Mohon tunggu...
Yuhana Faradila Muzam Roudloh
Yuhana Faradila Muzam Roudloh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

Saya adalah mahasiswa S1 Pendidikan Matematika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Mahasiswa AM Pendidikan Matematika UM di SMP Shalahuddin Malang

20 Juni 2024   10:10 Diperbarui: 20 Juni 2024   10:26 360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu kegiatan utama Departemen Matematika dalam Asistensi Mengajar adalah proses belajar dan mengajar matematika di SMP Shalahuddin Malang dan melaksanakan sejumlah program kerja yang telah dirancang pada awal kegiatan. Fun Math adalah program kerja khusus siswa matematika yang mengajarkan materi tambahan tentang operasi bilangan bulat, terutama operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Berdasarkan observasi dan komunikasi dengan guru pamong matematika, anak-anak kelas 7 dan 8 sangat membutuhkan penguatan materi operasi bilangan bulat karena materi ini merupakan dasar pemahaman yang harus mereka kuasai agar mereka dapat memahami materi berikutnya, baik dalam matematika maupun ipa atau pelajaran lain yang membutuhkan konsep dasar hitungan. Setelah koordinasi dengan guru koordinator dan tentunya dengan bantuan serta pengawasan dari guru pamong disepakati bahwa kegiatan Fun Math dilakukan di setiap hari selasa pada awal pelajaran selama 40 menit yaitu pada jam 06.45 – 07.25 WIB untuk kelas 7 dan kelas 8.

Gambar 1. Pemberian Materi di Kelas Fun Math (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Untuk pelaksanaan Fun Math sendiri pada awalnya direncanakan menjadi lima kali pertemuan, dengan dua kali pertemuan untuk PreTest dan PostTest, lalu tiga kali pertemuan untuk membahas operasi dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Sebelum melakukan kegiatan inti Fun Math, siswa akan melakukan pretest untuk mengetahui pembagian kelas yaitu kategori tinggi untuk nilai 70-100, kategori sedang untuk nilai 60-70, dan kategori rendah untuk nilai 0-50. Setiap kategori akan diberikan latihan soal berbeda. Pada kategori kelas tinggi akan diberikan soal cerita, kelas sedang campuran (operasi hitung biasa dan soal cerita), dan kelas rendah diberikan operasi hitung biasa. Setelah hasil Pretest telah diperoleh, kami melakukan pembagian kelas FunMath untuk kelas VII dan VIII berdasarkan nilai Pretest. Untuk kelas VII dibagi menjadi 3 kelas diantaranya kelas 1 untuk kategori tinggi, kelas 2 untuk kategori sedang, dan kelas 3 untuk kategori rendah. Sedangkan kelas VIII dibagi menjadi 2 kelas FunMath yaitu kelas 1 untuk kategori tinggi dan kelas 2 untuk kategori sedang. 

whatsapp-image-2024-06-13-at-07-22-42-667391b634777c0f1b7c8bd4.jpeg
whatsapp-image-2024-06-13-at-07-22-42-667391b634777c0f1b7c8bd4.jpeg

Gambar 2. Pelaksanaan Kegiatan Fun Math (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Mahasiswa AM Matematika bertanggung jawab mengajar di kelas masing-masing. Maysssyta Anggun Safira di kelas 8 kategori sedang ke tinggi, Ulfatul Lailiya di kelas 7 kategori tinggi, dan Yuhana Faradila Muzam Roudloh di kelas 8 kategori rendah ke sedang. Untuk penanggung jawab mengajar FunMath di kelas 7 pada  kategori rendah dan sedang dibantu oleh mahasiswa dari Ikip Budi Utomo Malang yakni Agustina dan Ananda Putri Adn. Kegiatan FunMath yang telah dilakukan sudah mampu meningkatkan pemahaman peserta didik dalam operasi hitung bilangan bulat dilihat dari peningkatan rata-rata Pretest ke Postest.

Selain FunMath terdapat berbagai program yang cukup besar bagi Mahasiswa Asistensi Mengajar UM di SMP Shalahuddin yakni Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Pondok Ramadhan, Gerakan Literasi, dan Program kegiatan Projek Profil Penguatan Pelajar Pancasila (P5).

whatsapp-image-2024-05-02-at-17-58-50-66739257ed64155c9d288202.jpeg
whatsapp-image-2024-05-02-at-17-58-50-66739257ed64155c9d288202.jpeg

Gambar 3. Upacara Hari Pendidikan Nasional (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 

whatsapp-image-2024-06-18-at-01-11-48-66739298ed64155711473a17.jpeg
whatsapp-image-2024-06-18-at-01-11-48-66739298ed64155711473a17.jpeg

Gambar 4. Berbagi Takjil (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 

Dikarenakan pada pertengahan pelaksanaan kegiatan Asistensi Mengajar di SMP Shalahuddin Malang bertepatan dengan Bulan Ramadhan Mahasiswa AM terlibat dalam kegiatan pondok ramadhan yang mana dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai tanggal 20 hingga 22 Maret 2024. Salah satu kegiatan pondok ramadhan yang diselenggarakan oleh SMP Shalahuddin yakni berbagi takjil sekaligus buka bersama di sekolah. Dalam kegiatan berbagi takjil dan buka bersama mahasiswa AM dilibatkan menjadi panitia sebagai penerima takjil yang disumbangkan oleh siswa dan membantu menyiapkan tempat kegiatan untuk buka bersama. Melalui kegiatan berbagi takjil ini, diharapkan dapat mengajarkan para siswa terkait indahnya berbagi dan membantu sesama. Sedangkan untuk kegiatan Gerakan Literasi diselenggarakan setiap hari senin pada jam pertama apabila tidak dilaksanakan upacara bendera. Untuk Gerakan literasi ini, memiliki tema digital, finansial, dan numerasi.

Kemudian untuk kegiatan Projek Profil Penguatan Pelajar Pancasila atau kegiatan P5 merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Kegiatan ini berlangsung selama dua pekan yakni untuk pekan pertama digunakan sebagai penyampaian materi dan pekan kedua digunakan untuk siswa praktik terkait apa yang telah disampaikan oleh pemateri pada pekan pertama. Kegiatan P5 ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 8. Namun, tema dari kegiatan P5 ini berbeda antara kelas 7 dan 8. Untuk kegiatan P5 di kelas 7 mengusung tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” sedangkan untuk kelas 8 bertemakan “Demokrasi”. Dalam kegiatan P5 ini, mahasiswa AM dibagi menjadi dua tim penanggung jawab yakni tim kelas 7 dan tim kelas 8. Untuk tim kelas 7 diisi oleh mahasiswa dari Prodi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa dan Sastra yang beranggotakan 5 orang diantaranya Yuhana Faradila M.R, Ulfatul Lailiya, Annisa’ Aaramintha, Kharisna Putro, dan M. Farhan Helmi S. Kemudian untuk tim kelas 8 diisi oleh mahasiswa dari Prodi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Seni Rupa yang beranggotakan 4 orang diantaranya Alya Nur F, Mayssyta Anggun S, Puteri Anisah Oktaviani, dan Ulva Ni’amah.

whatsapp-image-2024-06-18-at-01-03-36-667392f7c925c408c87b0e02.jpeg
whatsapp-image-2024-06-18-at-01-03-36-667392f7c925c408c87b0e02.jpeg

Gambar 5. Pendampingan Kegiatan P5 (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 

whatsapp-image-2024-06-18-at-01-03-36-1-6673931534777c21d96ea7a2.jpeg
whatsapp-image-2024-06-18-at-01-03-36-1-6673931534777c21d96ea7a2.jpeg

Gambar 6. Pembuatan Pot Gantung (Sumber:  Dokumentasi Pribadi) 

Adapun Rangkaian kegiatan P5 di SMP Shalahuddin Malang diantaranya, untuk kelas 7 terdapat projek membuat pot gantung dengan irigasi kapiler dan membuat pot dari galon bekas le minerale. Untuk pembuatan pot ini dilakukan secara berkelompok yang mana untuk kelompok P5 kelas 7 terdiri dari 14 kelompok dengan masing-masing anggota 5 orang, dan setiap kelompok wajib membuat satu pot gantung dan satu pot galon untuk di letakkan di taman sekolah. Tak hanya itu, siswa juga diajarkan cara membuat pupuk cair untuk nutrisi pada pot gantung dan mempraktekkan pembibitan pada tanaman. Sementara untuk projek kelas 8 mereka membuat pin dan membuat komik dengan tema demokrasi. Untuk pembuatan pin, seluruh siswa kelas 8 diminta untuk membuat desain pin dan untuk karya yang terbaik akan dijadikan desain pin yang akan dicetak.

whatsapp-image-2024-06-18-at-00-46-02-6673938e34777c21602ba4f6.jpeg
whatsapp-image-2024-06-18-at-00-46-02-6673938e34777c21602ba4f6.jpeg

Gambar 7. Pembuatan Pot dari Botol Bekas (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 

Selain beberapa program kerja di atas, para mahasiswa AM juga turut serta dalam berbagai kegiatan administrasi dan publikasi di sekolah. Tugas administrasi yang dilakukan oleh mahasiswa AM disini yakni membantu menyebarkan absen harian ke tiap kelas kemudian merekap semua presensi kehadiran pada buku presensi mulai dari siswa yang tidak hadir, siswa yang terlambat, hingga siswa yang dispensasi. Untuk kegiatan publikasi mahasiswa AM menggunakan sosial media Instagram untuk mempublikasikan seluruh kegiatan yang dilaksanakan di SMP Shalahuddin Malang baik itu kegiatan akademik maupun non akademik.

whatsapp-image-2024-06-18-at-01-20-19-667393ebc925c411184fa132.jpeg
whatsapp-image-2024-06-18-at-01-20-19-667393ebc925c411184fa132.jpeg

Gambar 8. Rekap Presensi (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 

Para Mahasiswa AM pun turut serta dalam kegiatan waka sarpras dimana mahasiswa AM membantu membuat papan plakat nama untuk ruangan yang belum ada plakat namanya. Selain itu juga, mahasiswa AM mengisi mading dengan poster karya siswa.

whatsapp-image-2024-06-18-at-01-16-36-1-6673941fed64156afa484e34.jpeg
whatsapp-image-2024-06-18-at-01-16-36-1-6673941fed64156afa484e34.jpeg

Gambar 9. Pemasangan Plakat Ruangan (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

whatsapp-image-2024-06-18-at-01-16-36-66739436c925c413696cc3a4.jpeg
whatsapp-image-2024-06-18-at-01-16-36-66739436c925c413696cc3a4.jpeg

Gambar 10. Pengisian Mading (Sumber: Dokumentasi Pribadi) 

Kami mendapatkan banyak pengalaman dari sejumlah kegiatan yang kami lakukan, yang memungkinkan kami untuk belajar dan memperoleh pengetahuan baru. Kegiatan AM ini berdampak positif pada mahasiswa AM SMP Shalahuddin Malang. Mahasiswa dapat belajar mengatur waktu, mengatur, dan mengendalikan agar menjadi guru yang baik sebagai contoh yang baik bagi siswa. Kami juga dapat belajar mengelola kelas dengan berbagai karakter siswa dan belajar menjadi seorang guru ketika kelak menjadi guru profesional di masa depan.

Kegiatan AM di SMP Shalahuddin berjalan lancar karena kerja sama yang baik dari semua pihak. Khususnya, terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah Drs. Asiep Apandi, Bu Indah Ramadhania Safitri S.Pd sebagai guru pamong matematika yang selalu membimbing dan memberikan motivasi, seluruh jajaran struktur Organisasi, Guru-guru, Pegawai, dan karyawan SMP Shalahuddin Malang yang telah banyak bekerja sama dengan saya selama masa pendidikan saya di sekolah ini sekaligus para peserta didik SMP Shalahuddin atas dukungan dan kerja sama untuk proses penerapan program kegiatan di sekolah. Serta seluruh pihak kampus yang terlibat trutama partner mahasiswa AM SMP Shalahuddin. Dengan ini, kami mendapatkan banyak ilmu baru yang dapat diterapkan kelak saat menjadi guru yang profesional.

whatsapp-image-2024-04-08-at-20-21-50-6673949034777c33d625ea82.jpeg
whatsapp-image-2024-04-08-at-20-21-50-6673949034777c33d625ea82.jpeg

Gambar 11. Kegiatan Foto Bersama DPL dan Pihak Sekolah Mitra (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun