sudah dilaksanakan.

Siswa bisa belajar dari berbagai narasumber dalam kegiatan P5 , dokumentasi pribadi
Siswa bisa belajar dari berbagai narasumber dalam kegiatan P5 , dokumentasi pribadi

Catatan tersebut di antaranya  adalah:

1. Siswa ternyata sangat menyukai kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Indikasinya adalah mereka selalu antusias saat jam Projek tiba. Ketika karena kondisi tertentu kegiatan Projek diganti dengan pembelajaran biasa, siswa tampak kecewa.

Beberapa alasan yang membuat siswa suka dengan kegiatan ini adalah:

Satu :  Bisa bergotong royong dan bekerja sama dengan teman, mengembangkan potensi masing-masing di luar mata pelajaran, dan yang tak kalah penting siswa bisa mendapat ilmu langsung dari berbagai narasumber

Dua : Kegiatan projek sangat bervariasi dan sesuai dengan isu kekinian. Ya, saat itu kegiatan projek dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah (Outdoor Learning)

2. Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bisa mengasah karakter baik pada diri siswa dan guru. Tidak bisa dipungkiri, saat ini di banyak sekolah muncul kesenjangan antara guru senior dan yunior. Perbedaan usia yang agak jauh membuat komunikasi antar guru kadang ada hambatan. Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bisa menjadi sarana untuk mengatasinya.

3. Perlu mengadakan sosialisasi di awal tahun tentang kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada orang tua karena berkaitan dengan dana yang diperlukan untuk kegiatan-kegiatan tertentu,  misal untuk ODL atau membuat produk.

4. Penilaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bukan pada produk, tapi pada proses yang dapat memperkuat penanaman karakter pelajar Pancasila. Karenanya pengawasan pada siswa saat kegiatan projek mutlak diperlukan. Jangan sampai siswa menganggap projek seolah kegiatan bebas atau jam kosong.

Pengawasan oleh guru juga bisa meminimalisir banyaknya siswa yang tidak mau bekerja saat kegiatan projek. Siswa yang hanya 'titip nama' , tapi tidak mau ikut bekerja dalam kelompok. 

Berbagai masukan dari hasil refleksi akan digunakan untuk merancang  pelaksanaan projek yang lebih baik di tahun kedua IKM ini.

Konser musik Nusantara,salah satu  tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila , dokumentasi Bintaraloka
Konser musik Nusantara,salah satu  tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila , dokumentasi Bintaraloka

Sebagai hal yang baru tentunya para guru harus selalu belajar dan memperkuat sinergi di antara mereka agar menemukan format yang tepat untuk pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Ya, kita sudah diberi keleluasaan untuk merancang dan mengembangkan pembelajaran di Kurikulum Merdeka ini. Mari kita bebaskan kreativitas kita untuk bersama menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan berkualitas.

Akhirnya, mari belajar bersama,  maju bersama dan hebat bersama dengan terus menanamkan karakter Pelajar Pancasila.

Semoga bermanfaat, dan salam edukasi:)

#EventKomdikKompasiana

#MerdekaBersamaKomdik

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun