Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode  Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
LokasiTK PGRI I Kepanjen
Lingkup PendidikanPendidikan Anak Usia Dini
Tujuan yang ingin dicapaiMeningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan membuat pigura burung dengan media biji-bijian dan loosepart di kelompok B
PenulisYuke Mariana
TanggalSiklus 1: Â Jumat, 28 Oktober 2022
Siklus 2 : Sabtu, 5 November 2022
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.Kondisi yang menjadi latar belakang dari praktek pembelajaran ini adalah:
*Sebagian besar siswa 53% kelompok B kemampuan motorik halus anak belum berkembang
Dari point diatas dapat diambil kesimpulan bahwa
*Model pembelajaran yang digunakan kurang bervariatif sehingga anak kurang minat untuk  melakukan kegiatan tersebut.
*Media yang digunakan kemungkinan kurang    menarik bagi anak.
*Kurangnya minat anak dalam mengekspresikan kegiatan tersebut karena tidak sesuai dengan karakteristik anak
Praktek Pembelajaran ini penting menurut saya karena:
*Menurut Suyadi (2010 : 69) perkembangan gerak motorik halus adalah meningkatnya pengkoordinasian gerak tubuh yang melibatkan otot dan syaraf yang jauh lebih kecil atau detail. Kelompok otot dan syaraf inilah yang nantinya mampu mengembangkan gerak motorik halus seperti meremas kertas, menyobek, menggambar, menempel, dan sebagainya.
*Perkembangan motorik halus yang terfasilitasi dengan baik akan menjadikan perkembangan optimal dan mampu mandiri dalam pemenuhan aktivitas kesehariannya. Selain itu kepercayaan diri dan juga perkembangan diri dalam bidang akademik juga akan menunjang.
Dalam praktek pembelajaran ini, saya selaku guru berperan sebagai:
*Sumber Belajar yakni menyampaikan materi burung
*Fasilitator yakni menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan anak sehingga memberi kemudahan kepada anak dalam memahami materi burung
*Pengelola yakni mengelola jalannya pembelajaran
*Pembimbing yakni membimbing secara adil sesuai kebutuhan masing-masing anak
*Motivator yakni memberikan motivasi dan apresiasi atas pembelajaran yang telah dilakukan anak
*Evaluator yakni mengevaluasi keberhasilan pembelajaran yang telah dirancang serta menyusun rencana tindak lanjut sebagai sebuah perbaikan
Peran dan tanggung jawab penulis guru :
*Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan metode, media dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar anak bisa  tercapai dengan yang diharapkan
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai  tujuan tersebut? Siapa saja  yang terlibat
Dari hasil Analisis kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu Meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan membuat pigura burung dengan media biji-bijian dan loosepart di kelompok B
Tantangan yang dihadapi oleh orang tua adalah:
*Orang tua kurang peduli/dukungan/ tidak memotivasi belajar anak dalam melakukan kegiatan motorik halus dan seni dalam pembelajaran
Tantangan peserta didik :
*Motivasi  dan minat belajar anak masih rendah
*Media pembelajaran kurang menarik bagi anak anak
*Metode pembelajaran kurang inovatif
*Minimnya konsentrasi anak dalam belajar
Tantangan yang dihadapi guru adalah:
*memilih metode pembelajaran yang bervariatif sehingga anak merasa tertarik      dan antusias dalam mengikuti pembelajaran
*Pemilihan media pembelajaran yang tepat  dan menarik bagi anak
*Menumbuhkan motivasi belajar siswa baik disekolah maupun bersama orang tua dirumah  melalui proses pembelajaran yang menyenangkan.
*Minimnya pemanfaatan TPACK di kelas
Dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu:
*kompetensi pedagogik
*kompetensi professional
Yang terlibat dalam praktek pembelajaran ini adalah :
*orang tua
*Guru dan
*Peserta didik
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi iniAKSI 1:
Langkah-langkah yang dilakukan:
*Membawa burung di dalam sangkar
*Memilih powerpoint sebagai media pembelajaran yang digunakan guru untuk menyampaikan materi jenis burung
*Menyusun Modul Ajar sebagai acuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran
*Melakukan gerak dan lagu tentang burung
*Menyiapkan media biji-bijian dan loosepart sebagai media eksplorasi anak dalam mengerjakan projectAksi 2
Lngkah-langkah yang dilakukan:
*Membawa burung di dalam sangkar
*Memilih powerpoint sebagai media pembelajaran yang digunakan guru untuk menyampaikan materi jenis burung
*Menyusun Modul Ajar sebagai acuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran
*Melakukan gerak dan lagu tentang burung
*Menyiapkan media biji-bijian dan loosepart sebagai media eksplorasi anak dalam mengerjakan project
Strategi yang digunakan:
*Strategi yang digunakan adalah Project Based Learning (PjBL) dengan kegiatan project; membuat pigura burung dari bahan biji bijian dan bahan loosepart
*Penggunaan media/TPACK
*Pendekatan SAINTIFIK, H0ts, STEAMStrategi yang digunakan:
*Strategi yang digunakan adalah Project Based Learning (PjBL) dengan kegiatan project; membuat pigura burung dari bahan biji bijian dan bahan loosepart
*Penggunaaan media/TPACK
*Pendekatan SAINTIFIK, Hots, STEAM
Proses Pembelajaran:
*Guru menggali pengetahuan anak dengan mengamati burung yang dibawa guru
*Guru menggali pengetahuan anak dengan mengamati  PPT dari guru
*Guru melakukan gerak dan lagu burung
*Anak membuat kolase pigura burungProses Pembelajaran:
*Guru menggali pengetahuan anak dengan mengamati burung yang dibawa guru
*Guru menggali pengetahuan anak dengan mengamati  PPT dari guru
*Guru melakukan gerak dan lagu burung
*Anak membuat kolase pigura burung
Yang terlibat:
Guru dan peserta didikYang terlibat:
Guru dan peserta didik
Materi yang diperlukan:
*Burung di dalam sangkar
*Powerpoint tentang jenis jenis burung
*Gerak dan lagu burungMateri yang diperlukan:
*Burung di dalam sangkar
*Powerpoint tentang jenis jenis burung
*Gerak dan lagu burung
Refleksi Hasil dan dampak
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Aksi 1
Dampak dari Langkah yang dilakukan :
*Penggunaan media berupa burung di dalam sangkar sangat membantu pemahaman anak dalam kegiatan pembelajaran.(pendekatan saintifik)
*Penggunaan Video pembelajaran sangat membantu pemahaman belajar anak melalui TPACK
*Pemilihan model pembelajaran PBL, PJBL,menumbuhkan berfikir kritis siswa  terlihat dari tanggapan dan jawaban yang  dilontarkan guru saat pembelajaranAksi 2
Dampak dari Langkah yang dilakukan :
*Penggunaan media berupa burung di dalam sangkar sangat membantu pemahaman anak dalam kegiatan pembelajaran.(pendekatan saintifik)
*Penggunaan Video pembelajaran sangat membantu pemahaman belajar anak melalui TPACK
*Pemilihan model pembelajaran PBL, PJBL,menumbuhkan berfikir kritis siswa  terlihat dari tanggapan dan jawaban yang  dilontarkan guru saat pembelajaran
Hasil yang diperoleh sangat efektif, namun masih perlu pengulangan    untuk meningkatkan kemampuan motorik halus  Hasil yang diperoleh sangat efektif dan lebih mudah dipahami anak, perkembangan anak sangat cepat
Respon anak terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa dilihat saat kegiatan penutup tanya jawab tentang pengalaman belajar hari ini sangat menyenangkan karena media pembelajarannya menarik dan tidak membosankanRespon anak terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa dilihat saat kegiatan penutup tanya jawab tentang pengalaman belajar hari ini sangat menyenangkan karena media pembelajarannya menarik dan tidak membosankan
Fakt0r ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan:
Membutuhkan waktu yang lebih banyak dan kesempatan berulang kali dalam membuat kolase pigura burung karena media yang kecil-kecilFaktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan:
Hasil pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan dan terdapat koordinasi motorik halus tercapai dengan hasil yang maksimal
pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut:
*Hasil produk sudah bagus, tetapi perlu pembenahan lagi di pemilihan jenis biji bijian yang tepat agar sesuai dengan bagian tubuh burung. Pembenahan di media loosepart untuk hiasan pigura masih perlu ditingkatkan lagi
*Hasil belajar siswa tercapai BSB 50%pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut:
*hasil produk sudah bagus untuk pemilihan media biji bijian yang digunakan sudah tepat dan serasi di dalam pigura burung
*proses pembelajaran saintifik dan PJBL yang sudah dilaksanakan oleh guru Hasil prestasi siswa meningkat, yang dari awal BSB masih 50% meningkat BSB menjadi 80 %
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H