Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Matematika pada Sebuah Kue Donat

28 September 2021   17:33 Diperbarui: 30 September 2021   09:58 1132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tentang Kue Donat

Donat.  Siapa yang tidak kenal kue lezat nan cantik ini?  Kue yang sering menjadi favorit karena topingnya yang bermacam-macam.  Ada yang memakai meses berwarna-warni, meses coklat,  kacang,  glaze, atau bahkan cukup ditaburi gula bubuk.  Apapun topingnya tampilannya selalu menggoda.

Ada dua bentuk kue donat yang sering kita temui yaitu donat yang berlubang dan tanpa lubang.

Dari Manakah asal kue donat? Ada yang mengatakan bahwa kue donat di bawa oleh para imigran dari Belanda ke Amerika Utara.

Cerita lain mengatakan donat yang berlubang di bagian tengahnya pertama kali diciptakan kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregory. Saat itu Sang kapten sering harus menyetir kapal dengan kedua belah tangan karena kapal sedang dilanda badai. Kue gorengan yang dimakannya ketika sedang menyetir ditusukkan ke roda kemudi kapal, sehingga kue menjadi bolong.

Ketika badai mereda Sang Kapten mengamati kue donatnya. Tiba-tiba ia berpikir, bagus juga kalau kue donatnya dibuat berlubang di bagian tengahnya karena  bagian tengah kue sering belum matang. Sejak saat itu donat sengaja dibuat berlubang di tengah agar permukaan donat yang terkena minyak bertambah sehingga donat cepat matang

Dalam tulisan saya kali ini saya tidak akan menulis tentang cara membuat kue donat yang lezat. Ada banyak kompasianer yang lebih ahli memasak di sini yang pastinya punya trik-trik yang jitu untuk membuat kue yang sangat populer ini.  Saya di sini akan membahas bagaimana menggunakan kue donat sebagai media pembelajaran matematika. 

Salah satu cara membuat matematika menarik bagi siswa adalah menggunakan contoh sedekat mungkin dengan kehidupan mereka,  dan donat adalah salah satunya.

Jalannya Pembelajaran

Pembelajaran ini saya lakukan ketika mengadakan bimbingan pada siswa yang akan menghadapi AKM.

Di awal pembelajaran saya menayangkan gambar kue donat dalam berbagai warna dan topping. Hmm, bisa dibayangkan anak-anak langsung tersenyum-senyum melihatnya.

Setelah sedikit bercerita tentang sejarah kue donat, anak-anak langsung diajak memecahkan masalah yang berkaitan dengan kue ini.

Masalah 1:

Diketahui sebuah kue donat mempunyai lubang di tengahnya dan bagian atasnya diberi meses coklat. Jika keliling kue donat adalah 31.4cm dan keliling lubangnya adalah 6,28 cm. Berapakah luas permukaan kue donat yang ditaburi meses coklat? 

Donat dengan meses coklat, Sumber gambar: Harapan Rakyat Online
Donat dengan meses coklat, Sumber gambar: Harapan Rakyat Online
Untuk memecahkan soal ini pertama-tama kita cari ukuran jari-jari kue donat. Jika keliling kue donat adalah 31.4 cm, maka jari-jari bisa dicari dengan cara sebagai berikut:

                                        K = 3,14 x 2 x r

                                   31.4= 3.14 x 2 x r

                                        r = 31.4 / 6,28

                                        r = 5 cm

Berikutnya kita mencari jari-jari lubang kue donat dengan cara sebagai berikut:

                                        K = 3,14 x 2 x r

                                   6.28 = 3.14 x 2 x r

                                          r = 6.28/6.28

                                          r = 1 cm

Luas permukaan kue donat yang diberi meses adalah hasil pengurangan luas kue donat tanpa lubang dan luas lubang.

Luas kue donat tanpa lubang = 3,14 x r x r

                                         = 3.14 x 5 x 5

                                         = (3.14 x 25) cm^2

               Luas lubang =  3,14 x r x r

                                         = 3,14 x 1 x 1

                                         = 3.14 cm^2

Jadi luas permukaan donat yang diberi meses adalah  (3.14 x 25) - 3,14 = (3.14 x 24)cm^2

Karena kelihatannya terlalu mudah bagi siswa, masalah lalu  saya kembangkan sebagai berikut.

Masalah 2:

Jika Amin ingin membuat donat tanpa lubang dengan volume adonan dan ketebalan yang sama dengan donat yang berlubang, berapakah jari-jari kue donat tanpa lubang? 

Karena ketebalan dan volumenya sama,  maka luas bagian atas donat tanpa lubang sama dengan kue donat yang berlubang (ketebalan diabaikan). 

Luas bagian atas donat berlubang = luas bagian atas donat tanpa lubang

                             3.14 x 24 = 3.14 x r^2

                                        r^2 = 24

                                               r=  akar 24 = 4,9 cm

Jadi jari-jari donat tanpa lubang adalah 4,9 cm.

Mudah bukan? Dengan kue donat siswa hari ini bisa belajar tentang keliling dan luas lingkaran, juga bilangan berpangkat dan bentuk akar.

Pelajaran ditutup dengan sebuah kesimpulan bahwa dari benda-benda di sekitar kita yang tampak begitu sederhana kita bisa belajar matematika. 

Ya, karena sebenarnya matematika ada di mana-mana.

Salam matematika :)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun